OUR NETWORK

11 Pemain Final Liga Champions 2008 dan Nasibnya Saat Ini

Sudah 12 tahun berlalu sejak Manchester United mengangkat trofi Liga Champions setelah berhasil mengalahkan Chelsea di final. Dengan raihan ini, mereka secara total mengamankan gelar Piala Eropa ketiga mereka dalam sejarah. Selain Liga Champions, United juga menutup musim dengan bersejarah, di mana mereka berhasil meraih gelar Premier League di akhir musim.

Mungkin yang paling diingat dari final Liga Champions 2008 adalah terpelesetnya kapten Chelsea John Terry secara tidak sengaja. Namun justru tragedi inilah yang menjadi titik dramatis bagi United dalam drama adu penalti. Selain itu kemenangan adu penalti ini juga benar-benar datang dalam keadaan yang pas lantaran terjadi empat dekade setelah gelar Piala Eropa pertama dan 50 tahun setelah tragedi Munich.

Ya kendati se-dramatis itu, tidak ada yang berperan besar sebesar para pemain United yang bermain di laga final Liga Champions 2008. Maka rasanya kurang elok jika tidak turut membicarakan para starting XI yang menjadi pahlawan di laga final itu. Lantas bagaimana keadaan dan nasib mereka saat ini?

Edwin Van Der Sar

Di mulai dari penjaga gawang, Van Der Sar memberikan momen kemenangan yang berkesan bagi United. Ia berhasil menyelamatkan tendangan penalti dari Nicolas Anelka untuk mengamankan trofi Liga Champions. Ia juga telah menyelamatkan tiga penalti melawan The Blues dalam drama Community Shield. Dan ia mencatatkan 15 clean sheet di Premier League di awal musim itu. Sekarang Van Der Sar adalah seorang CEO klub di Ajax Amsterdam.

Wes Brown

Brown bermain hampir sepanjang musim 2007/2008 di pos bek kanan karena Gary Neville mengalami cedera panjang. Mantan pemain muda Manchester itu memberikan asis untuk gol pembuka Cristiano Ronaldo di final Liga Champions 2008. Brown sendiri telah membuat 362 penampilan untuk United sebelum akhirnya dijual ke Sunderland pada 2011. Setelah pensiun, ia kemudian bekerja sebagai pundit di MUTV.

Rio Ferdinand

Ferdinand memainkan 35 pertandingan liga di musim 2007/2008, dan ia selalu hadir di jantung pertahanan United selama fase gugur Liga Champions. Ia adalah salah satu pemain yang berkontribusi menutup peluang Barcelona dengan dua kakinya di semi-final. Ferdinand, yang menjadi kapten United di final Liga Champions melawan Chelsea, pindah ke Queen’s Park Rangers pada 2014. Namun sekarang ia bekerja sebagai pundit di BT Sport.

Nemanja Vidic

Pemain asal Serbia ini lumayan banyak melewatkan pertandingan penting di musim 2007/2008 karena cedera, termasuk dua pertandingan melawan Barcelona di semi-final. Akan tetapi, ia dalam keadaan pulih ketika United masuk ke final Liga Champions. Enam tahun setelah final dramatis itu, Vidic kemudian meninggalkan Old Trafford pada 2014. Ia bermain selama 18 bulan untuk Inter Milan sebelum akhirnya pensiun pada Januari 2016. Sekarang, Vidic adalah duta besar untuk United.

Patrice Evra

Evra menggantikan Mikael Silvestre sebagai bek kiri pilihan utama United pada musim 2007/2008. Ia membuat 48 penampilan dan mendapatkan kontrak jangka panjang di klub. Pemain asal Perancis itu mencatatkan 379 penampilan untuk Setan Merah, sebelum kemudian bergabung dengan Juventus pada 2014. Ia lalu mengemban tugas singkat di Marseille dan West Ham. Saat ini Evra bekerja di TV, dan tugasnya sama dengan Vidic, yaitu bekerja sebagai duta besar United.

Owen Hargreaves

Sebagian besar karier Hargreaves telah dirusak oleh cedera. Namun, ia bermain di laga final Liga Champions 2008, dan menjadi gelandang di sisi sebelah kanan. Di musim itu ia bermain 34 kali, tapi dengan singkatnya ia kemudian hanya bermain sembilan kali di sisa karier profesionalnya. Hargreaves kemudian dipaksa pensiun pada 2012. Setelah meninggalkan Old Trafford pada 2011, ia pindah ke Manchester City. Sekarang ia menjadi slaah satu pundit di BT Sport.

Michael Carrick

Carrick pindah ke Old Trafford dari Spurs dengan harga 18 juta paun 2006. Ia memenangkan lima gelar Premier League dalam tujuh musim pertamanya. Gelandang bertahan ini berperan sebagai penyeimbang di posisi lini tengah bersama Paul Scholes pada final Liga Champions 2008. Ia juga sempat nyaris mencetak gol jika saja tidak dihalangi oleh John Terry. Saat ini Carrick berperan sebagai asisten pelatih Ole Gunnar Solskjaer di United.

Paul Scholes

Sang maestro lini tengah ini gagal tampil di final 1999, dan ia menebusnya pada 2008. Dengan penampilan gemilangnya kala melawan Barcelona di semi-final, membuat peran Scholes di lapangan sangat vital. Dan di laga final, ia pun menjadi pemain yang merepotkan bagi skema permainan Chelsea. Ia kemudian digantikan oleh Ryan Giggs pada menit ke-87. Setelah laga final, Scholes sempat menyatakan pensiun pada 2011, akan tetapi ia dibujuk untuk kembali oleh Ferguson 18 bulan kemudian. Dan ia pensiun lagi setelah memenangkan gelar Premier League pada 2013. Sekarang, Scholes adalah seorang pundit BT Sport dan menjadi salah satu pemilik Salford City.

Cristiano Ronaldo

Superstar asal Portugal ini menjaringkan satu-satunya gol untuk United di final Liga Champions 2008. Dengan golnya itu United harus melewati serangkaian drama di lapangan sampai adu penalti. Setelah memenangkan trofi Liga Champions, giliran Cristiano yang kemudian menyabet penghargaan Ballon dʻOr pertamanya. Hanya saja sayangnya, ia bergabung dengan Real Madrid pada tahun berikutnya. Dan saat ini ia masih menjadi pencetak gol yang produktif bagi Juventus di Serie A.

Carlos Tevez

Tevez memenangkan gelar liga di kedua musim penuhnya di United. Di musim 2007/2008, ia berhasil mengoleksi 18 gol untuk The Red Devils sebelum akhirnya ia memilih bergabung dengan City secara kontroversial pada 2009. Tevez kemudian menikmati karier yang gemilang bersama Juventus dan Shanghai Shenhua. Dan sekarang, pemain Argentina ini menjadi pemain Boca Juniors.

Wayne Rooney

Wayne Rooney menjadi pencetak gol terbanyak Manchester United di musim 2007/2008 dengan 18 gol –jumlah yang sama dengan Tevez. Di final Liga Champions melawan Chelsea, ia bermain sampai babak pertama perpanjangan waktu. Ya, Rooney tidak ikut menjadi salah satu eksekutor tendangan penalti. Ia kemudian meninggalkan Old Trafford pada 2017 untuk kembali ke Everton. Dan sekarang ia bermain untuk Derby County setelah sebelumnya bermain untuk DC United di MLS.

Comments

Loading...