Pada bursa transfer musim panas 2017 ini, Manchester United melepas empat pemainnya di luar dari mereka yang kontraknya habis. Keempat pemain itu adalah Josh Harrop, Adnan Januzaj, Wayne Rooney, dan Guilermo Varela. Menariknya, dua nama terakhir dilepas ke klub lamanya. Wazza dipersilahkan kembali ke Everton sementara Varela hijrah ke klub yang membesarkan namanya Penarol.

Sepanjang sejarahnya ada 14 pemain yang dibeli oleh United lalu dijual kembali ke klub sebelumnya. Selain Rooney dan Varela berikut 12 nama lainnya seperti dikutip laman resmi Manchester United.

  1. Billy Meredith (Manchester City) – Oktober 1906 dan Juli 1921

Salah satu superstar pertama United di awal abad ke 20. Hijrah dari City ke United pada 1906, Billy menorehkan namanya sebagai salah satu sayap terbaik yang pernah dimiliki Setan Merah. Bermain selama 11 musim, Meredith memperkuat United 335 kali dan mencetak 36 gol. Pada 7 Mei 1921, ia menjadi pemain tertua yang pernah bermain untuk United di usia 46 tahun 281 hari. Beberapa bulan kemudian, Meredith kembali ke Manchester City dan bermain disana hingga usianya 50 tahun.

  1. Willie Morgan (Burnley) – Agustus 1968 dan Juni 1975

Salah satu pemakai nomor tujuh di United ini direkrut setelah ia bermain gemilang bersama Burnley pada 1968. Dia adalah salah satu pahlawan United yang membantu tim ini promosi ke divisi Utama. Bermain selama tujuh musim di Manchester, jumlah caps-nya mencapai 296 kali dan mencetak 34 gol. Kedatangan Steve Coppell membuat perannya di sisi kanan menjadi berkurang. Setelah membawa Setan Merah meraih tiket promosi, Morgan kembali bermain untuk Burnley.

  1. Garry Birtles (Nottingham Forest) – Oktober 1980 dan September 1982

Salah satu pahlawan Forest di liga Champions ini hijrah pada Oktober 1980 dengan nilai 1,25 juta pounds. Sayangnya bermain di bawah arahan Dave Sexton di United, karirnya tidak bersinar. Hanya bermain selama dua musim, Birtles kembali ke Nottingham Forest setelah hanya mengumpulkan 64 caps dan 12 gol.

  1. Neill Webb (Nottingham Forest) – Juli 1989 dan November 1992

Direkrut oleh Sir Alex Ferguson dari Nottingham Forest senilai 1,5 juta pounds, Webb langsung menggebrak United ketika mencetak gol dalam debutnya ketika melawan Arsenal. Sayangnya karirnya hancur setelah terkena cidera lutut parah ketika membela tim nasional.

Sekembalinya dari cedera, Webb langsung membawa United menjuarai piala FA setelah umpannya dimanfaatkan dengan baik oleh Lee Martin yang mencetak gol. Setelah memberikan tiga gelar lagi bagi United, Webb hijrah kembali ke Nottingham Forest setelah gagal bersaing dengan Andrei Kanchelskis.

  1. Gary Pallister (Middlesbrough) – Agustus 1989 dan Juli 1998

Pasca membawa Middlesbrough promosi, Pallister direkrut oleh Sir Alex Ferguson dengan label sebagai transfer termahal Inggris saat itu. Bermain di United, pemain bertinggi 193cm ini membentuk kemitraan yang solid dengan Steve Bruce dan mengukuhkan dirinya sebagai salah satu bek terbaik yang pernah dimiliki United. Setelah sembilan musim dan meraih 15 gelar, Pallister kembali ke Middlesbrough dengan banderol 2,5 juta pounds atau lebih mahal 200ribu pounds dari harga ketika ia pertama kali dibeli United.

  1. Teddy Sheringham (Tottenham Hotspur) – Juni 1997 dan Juni 2001

United merekrut Sheringham pada Juni 1997 untuk menggantikan sang icon Eric Cantona. Teddy menjadi sosok kunci dalam keberhasilan United meraih tiga gelar pada 1999. Setelah mencetak 46 gol dalam empat musim bersama Setan Merah, Teddy kembali ke klub lamanya dengan status bebas transfer.