Foto: Premier League

Sepanjang sejarahnya, duel antara Manchester United melawan Liverpool kerap menghadirkan gol-gol indah. Tidak jarang, gol-gol tersebut berperan menjadi penentu kemenangan bagi kedua kesebelasan.

Jelang pertemuan kedua kesebelasan dini hari nanti, penulis merangkum lima gol terbaik yang pernah terjadi sepanjang sejarah. Berikut kami sajikan gol-gol terbaik pilihan kami dari pertandingan antara tim sesama pemilik seragam warna merah ini.

Anthony Martial (12 September 2015)

Setelah dibeli dengan harga yang fantastis dan mengubahnya menjadi remaja termahal yang ada di dunia, Anthony Martial mendapatkan kesempatan debut dalam sebuah pertandingan penting pada pekan kelima Premier League 2015/2016 melawan Liverpool. United punya tanggung jawab untuk menang mengingat mereka sudah dua laga tidak meraih kemenangan.

Masuk menggantikan Juan Mata pada menit ke-65, Martial menunjukkan lima menit sebelum pertandingan kelar. Menerima bola di sisi kiri dari Ashley Young, Pria Prancis ini mengecoh Martin Skrtel dan Nathaniel Clyne sebelum dengan dingin menempatkan bola ke pojok gawang Simon Mignolet. Gol yang disambut gemuruh Old Trafford karena memastikan kemenangan United 3-1.

Christian Benteke (12 September 2015)

Gol Martial saat itu benar-benar melegakan United, pasalnya dua menit sebelumnya keunggulan dua gol mereka terpangkas berkat aksi yang tidak kalah spektakulernya dari Christian Benteke.

Nathaniel Clyne memberikan bola kepada Jordan Ibe di sisi kiri dan berhadapan dengan Ashley Young. Ibe melepaskan bola yang coba dihalau oleh kepala Daley Blind. Apes bagi pertahanan United, sundulan Blind justru membuat bola berada dalam posisi enak bagi Benteke. Penyerang Belgia ini melepaskan tendangan salto kencang hingga tidak bisa dijangkau oleh David de Gea.

Mohamed Salah (19 Januari 2020)

Tidak hanya aksi solo run Salah yang membuat gol ini masuk dalam jajaran gol indah, melainkan juga penempatan bola yang ciamik dari Alisson hingga membuat gol tersebut tercatat sebagai assist darinya.

United yang tertinggal satu gol pada menit terakhir mendapat sepak pojok yang memaksa pertahanan mereka harus naik. Sayangnya, hal ini membuat Mohamed Salah berada tanpa pengawalan. Alisson yang sukses menangkap bola langsung menendangnya jauh ke arah pemain Mesir itu. Ketika bola ada di kakinya, seketika lajunya tidak bisa dihentikan untuk membuat Liverpool memastikan kemenangan 2-0 di Anfield.

Juan Mata (22 Maret 2015)

United glory on Liverpool turf. Mungkin inilah gol terbaik United yang pernah dicetak di Anfield sepanjang sejarah. Diwarnai dengan kartu merah kilat Steven Gerrard setelah masuk pada babak kedua, United tampil cukup nyaman berkat penampilan apik seorang Juan Mata.

Tendangan Ander Herrera yang diblok jatuh ke kaki Mata. Pemain Spanyol ini memberikan bola kepada Angel di Maria yang berada di dekat kotak penalti Liverpool. Dengan jenius Di Maria memberikan umpan chip kepada Mata yang berlari ke kotak penalti sebelum melepaskan tendangan salto yang membuat United unggul 2-0.

Dimitar Berbatov (19 September 2010)

Tidak ada pemain United yang bisa mencetak tiga gol ke gawang Liverpool selama 64 tahun sebelum kemudian rekor itu dipecahkan oleh Dimitar Berbatov. Pemain Bulgaria ini tampil luar biasa dengan tiga gol berkualitasnya yang salah satunya dicetak dengan sangat cantik.

Menerima bola dari Nani, Berbatov dengan tenang mengontrol bola menggunakan paha. Sadar kalau posisinya membelakangi gawang, Berbatov langsung menendang bola yang membuat seorang Pepe Reina terpana.