in

Rekor Baru Rooney: 200 Gol di Premier League

Kabar membanggakan datang dari mantan penyerang sekaligus mantan kapten Manchester United, Wayne Rooney, yang baru saja kembali ke Everton pada musim panas 2017 ini. Striker berusia 31 tahun itu membuktikan bahwa dia masih sanggup menjebol gawang lawan. Pada pekan kedua Premier League Inggris 2017/2018, Rooney sukses mencatatkan gol yang ke-200 di Premier League.

Satu gol yang disarangkan oleh pemilik jersey bernomor punggung ‘10’ itu ke gawang tuan rumah Manchester City pada menit ke-35, Selasa (22/8/2017) dinihari WIB, berhasil membuat namanya tertulis dengan tinta emas dalam sejarah salah satu kompetisi sepakbola tertua di dunia ini. Itulah gol ke-200 yang dicetak Rooney dalam 462 pertandingan selama 15 tahun berkarir di Premier League sejak karir profesionalnya dimulai pada 2002; juga di Everton. Pemain kelahiran Croxteth, Liverpool itu telah terlibat dalam total 301 gol sejauh ini, di mana 101 di antaranya merupakan catatan assist.

Rooney memang tampil sangat impresif sejak awal musim. Selain gol ke gawang City; yang sempat membuat Everton unggul 1-0 sebelum tuan rumah menyamakan kedudukan delapan menit sebelum laga berakhir, dia juga mencetak satu gol di pertandingan pekan perdana saat menjamu Stoke City, Sabtu (12/8/2017).

Gol sundulan dalam debut keduanya bersama klub berjuluk The Toffees tersebut, setelah 13 tahun berkarir bersama tim Setan Merah, sukses memberikan kemenangan pertama bagi Everton. Sayang, gol keduanya tidak terus berlanjut mendatangkan kemenangan di laga pekan ini.

Meskipun begitu, setidaknya Rooney tetap bisa merasa bangga. Rekor yang dimilikinya kini, sebagai satu-satunya pemain aktif dengan 200 gol di Premier League, benar-benar membuatnya senang; sekaligus tentu saja akan membantunya melupakan kenangan pahit pada kesempatan terakhirnya bersama United musim lalu.

“Ini menyenangkan. Melakukan itu hari ini dalam laga penting untuk kami, dengan laga-laga berat ke depannya, ini merupakan momen manis dan saya yakin separuh ‘Manchester merah’ akan menikmatinya juga,” ungkap Rooney usai laga tersebut, dilansir Sky Sports.

Sebelumnya, Rooney telah mencetak 183 gol dalam 393 pertandingan di liga bersama The Red Devils sejak musim 2004/2005. Selain itu, dia juga sempat membukukan 15 gol dalam 67 pertandingan liga pada periode pertama bersama Everton selama dua musim.

Dari total 200 gol tersebut, sebanyak 156 gol dicatatkannya melalui kaki kanan, sedang 23 gol dengan kaki kiri dan 21 gol lewat sundulan. Koleksi milik Rooney hanya kalah dari torehan bomber legendaris tim nasional Inggris dan Newcastle United, Alan Shearer, yang bisa menghasilkan 260 gol dalam 441 pertandingan liga selama 14 tahun.

Rooney juga kalah, karena dia membutuhkan waktu 15 tahun hingga bisa mencapai 200 gol. Selain itu, rasio golnya juga tidak sehebat Shearer, karena sang senior bisa mengumpulkan 200 gol hanya dalam 306 pertandingan Premier League.

Namun, perbedaan itu bisa saja terjadi karena kompetisi beberapa tahun sebelumnya, tepatnya di masa Shearer pada periode 1992-2006 belum sekompetitif dibandingkan dengan era Rooney. Tidak hanya itu, jangan lupa pula bahwa sang junior masih punya peluang besar untuk memecahkan rekor Shearer dengan melewati koleksi 260 gol miliknya tersebut.

Pelatih Everton Ronald Koeman tentu masih akan mengandalkan Rooney di musim ini; dan bahkan mungkin saja hingga dua atau tiga musim ke depan, mengingat usianya belum akan melewati 35 tahun pada masa tersebut; seperti Shearer yang baru pensiun di usia 36 tahun.

Namun, eks kapten tim nasional Inggris itu pastinya juga harus mampu bersaing dengan para penyerang muda di klub, dan juga di Premier League secara umum. Jika Rooney mampu melewati musim ini dengan baik dan catatan jumlah gol yang menakjubkan, maka usia karirnya pun mungkin bisa akan lebih panjang lagi.

Apapun ceritanya, setidaknya saat ini Rooney telah menunjukkan kepada Mourinho bahwa manajer berjuluk The Special One tersebut telah salah membuangnya terlalu cepat; meski sebenarnya United beruntung juga mendapatkan Romelu Lukaku dari Everton. Seperti yang disampaikan Rooney bahwa sebagian pecinta The Red Devils akan turut berbahagia dengan pencapaian rekor baru ini, memang terbukti akun resmi Twiter tim Setan Merah, @ManUtd turut mengucapkan selamat kepada sang mantan. “Selamat kepada @WayneRooney atas capaian 200 gol @PremierLeague. Legenda sejati!”

Facebook Comments

Written by Ade Marza

Ade Marza

Penikmat kopi dan sepakbola.