in

Scouting the Enemy: Stoke City

Setelah beristirahat selama dua pekan dikarenakan jeda internasional, Sabtu (9/9) malam ini Manchester United akan kembali bermain pada pekan keempat Premier League. Kali ini mereka harus menghadapi lawan yang terbilang sulit yaitu Stoke City. Berikut adalah preview singkat Stoke City, lawan United sebelum akan bertarung di Liga Champions.

Kapan dan di mana laga Stoke City vs Manchester United berlangsung?

Laga ini akan menjadi pertandingan terakhir pada hari Sabtu. Stoke akan menjamu United di kandangnya, Bet365 Stadium. Sepak mula akan dimulai pada pukul 23.30 WIB. Pertandingan yang dipimpin oleh Neil Swarbrick ini bisa anda saksikan di BT Sports, Bein Sports 1, dan RCTI.

Bagaimana sejarah singkat Stoke City?

Didirikan pada 1863, Stoke menjadi klub tertua kedua di dunia setelah Notts County. Mereka pertama kali bermain di Divisi Utama pada musim 1892/1893. Klub berjuluk The Potters ini lebih banyak berkutat di papan tengah. Satu-satunya prestasi terbaik yang bisa mereka raih adalah ketika menjadi juara Piala Liga pada 1972 dan menjadi runner up Piala FA musim 2010/2011.

Stoke pertama kali bermain di Premier League pada musim 2008/2009. Di bawah arahan Toni Pulis, mereka dikenal sebagai tim yang sangat merepotkan karena permainan fisiknya. Sejak 2014 hingga 2016, Stoke selalu mengakhiri liga di posisi kesembilan yang menjadi finis terbaik mereka. Musim 2017/2018 menjadi musim yang kesepuluh bagi Stoke di Premier League.

Bagaimana prestasi Stoke City musim lalu?

Meski catatan musim lalu tidak jauh berbeda dibanding musim 2015/2016 namun Stoke harus finis di posisi 13 pada klasemen akhir. Pada tujuh pertandingan pertama, mereka hanya mengantongi tiga poin. Meski memenangi lima dari tujuh laga setelahnya, mereka kembali gagal meraih kemenangan dalam lima laga selanjutnya. Bahkan dalam 10 pertandingan memasuki akhir musim, mereka hanya sanggup meraih 8 poin dari kemungkinan 30 poin.

Siapa manajer mereka dan bagaimana taktik permainannya?

Laga ini akan mempertemukan manajer mereka, Mark Hughes dengan klub yang membesarkan namanya. Sparky sudah memiliki banyak pengalaman di Premier League mengingat Stoke adalah klub Inggris kelima yang dilatihnya. Karir manajerial Hughes terkenal ketika sanggup membawa Blackburn Rovers beberapa kali finis di papan tengah.

Sepeninggal Pulis, Stoke sedikit demi sedikit menghilangkan gaya main fisikalnya. Beberapa musim terakhir, mereka lebih banyak memainkan penguasaan bola alih-alih bermain dengan umpan-umpan panjang ala Pulis. Keberadaan Shaqiri dan Jese Rodriguez di sektor sayap kerap menyulitkan beberapa lawannya mengingat mereka memiliki kecepatan dan kerap saling berpindah posisi.

Siapa saja pemain kunci Kedua kesebelasan?

Laga ini sebenarnya bisa menjadi pemanasan bagi Victor Lindelof mengingat pemain Swedia tersebut kemungkinan besar akan dimainkan pada Liga Champions tengah pekan nanti. Selain itu, nama Marcus Rashford juga harus diwaspadai. Ia tampil bagus ketika Inggris mengalahkan Slovakia dalam jeda Internasionalnya pekan lalu.

Dari sisi Stoke, mereka memiliki seorang Jese Rodriguez. Mantan pemain Real Madrid ini langsung menjadi bintang ketika Stoke mengalahkan Arsenal pada pekan kedua. Apabila Jese tumpul maka sosok Peter Crouch bisa menjadi supersub seperti ketika mereka menahan imbang WBA. Dalam lagan anti, Lukaku akan menghadapi dua tembok kokoh dalam diri Kurt Zouma dan Bruno Martins Indi.

Siapakah yang akan mencuri perhatian?

Ada yang mengatakan bahwa laga nanti, Mou akan melakukan beberapa rotasi untuk menyiapkan Iblis Merah bermain di Liga Champions. Ander Herrera kemungkinan besar akan diturunkan untuk mengisi lini tengah bersama Nemanja Matic. Pemain Spanyol ini baru turun selama lima menit di Premier League. Di sisi lawan, Darren Fletcher akan kembali bertemu dengan klub yang membesarkan namanya. Pemain Skotlandia ini selalu turun 90 menit dalam tiga pertandingan Premier League. Lini tengah The Potters menjadi lebih solid dengan kehadiran Fletcher.

Bagaimana rekor pertemuan kedua kesebelasan?

Sepanjang sejarahnya, Setan Merah sudah 106 kali bertemu Stoke dimana United memenangi 43 pertandingan diantaranya. Akan tetapi sejak Stoke promosi ke Premier League pada 2008, United kerap kesulitan. Dalam 18 pertandingan, United hanya tiga kali meraih kemenangan di atas dua gol. Selain itu pada empat pertemuan terakhir di Bet365 Stadium, United hanya meraih dua hasil imbang dan dua kekalahan. Musim lalu, pertemuan kedua tim selalu berakhir imbang 1-1.

Perkiraan Formasi

STOKE CITY:

Butland, Zouma, Indi, Shawcross, Cameron, Allen, Fletcher, Pieters, Shaqiri, Jese, Choupo Mouting

MANCHESTER UNITED:

De Gea, Valencia, Bailly, Jones, Blind, Matic, Herrera, Mikhitaryan, Rashford, Pogba, Lukaku

Facebook Comments

Written by Ajie Rahmansyah

Ajie Rahmansyah

Penulis yang seumur hidupnya mencintai Manchester United dan Sepakbola