OUR NETWORK

Eric Bailly di Ambang Pintu Keluar

Cuci gudang menjadi program kerja utama Manchester United di bawah rezim Ole Gunnar Solskjaer yang akan dimulai musim panas 2019 mendatang. Mereka akan melepas pemain-pemain yang dianggap tidak sesuai atau tidak diinginkan lagi oleh Ole dan akan menggantinya dengan beberapa pemain baru.

Salah satu sektor yang berniat untuk dibenahi Ole adalah lini belakang. Beberapa nama dikabarkan sudah siap untuk direkrut oleh United. Namun sebelum United melakukan negosiasi untuk membeli pemain baru, ada beberapa nama yang harus terlebih dahulu dilepas oleh pihak klub. Satu nama yang disebut-sebut akan keluar adalah pembelian pertama Jose Mourinho sebagai manajer, Eric Bailly.

Penggawa Pantai Gading ini sudah dekat dari pintu keluar Manchester. Dalam dua musim terakhir, penampilannya jauh dari kata memukau. Padahal, dia ditelepon langsung oleh Jose Mourinho untuk datang ke Manchester. “Bailly kaget ketika Mourinho menelepon,” kata rekannya di Espanyol, Joao Jordan.

Telepon itu sendiri berisi pemaparan Mourinho akan peran Bailly nantinya sebagai pemain belakang. Sebuah bukti kalau Bailly bukanlah pemain sembarangan.

Baca juga: 21 Fakta Eric Bailly

Real Madrid disebut-sebut berminat untuk mendatangkan mantan rekan setim Arthur Irawan ini. Los Galacticos ingin memanfaatkan minimnya menit bermain yang didatangkan Bailly agar mereka bisa mendatangkannya ke Santiago Bernabeu. Pemenang Liga Champions 13 kali ini dikabarkan sudah mempersiapkan uang 35 juta paun untuk diberikan kepada United.

Dilansir dari Daily Mail, Zidane mengaku kalau sudah tertarik dengan permainan Bailly sejak dirinya masih menjalani periode pertama sebagai pelatih Madrid. Ia sebenarnya menginginkan Bailly untuk didatangkan, namun si pemain akhirnya memilih pinangan dari Jose Mourinho. Mereka kemudian mengalihkan buruannya ke pemain belakang lokal, Jesus Vallejo.

Baca juga: Krisis Kepercayaan Diri Eric Bailly

Ketertarikan Madrid kepada Bailly dimanfaatkan betul oleh United yang di sisi lain berminat kepada Raphael Varane. United diberitakan siap memberikan sejumlah uang plus Eric Bailly untuk mengangkut pemenang Piala Dunia 2018 tersebut. Real Madrid sendiri diberitakan menyambut baik rencana tersebut. Namun pihak Madrid menginginkan uang dengan jumlah besar mengingat Varane masih terikat kontrak sampai 2022.

Bailly sebenarnya memberikan kesan bagus pada awal kedatangannya ke Manchester United. Ia memainkan banyak pertandingan dan beberapa kali menunjukkan penampilan yang impresif hingga menghasilkan dua trofi dalam wujud Piala Liga dan Europa League.

Mourinho nampak sudah menemui kepingan puzzle di lini belakang pada musim keduanya menangani klub dengan menjadikan Eric Bailly dan Phil Jones sebagai duet bek di depan David De Gea. Akan tetapi, cedera parah setelah jeda internasional membuat dirinya absen dalam jangka waktu yang lama. Hal ini yang kemudian menggerus kepercayaan diri Bailly yang kemudian berimbas terhadap penampilannya.

Penampilannya bahkan terus merosot hingga Ole Gunnar Solskjaer masuk menangani tim. Bahkan dalam dua era kepelatihan yang berbeda, Bailly selalu merasakan hal yang sama yaitu diganti ketika babak pertama belum selesai. Sejauh ini, Bailly belum bisa memberi kesan bagus kepada Solskjaer. Saat dipercaya untuk bermain, ia tidak segan-segan untuk bertindak ceroboh.

Ketika melakoni pertandingan pertamanya bersama Ole, ia terkena kartu merah. Saat menghadapi PSG pada leg kedua, ia menjadi orang yang bertanggung jawab karena melepaskan penjagaannya kepada Juan Bernat. 36 menit di Paris menjadi penampilan terakhirnya hingga tulisan ini dibuat. Bahkan saat Ole ingin memainkan tiga bek pun, dia memilih untuk memasang Ashley Young alih-alih memberikan kesempatan kepada Bailly. Seperti sebuah sinyal yang menandakan kalau karier Bailly habis di Manchester.

“Saya adalah orang yang begitu menyukai Bailly. Dia punya masa depan yang panjang di klub ini. Apa yang terjadi pada musim ini adalah sebuah pembelajaran. Jika dia bisa mengurangi kesukaannya melakukan tekel konyol, maka dia bisa bertahan di United selama bertahun-tahun. Ia harus mencontoh Victor (Lindelof) yang sebelumnya sering membuat kesalahan kini menjadi salah satu penampil terbaik musim ini,” kata Wes Brown kepada MEN pada Februari lalu.

Saat ini, Bailly adalah pilihan keempat bagi Ole Gunnar Solskjaer setelah Victor Lindelof, Chris Smalling, dan Phil Jones. Apabila melihat kegemaran Ole yang suka memainkan tiga pemain tersebut, maka bukan tidak mungkin Bailly akan menjadi pemain pembelian Mourinho berikutnya yang akan keluar dari Old Trafford setelah Henrikh Mkhitaryan dan Zlatan Ibrahimovic.

Comments

Loading...