OUR NETWORK

Tiga Pemain Manchester United Masuk Daftar 100 Teratas Golden Boy 2018

Tiga pemain Manchester United berhasil masuk ke dalam daftar 100 teratas untuk kategori penghargaan Golden Boy 2018. Penghargaan tahunan tersebut hanya berhak disematkan lepada pemain-pemain yang masih berusia di bawah 21 tahun yang memperkuat tim-tim negara Eropa.

Di sisi lain, 100 daftar tersebut sebelumnya telah dikumpulkan terlebih dahulu oleh para jurnalis olahraga dari 11 publikasi berbeda, yang sebelumnya telah menganalisis dan menelaah siapa pemain muda yang mengesankan selama satu tahun kalender. Media-media tersebut adalah France Football (Prancis), l’Equipe (Prancis), Bild (Jerman), Ta Nea (Yunani), De Telegraaf (Belanda), A Bola (Portugal), Sport Express (Rusia), Marca (Spanyol), Mundo Deportivo ( Spanyol), Blick (Swiss) dan The Times (Inggris).

Semua media di atas telah diizinkan untuk mencalonkan masing-masing lima pemain, dan juga memberikan masing-masing jumlah poin yang berbeda mulai dari satu hingga 10 untuk sistem penilaiannya. Dan dari penilaian itu, khususnya di tahun ini, lulusan akademi United seperti Angel Gomes, pemain baru United Diogo Dalot dan pemain favorit para penggemar seperti Timothy Fosu-Mensah, berhasil mewakili tim berjuluk Setan Merah itu untuk masuk ke dalam daftar 100 pemain bintang muda Eropa yang paling menjanjikan di tahun ini.

Tidak mengejutkan memang mengapa ketiga pemain muda United itu masuk ke dalam daftar. Pasalnya, Gomes, Dalot dan Fosu-Mensah, telah tampil ciamik selama satu tahun terakhir. Sebut saja seperti Gomes, yang masih 17 tahun, terus menunjukkan tajinya di timnas Inggris U-18, dan dianggap sebagai salah satu prospek paling cerah bagi United. Pandangan tersebut tercermin dari fakta bahwa Gomes memang sudah membuat debut di tim pertama, dan bahkan tampil mengesankan.

Baca juga: Mengenal Angel Gomes, Pemuda Asli Manchester yang Rendah Hati

Adapun Dalot, pemain ini masih berusia 19 tahun, dan ia telah dipandang sebagai pemain berprospek setelah pindah dengan nilai transfer sekitar 20 juta paun dari FC Porto musim panas ini. Itu semua terbukti, karena di musim lalu Dalot telag masuk ke tim utama FC Porto dan tampil brilian di Liga Champions 2017/2018.

Lalu ada Fosu-Mensah, yang secara teratur telah bermain sebagai bek tengah di Primer League bersama Crystal Palace. Padahal, usianya masih 20 tahun. Namun penampilannya bersama Crystal Palace, membuatnya disebut sebagai pemain muda yang paling berpengaruh bagi klub tersebut di musim lalu.

Terlepas dari fakta-fakta tersebut, sebenarnya para pemain United sangat tidak asing dengan penghargaan Golden Boy ini, dan klub yang bermarkas di Old Trafford itu memiliki pemenang terbanyak sejak awal mula terbentuknya penghargaan ini pada 2003. Salah satunya adalah Anthony Martial, yang sebelumnya pernah berhasil mendapatkan penghargaan ini di musim debutnya di Old Trafford pada 2015. Lalu ada Paul Pogba, yang menjadi penerima selama masih berseragam Juventus pada 2013, dan juga ada Wayne Rooney yang pernah mendapatkannya pada 2004, di mana kala itu ia masih berusia 18 tahun.

 

Sumber: The Peoples Person

Comments

Loading...