OUR NETWORK

Salam Lima Jari yang Dibenci Gary Neville

Meski dalam beberapa musim terakhir performanya kerap naik turun, akan tetapi tidak bisa dibantah bahwa Manchester United masih menjadi kesebelasan terbaik di Eropa maupun di dunia. Jumlah 66 trofi yang dimiliki hanya kalah dari tiga kesebelasan elit lainnya yaitu Bayern Munich, Real Madrid, dan Barcelona.

Jumlah trofi tersebut juga membuat Setan Merah menjadi kesebelasan terbaik di Inggris. Dua gelar tambahan yang diraih musim lalu berupa Piala Liga dan Europa League membuat mereka menggusur Liverpool sebagai kesebelasan terbaik di Britania. The Reds sendiri hanya memiliki 64 trofi sepanjang sejarahnya.

Meski demikian, hal tersebut tidak membuat seorang Gary Neville merasa bangga akan prestasi yang diraih klub yang membesarkan namanya tersebut. Pundit Sky Sports ini masih merasa kecewa karena United masih kalah dari rival abadinya tersebut apabila berbicara gelar di kompetisi Eropa. Salah satunya adalah Liga Champions.

Hingga saat ini, Liverpool masih menjadi klub Inggris yang terbaik di Eropa dengan lima trofi. United sendiri hanya memiliki tiga. Mayoritas gelar yang diraih hanya sebatas pertandingan domestik.

Hal ini yang membuat Gary kerap diolok-olok apabila sedang berkunjung ke Liverpool karena pekerjaan. Dalam wawancaranya kepada United We Stand, Gary mengharapkan Manchester United bisa meraih tambahan gelar Liga Champions lagi kedepannya.

“Meski saat ini mereka belum menunjukkan permainan terbaik, saya ingin United menjadi kesebelasan yang tersukses sepanjang masa. Saya ingin mereka meraih gelar Liga Champions keempat dan kelima, lalu yang keenam untuk mensahkan itu semua,” ujarnya.

Ia menambahkan, “Saya mau mereka mengusir anggapan kalau klub ini hanya jago di kompetisi domestik dan menghapus lambaian lima jari mereka setiap saya berkunjung ke sana.”

Jika merunut daftar trofi yang mereka raih di Eropa, maka United bisa dibilang kerdil di hadapan Liverpool. Baik gelar Liga Champions maupun Europa League/Piala UEFA, Setan Merah masih tertinggal jauh dari Liverpool.

United hanya meraih tiga gelar Liga Champions saja sepanjang sejarah yaitu pada tahun 1968, 1999, dan 2008. Sedangkan Liverpool meraih lima gelar di kompetisi tersebut pada tahun 1977, 1978, 1981, 1984, dan 2005. Mayoritas gelar yang diraih Merseyside Merah direngkuh saat rivalnya tersebut tengah mengalami penurunan.

Pemilik 20 gelar Liga Inggris ini baru sekali menjuarai Europa League yaitu pada musim lalu. Sedangkan Liverpool sudah meraihnya tiga kali pada 1973, 1976, dan 2001. Superioritas Liverpool berlanjut di Piala Super Eropa dimana mereka juga sudah tiga kali memenanginya (1977, 2001, 2005) sementara United baru satu kali (1991). United sendiri hanya unggul di Piala Winners dengan satu gelar (1991) berbanding nol milik Liverpool.

Kakak kandung Phil ini memang dikenal sebagai pembenci scouser (orang-orang Liverpool). Ia kerap tidak segan-segan memprovokasi para pendukung Si Merah saat keduanya bertemu di Premier League. Perayaan kemenangan mereka di Old Trafford pada 2006 serta kritikannya kepada Ryan Giggs yang sering bermain ke Liverpool menunjukkan kebencian pria berusia 42 tahun tersebut.

Gary sebenarnya tidak perlu risau dengan ucapan salam lima jari yang sering ia dapat. Ia bisa membalasnya dengan menunjukkan angka dua dan nol dengan jarinya yang menunjukkan jumlah tropi United di liga domestik atau mungkin angka tiga yang menggambarkan bahwa Setan Merah pernah dan masih menjadi satu-satunya tim Inggris yang bisa meraih treble winner.

Perbandingan Gelar Manchester United dan Liverpool di Kompetisi Eropa

Liverpool Kompetisi Manchester United
5 Liga Champions 3
3 Europa League/Piala UEFA 1
0 Piala Winners 1
3 Piala Super Eropa 1
11 Total 7

 

Comments

Loading...