in

Penyesalan Mou untuk Keputusan Pereira ke Valencia

Manajer Manchester United, Jose Mourinho, mempertanyakan keputusan gelandang muda United, Andreas Pereira untuk dipinjamkan ke klub Spanyol, Valencia. Seperti kita tahu, Pereira resmi dipinjam Valencia pada tanggal 1 September silam selama satu musim penuh.

Dilansir dari Telegraph, Mourinho sudah memberi saran bahwa seharusnya Pereira bertahan dan berjuang di dalam tim untuk mendapatkan posisi. Namun saran Mourinho dihiraukan oleh Pereira dan memutuskan untuk pindah di akhir penutupan bursa transfer musim panas.

Pereira yang diboyong oleh United dari akademi PSV Eindhoven 5 tahun lalu memang belum mendapatkan satu laga pun di liga untuk United. Namun talenta Pereira sudah diakui oleh publik Old Trafford, begitu juga dengan Mourinho.

“Ini adalah keputusan pribadinya yang tidak saya setujui. Dimana itu adalah keputusan yang menurut saya tidak terbaik untuknya. Inilah yang membuat saya kecewa. Dia punya potensi untuk mendapatkan posisi, berjuang untuk mendapat kesempatan dan menjadi pemain Manchester United,” terang manajer berusia 54 tahun tersebut.

Melihat kedalaman dari skuat Mourinho yang ia punya musim ini, tak sulit rasanya untuk mengerti pernyataan dari Mou. Pereira memang punya kemungkinan yang besar untuk mendapat tempat dibandingkan mencari pengalaman lagi di luar United.

“Keputusan yang ia ambil bisa dianggap sebagai pemain muda yang ingin bermain setiap minggu atau juga pemain muda yang tidak siap untuk berjuang untuk sesuatu yang sulit. Sangat sulit memang untuk bermain di lini tengah United. Kamu harus siap berjuang untuk posisi itu dan saya kecewa dia pindah,” lanjut manajer asal Portugal tersebut.

Namun Mourinho mengatakan dirinya tak menghalangi keputusan yang ingin diambil oleh Pereira. Lagipula menurutnya United bisa mengaktifkan pemulangan lebih cepat untuknya dalam kontrak dengan Valencia.

“Memang itu adalah keputusan dia, saya telah buka pintu untuk ia ambil. Dia punya kontrak jangka panjang dan kami punya opsi untuk memulangkan dia pada bulan Januari mendatang. Jadi tidak terlalu sulit sebenarnya, hanya mengecewakan sedikit.”   kata Mourinho.

Sebagai informasi, sehari setelah pengumuman bahwa Pereira dipinjamkan ke Valencia, manajemen memperpanjang kontrak pemain berusia 21 tahun ini hingga Juni tahun 2019. Ditambah dengan opsi perpanjangan satu tahun.

Dilansir dari laman web resmi Manchester United, Pereira mengatakan bahwa peluang ke Valencia tersebut ia ambil untuk kembali mengembangkan dirinya di lapangan dengan mendapatkan menit bermain.

“Saya bahagia bisa memperpanjang kontrak saya dengan klub yang hebat ini. Manajer sedang membangun tim yang hebat di sini dan saya mau menjadi bagian di dalamnya secepat yang saya bisa. Saat ini saya akan melanjutkan perkembangan saya di Valencia selama semusim, semoga mendapat peluang bermain yang tinggi,” tutur Pereira.

Keputusan pindah ke Valencia selama semusim ternyata tak hanya di luar dugaan Mourinho, melainkan juga Pereira sendiri. Lantaran dilansir dari media lokal Spanyol, El Desmarque, ia menyatakan bahwa dirinya sudah menyiapkan mental untuk bertahan di United, sebelum akhirnya penawaran dari Valencia dapat terjadi.

“Saya hanya tahu bahwa saya tidak dapat ke Valencia dan harus bertahan di United. Secara mental saya sudah menyiapkan untuk bertahan, namun di menit-menit akhir situasi berubah dan saya sangat bahagia.”

“Waktu itu saya takut tidak bisa terjadi (pinjaman ke Valencia). Saya sedang bersama keluarga saya di Belgia saat itu, sewaktu saya diberi tahu bahwa peluang itu kembali terbuka maka saya sangat senang sekali,” cerita Pereira.

Dorongan untuk semakin yakin bahwa Valencia bisa memberikan pengalaman yang baik untuk Pereira ternyata juga datang dari Juan Mata. Seperti kita tahu Mata memang mengembangkan karirnya sebagai pesepakbola di Valencia sebelum akhirnya pindah ke Chelsea.

“Mata mengatakan hal yang sangat baik tentang Valencia. Dia bilang bahwa Valencia adalah klub yang hebat dan kotanya juga bagus, serta para fansnya. Kemudian dia juga bilang bahwa akan sangat bagus bagi saya untuk bermain di sini. Sekarang waktunya saya membuktikan hal itu di lapangan,” tutup Pereira.

Secara logika memang Pereira akan lebih mendapatkan waktu bermain di Valencia daripada di United. Dimana dengan formasi 3 gelandang tengah, Pereira harus bersaing dengan Paul Pogba, Nemanja Matic, Marouane Fellaini, Ander Herrera, Michael Carrick, dan juga Juan Mata.

Bagaimana menurut Anda?

Sumber : Telegraph.co.uk, MEN, dan Man Utd

Facebook Comments
Loading...