OUR NETWORK

Para Pemain Muda United Kurang Memiliki Sikap Dewasa

Jose Mourinho mengutarakan pendapatnya mengenai beberapa pemain muda yang berada di skuar Manchester United saat ini. Ia menyebut kalau pemain muda yang ia miliki tidak memiliki sikap dewasa. Hal tersebut ia utarakan ketika diwawancarai oleh mantan pemain Barcelona, Hristo Stoichkov, Jumat (23/11) lalu.

Seperti yang kita ketahui, Mourinho kerap berkonflik dengan beberapa pemain muda United. Beberapa waktu lalu, Mourinho sempat terlibat perseteruan dengan Paul Pogba yang berujung pencopotan ban kapten. Musim sebelumnya giliran Luke Shaw yang disingkirkan oleh Mourinho karena membuat beberapa kesalahan, sebelum keduanya menjalin kerjasama yang baik musim ini.

“Tim ini kurang rasa dewasa. Kedewasaan seperti ketika di zaman Anda bermain dulu. Saya pikir seperti itulah para pemain muda yang saya punya saat ini. Saya dulu bukan seprang pemain, tetapi jika mengatakan soal kedewasaan maka itu kaitannya dengan pribadi seseorang. Dulu, di usia seperti mereka, kami sudah lebih dewasa dan siap untuk menghadapi hidup. Kami tumbuh seperti laki-laki. Kami tidak memiliki perlindungan.”

“Di Inggris, generasi ini kerap disebut ‘manja’ atau ‘anak manja’. Sekarang, anak-anak kita lebih dimanjakan daripada kita oleh orang tua kita saat itu. Kita lebih dewasa dan lebih siap. Kehidupan anak muda sekarang berbeda pada tingkat sosial dibanding dengan kita dulu. Anak-anak generasi saat ini terlalu dikontrol dan dilindungi, mereka menjadi orang yang memiliki banyak alasan untuk hal-hal apapun.” tuturnya.

“Di Barcelona, mereka mengatakan jika lingkungan di sekitar Anda yang akan mempengaruhi Anda di banyak level. Dalam olahraga, lingkungan yang dimaksud adalah lingkungan klub yang sering disebut ‘Entorno’. Saat saya menggunakan istilah ini, saat mengacu pada sikap dewasa mereka di lingkungan pribadi.”

Meski begitu, Mourinho yakin kalau para pemain muda yang ia miliki bisa bersikap dewasa kedepannya. Hanya saja, itu membutuhkan waktu yang cukup lama. Ia kemudian menceritakan ketika pertama kali bertemu Luke Shaw sebelum mantan pemain Southampton ini menjadi pemain reguler Mourinho di sektor bek kiri.

“Banyak pemain yang perkembangan karakternya terbilang cukup lambat. Sebagai contoh, Luke Shaw yang sekarang menjadi bek kiri di United dan tim nasional. Dia dua tahun tiba sebelum saya. Tetapi dia tidak tahu bagaimana caranya untuk bersaing. Dia punya potensi besar, tapi dia tidak tahu bagaimana caranya dia untuk bersaing dengan pemain lain,” ujar Mourinho, seperti dilansir Manchester Evening News.

“Ketika kita berbicara tentang Luke Shaw, Anthony Martial, Marcus Rashford, Jesse Lingard, kita berbicara tentang para pemain muda yang memiliki potensi. Akan tetapi, masih ada satu kata yang hilang dari mereka yaitu karakter dan kepribadian. Mereka butuh sesuatu yang bisa memacu kepribadian mereka untuk bersaing lebih baik lagi.”

Musim ini, Setan Merah memang menekankan performa timnya kepada para pemain muda. Selain Luke Shaw, Martial, Lingard, dan Rashford, mereka juga masih mempunyai Romelu Lukaku (25 tahun), Fred (25 tahun), Eric Bailly (24 tahun), Andreas Pereira (22 tahun), Scott McTominay (21 tahun), dan Victor Lindelof (24 tahun). Para pemain ini sedang berusaha untuk menjadi pemain yang bisa memenuhi kriteria seperti yang dituntut oleh Jose Mourinho.

Comments

Loading...