OUR NETWORK

Mengenal Djibril Sidibe, Bek Potensial AS Monaco

Setelah hijrahnya gelandang AS Monaco, Bernardo Silva, ke Manchester City, satu persatu anggota skuad Les Monegasquet menunjukkan ketertarikannya untuk hijrah ke kesebelasan Premier League. Setelah Tiemoue Bakayoko dikabarkan segera merapat ke Chelsea (meski masih sebatas rumor), baru-baru ini bek kanan mereka, Djibril Sidibe, juga tertarik untuk bergabung ke liga yang disebut-sebut paling kompetitif tersebut.

Musim ini tercatat tiga klub Liga Inggris yaitu Arsenal, Tottenham Hotspur, dan Manchester United, disebut-sebut tertarik untuk merekrut Sidibe. Meski tidak tertutup bagi pemain kelahiran Troyes tersebut untuk hijrah ke Inggris, namun kepada L’Equipe ia tidak ingin terburu-buru terkait masa depannya.

“Ini liga yang menarik bagi saya. Tapi ada banyak pemain Prancis yang pergi lebih awal namun karirnya tidak terlalu cemerlang kemudian sedikit-demi sedikit mereka menghilang. Anda harus pergi pada waktu yang benar-benar tepat dan tahu apakah kemampuan kita bisa bagus di sana. Klub-klub lima besar di Inggris menarik dan saya tidak takut untuk bersaing disana,” tutur Sidibe kepada L’Equipe.

Selain tidak ingin terburu-buru, pemain yang baru berusia 24 tahun tersebut mengaku bahwa saat ini ia ingin fokus terlebih dahulu kepada timnas Prancis yang akan bermain di kualifikasi Piala Dunia 2018 melawan Swedia.

“Ini adalah periode yang tidak biasa bagi saya karena tahun depan ada Piala Dunia. Untuk saat ini saya total hanya berfokus kepada timnas Prancis. Saya juga masih punya kontrak dengan Monaco,” ujarnya.

Di akhir wawancaranya bersama harian Prancis tersebut, Sidibe seperti memberikan dua syarat bagi para kesebelasan yang berniat merekrutnya. Ia mengungkapkan, “Kriteria yang pertama (apabila Sidibe hijrah ke klub lain) adalah menit main yang cukup, berikutnya adalah lingkungan yang mampu meningkatkan kemampuan diri saya. (Syarat) Itu semua akan membantu saya menjadi lebih baik lagi di tim nasional Prancis.”

Meski Iblis Merah juga masuk dalam perburuan Sidibe, namun menurut ESPN, pemain yang juga bisa bermain sebagai bek kiri tersebut hanya akan mempertimbangkan tawaran dari Arsenal dan Tottenham Hotspur. Kedua klub yang sama-sama berasal dari London utara tersebut memang sedang bermasalah di sektor bek sayap. Arsenal terancam akan kehilangan Hector Bellerin yang sedang digoda oleh Barcelona sementara Spurs terancam ditinggal oleh Kyle Walker yang disebut-sebut akan menuju Manchester City.

Meski berposisi sebagai fullback, namun sejatinya Sidibe mengawali karir sebagai seorang gelandang. Ia melakoni posisi tersebut ketika masih menimba ilmu sepakbola di akademi Troyes pada tahun 2000. Selepas membantu Troyes promosi ke Ligue 1 pada 2010, ia kemudian hijrah ke Lille pada 2012 sebagai deputi dari Mathieu Debuchy. Setelah memperkuat Lille selama empat musim dan mencatatkan 119 penampilan dan membuat 11 gol Sidibe kemudian hijrah di awal musim 2016-17.

Pemilik delapan caps timnas Prancis ini menjadi pilar penting bagi kesebelasan yang di musim lalu menjadi juara liga Prancis tersebut. Ia turun di 47 laga dan membuat tiga gol dan delapan assist di semua ajang. Selain memutus puasa gelar Monaco, ia juga turut serta membantu klub asuhan Lonardo Jardim tersebut melaju hingga semifinal Liga Champions.

Comments

Loading...