OUR NETWORK

Lucas Moura, Opsi Lain di Sisi Kanan

Sejumlah nama memang sudah digadang-gadang akan segera bergabung ke Old Trafford dalam waktu dekat, terutama pemain yang berposisi sebagai winger dan striker. Salah seorang di antaranya yang hingga saat ini banyak menjadi perbincangan media massa internasional adalah pemain sayap raksasa Ligue 1 Prancis Paris Saint-Germain (PSG), Lucas Moura.

Bahkan, kabar terbaru menyebut bahwa antara Moura dan manajemen United sudah mencapai kata sepakat secara personal, seperti dilaporkan oleh Calciomercato baru-baru ini. Media asal Italia itu juga mengklaim saat ini sang pemain hanya tinggal meminta pihak klub untuk bersedia melepasnya pada bursa transfer musim dingin 2018 ini. Namun, sampai sekarang memang belum ada satu pun pernyataan resmi, baik dari pihak Moura maupun dari manajemen tim Setan Merah dan PSG terkait rencana transfer pemain kelahiran Sao Paulo, Brasil, 13 Agustus 1992 tersebut seperti yang beredar.

Sebelumnya, pada awal Januari 2018, United sendiri dikabarkan sudah siap untuk mendatangkan Moura pada bursa transfer musim dingin ini. Namun menariknya, kepindahan winger berusia 25 tahun ini hanya akan berstatus sebagai pemain pinjaman hingga akhir musim, seperti diklaim oleh The Sun.

Sayangnya, pihak PSG disebut-sebut hanya akan bersedia memuluskan niat The Red Devils untuk mengamankan jasa Moura, jika United mau mempermanenkan status pemain tersebut pada musim panas 2018 mendatang dengan klausul transfer yang cukup tinggi mencapai 40 juta paun.

PSG sendiri diketahui akan melepas sejumlah pemainnya demi menyeimbangkan neraca keuangan dan terhindar dari sanksi menyangkut Financial Fair Play, setelah menghamburkan banyak uang saat merekrut Neymar dari Barcelona pada musim panas 2017.

Selain itu, mereka juga harus menebus transfer Kylian Mbappe dari AS Monaco pada musim panas 2018 nanti, setelah semusim ini jasanya dipakai dengan status pinjaman. Sayangnya, menurut kabar terbaru dari media Inggris lainnya, Sky Sports News, diyakini bahwa United memang belum juga melayangkan tawaran resmi untuk Moura.

Sebenarnya, United sudah tertarik pada bakat Moura sejak lima tahun lalu, sejak sang pemain masih berseragam klub masa kecilnya di Brasil, Sao Paulo. Ketika itu, pada 2012, Moura yang masih berusia 20 tahun baru tiga musim memperkuat tim utama klub raksasa Negeri Samba tersebut setelah lima tahun menimba ilmu di akademinya.

Namun, bintang muda ini memang memiliki bakat yang luar biasa, sehingga tidak heran jika sejak pertama menembus tim senior Moura sudah langsung menjadi andalan timnya hingga dia membukukan 128 penampilan dengan 33 gol hanya dalam tiga musim.

Catatan itulah yang membuat klub sebesar United; yang saat itu masih dibesut pelatih legendaris Sir Alex Ferguson sebelum pensiun di akhir musim 2012/2013 tertarik untuk memboyongnya ke Eropa. Selain itu, raksasa Serie A Italia Inter Milan juga diketahui berminat untuk merekrutnya.

Namun, PSG ternyata jauh lebih cepat mewujudkan kepindahan Moura ke ‘benua biru’ dengan mengamankan transfernya pada Agustus 2012. Klub berjuluk Les Parisien tersebut mengikatnya dengan biaya 38 juta paun, di mana Moura baru bisa bergabung ke Parc des Princes markas PSG pada Januari 2013.

Padahal, saat itu United dilaporkan siap untuk mengajukan tawaran yang jauh lebih besar dari angka yang dibayarkan PSG. Sepertinya, bisa jadi ‘kekalahan’ itu pula yang membuat The Red Devils masih penasaran dengan Moura; selain tentunya kebutuhan Mourinho untuk memiliki winger berkualitas jadi alasan utama.

Pada musim panas 2017 lalu, Sport Witness sempat melaporkan bahwa United sudah kembali berusaha mendekati Moura. Sementara, pemain bernomor punggung ‘7’ itu sendiri sempat mengisyaratkan akan segera hengkang, karena mulai meragukan masa depannya di PSG.

“Saya memiliki target yang ingin saya raih di Eropa. Meninggalkan PSG untuk klub Eropa lain adalah sebuah kemungkinan untuk saya, tapi saya terikat kontrak [hingga Juni 2019] dan saat ini belum ada tawaran. Jika sesuatu tiba, kami akan melihat yang terbaik untuk saya dan untuk klub,” ucap Moura kepada Diario De Sao Paulo pada Juni 2017 lalu.

Namun, United tentu saja bukan satu-satunya klub yang bisa menjadi pilihan. Pasalnya, sejumlah tim besar Eropa lainnya, mulai dari Liverpool di Inggris, AS Roma di Italia, dan Atletico Madrid di Spanyol dikabarkan juga tertarik pada bakat besarnya. Lalu, apakah Moura benar-benar akan datang ke Old Trafford? Kita lihat apa yang akan dilakukan United!

Comments