OUR NETWORK

Kiprah Pemain Pinjaman Manchester United (1)

Musim ini, Manchester United meminjamkan 10 pemain mereka ke kesebelasan lain. Para pemain yang dipinjamkan adalah kombinasi dari pemain tim utama dan pemain senior. Tercatat, dari 10 pemain tersebut empat diantaranya berposisi sebagai penjaga gawang, tiga pemain belakang, dua pemain tengah, dan satu penyerang.

Tujuan dari peminjaman mereka sudah pasti untuk menambah jam terbang dan kesempatan bermain jauh lebih sering. Khususnya bagi para pemain muda yang masih kesulitan untuk menembus tim utama. Sementara bagi pemain senior, peminjaman ini juga menjadi uji kelayakan mereka apakah mereka masih pantas dipertahankan atau tidak.

Berikut adalah kiprah para pemain pinjaman Manchester United hingga Desember 2019 lalu. Selain itu, terdapat juga angka probabilitas mereka untuk kembali dalam skuad Setan Merah saat peminjaman mereka berakhir.

Alexis Sanchez – Inter Milan

Penggawa asal Cile ini sebenarnya memiliki awalan yang bagus di Inter Milan ketika menjalani debut melawan Udinese. Dua pekan berselang, Sanchez tampil baik dengan menciptakan gol ke gawang Sampdoria sebelum ia diusir wasit karena ketahuan diving. Sejak saat itu, nasib buruk jusru menaungi Sanchez. Ia mengalami cedera dan harus absen dalam jangka waktu yang lama. Baru pada pekan ini ia kembali berlatih dengan Antonio Conte.

Akibat cedera yang terus ia alami, United pun disinyalir mulai tidak tertarik untuk mempertahankannya. Mereka kini berharap Inter Milan mau mempermanenkannya musim depan. Kalau tidak, Setan Merah akan kembali membayar gajinya yang super mahal tersebut.

Peluang kembali ke United: 2/10

Chris Smalling – AS Roma

Klub ibu kota Italia ini sedang dilanda demam Chris Smalling. Hanya dalam tempo enam bulan, ia langsung masuk dalam nominasi tim terbaik klub selama satu dekade. Ia bahkan lolos sebagai bek tengah terpilih bersama Kostas Manolas. Sempat kesulitan pada laga debutnya, Smalling kini mulai menjadi pemain reguler dalam skuat asuhan Paulo Fonseca dan sudah membuat timnya mencatat enam clean sheet. Kini, persaingan ada di kedua kesebelasan mengingat Solskjaer menginginkannya kembali sementara Roma mulai tertarik untuk memberikan kontrak permanen.

Peluang kembali ke United: 5/10

Dean Henderson – Sheffield United

Pemain ini membuat United berada dalam situasi sulit. Dilepas sayang, namun apabila disimpan dia akan bersaing dengan David de Gea dan Sergio Romero yang juga tidak kalah bagusnya. Dean saat ini sedang menikmati masa-masa indah dengan membawa Sheffield United berada pada peringkat kedelapan. Selain itu, ia juga sudah membuat tujuh clean sheet dan menjadi penjaga gawang dengan nirbobol terbanyak sejauh ini setelah Kasper Schmeichel.

Peluang kembali ke United: 7/10

Joel Pereira – Hearts

Sebelum menanjaknya nama Dean Henderson, Setan Merah sebenarnya sudah punya calon kiper utama dalam diri Joel Castro Pereira. Ia diorbitkan oleh Jose Mourinho dan beberapa kali mendapatkan kesempatan bermain pada ajang-ajang piala.

Namun dalam kurun dua tahun terakhir, performanya mulai merosot karena mengalami cedera. Pada Januari 2019 lalu ia dipulangkan ke United setelah mengalami cedera saat menjalani pinjaman bersama Setubal. Saat ini, ia sedang berusaha mengembalikan performa terbaiknya bersama Hearts dan sempat menjadi pahlawan dalam perempat-final Piala Liga Skotlandia melawan Aberdeen sebelum penggemarnya berharap kalau Joel tidak lagi ada di bawah mistar setelah melakukan kesalahan ketika timnya dibantai oleh Rangers. Kehadiran Dean nampaknya akan menutup peluang Joel kembali ke tim utama.

Peluang kembali ke United: 2/10

Cameron Borthwick-Jackson – Tranmere Rovers

Dianggap menjadi prospek bagus bersama Louis van Gaal, Jackson kini mulai dilupakan setelah penampilannya yang cenderung biasa-biasa saja selama masa peminjaman. Nampaknya sudah tidak ada lagi tempat bagi pemain ini karena United nampak menemukan sosok pemain yang jauh lebih bagus dalam diri Brandon Williams. Di Tranmere pun ia hanya bermain lima pertandingan saja.

Beberapa waktu lalu, ia dipulangkan dari sana dan kemungkinan besar akan kembali dipinjamkan mengingat regulasi klub di era kepemimpinan Nicky Butt yang menyebut pemain berusia 21 tahun ke atas yang tidak bisa menembus tim utama, harus sudah memiliki klub. Entah itu dipinjamkan kembali atau dijual permanen.

Peluang kembali ke United: 0/10

Comments

Loading...