OUR NETWORK

Kembalinya Scott McTominay

Satu per satu pemain Manchester United yang cedera mulai kembali dan mengikuti sesi latihan. Setelah Eric Bailly, Timothy Fosu Mensah, dan Axel Tuanzebe, kini giliran Scott McTominay yang sudah memunculkan batang hidungnya. Ia siap kembali dengan penampilan yang jauh lebih fresh baik dari segi penampilan fisik maupun penampilan di atas lapangan.

Scott absen setelah United menang telak 4-1 melawan Newcastle United. Saat itu, ia hanya sanggup bermain 45 menit setelah ligamen lututnya rusak karena mencoba menekel Matthew Longstaff pada menit pertama. Ia sudah mengerang kesakitan saat itu tapi tetap memaksakan tampil hingga babak pertama selesai.

Meski niatnya sangat bagus yaitu demi permainan timnnya, namun keputusannya tersebut sempat merugikan dirinya sendiri. Cederanya semakin parah dan ia langsung menggunakan tongkat setelah ia digantikan pada babak kedua. Beruntung, ia kembali jauh lebih cepat dari perkiraan yang sebelumnya menyebut kalau ia akan absen hingga Maret 2020 mendatang.

“Sekarang pemulihan saya sudah berjalan dengan baik. Tidak pernah menyenangkan menonton sepakbola disaat Anda ingin terlibat dan membantu tim. Sangat sulit menjalani hari-hari seperti itu tetapi Anda harus menemukan jalan lain untuk menantang mentalitas Anda alih-alih soal fisik. Ini yang jauh lebih berat dari cedera pertama saya.”

“Anda hanya butuh seseorang yang tepat di sekitar Anda dan itu sangat bermanfaat bagi pemulihan saya dan jelas saya ingin mengambil bagian dalam sesi menjelang akhir pekan nanti. Kami hanya akan melihat ke mana arah kita setelah menjalani sesi latihan ini. Kami hanya akan melakukan apa pun yang kami bisa untuk memastikan saya kembali ke lapangan secepat mungkin,” kata Scott kepada situs resmi klub.

Sebelum cedera melawan Newcastle tersebut, Scott sudah lebih dulu mengalami cedera yaitu ketika melawan Brighton and Hove Albion. Saat itu, engkelnya yang mengalami masalah dan sempat divonis absen selama satu bulan. Beruntung, ia hanya absen beberapa pekan dan kembali lagi mengawal lini tengah United ketika mereka mengalahkan Tottenham Hotspur.

Tanpa mengurangi rasa hormat kepada tiga pemain lainnya, kembalinya Scott memang yang paling disyukuri oleh para penggemar Setan Merah. Pasalnya, dia merupakan nyawa United di lini tengah sejak musim dimulai. Penampilannya terus menunjukkan peningkatan sejak diberi kesempatan debut oleh Jose Mourinho pada musim 2016/2017 lalu.

Lini tengah United jauh lebih stabil dengan sosok Scott berada di depan dua bek tengah. Dia punya kecepatan, akselerasi, dan pandai dalam membaca permainan. Penggawa asal Skotlandia ini adalah versi terbaru dari Nemanja Matic yang sudah memasuki usia senja sebagai pemain sepakbola. Sejak ia absen dalam 11 pertandingan,lini tengah United kerap menunjukkan penampilan yang inkonsisten. Bahkan bisa menjadi mudah ditembus seperti ketika Ole menduetkan Fred dengan Andreas Pereira saat Matic juga ikut-ikutan absen karena skorsing.

Meski sudah bugar, namun pemilik 68 penampilan bersama United ini memang belum melakukan latihan intensif bersama rekan setimnya yang lain. Ia memang ikut berangkat ke Malaga untuk menemani skuat menjalani pemusatan latihan di Marbella, namun ia hanya menjalani latihan terpisah bersama Fosu Mensah dan Tuanzebe. Sesi latihannya pun tampak hanya sesi latihan seperti passing-passing ringan untuk menyesuaikan diri kembali dengan bola.

“Sesi latihan in sangat penting karena bisa menyegarkan pikiran semua orang untuk menempuh sisa tiga sampai empat bulan terakhir musim ini. Momen seperti ini jelas datang di waktu yang tepat terutama dari sudut pandang pemain yang cedera karena ada keuntungan dua minggu untuk mengejar ketertinggalan. Jika selama dua pekan ini, ada pertandingan, maka saya kehilangan seminggu lagi. Jadi ini adalah hal yang positif untuk mendapatkan metode pelatihan yang tepat,” kata Scott.

Scott punya peluang untuk kembali pada laga Premier League melawan Chelsea, Selasa (18/2) dini hari WIB. Namun jika melihat sesi latihan yang ia jalani sejauh ini masih sesi latihan ringan, maka kemungkinan paling cepat ia baru akan bermain pada babak 32 besar Europa League melawan Club Brugge atau ketika United menjamu Watford pada 23 Februari mendatang.

Kapan pun itu, yang pasti kembalinya Scott McTominay membawa angin segar bagi lini tengah United. Setidaknya, Ole Gunnar Solskjaer tidak akan lagi memainkan Bruno Fernandes sebagai gelandang tengah seperti yang ia lakukan pada babak kedua laga melawan Wolverhampton kemarin.

Comments

Loading...