OUR NETWORK

Inikah Musimnya Paul Pogba? Ini Komentar 2 Legenda United

Paul Pogba kembali ke Manchester United pada awal musim 2016/2017 lalu dengan status sebagai pemain termahal dunia, senilai 105 juta euro atau sekitar 89,3 juta paun. Meski kini label itu sudah diambil alih oleh Neymar yang pindah dari Barcelona ke Paris Saint-Germain dengan biaya lebih dari dua kali lipat, 222 juta euro pada musim panas 2017 ini. Makanya, tak heran jika publik Old Trafford menaruh harapan besar kepada Pogba untuk mengembalikan kedigdayaan tim Setan Merah, baik di Premier League Inggris maupun di kancah Eropa, meski saat itu United hanya tampil di Europa League.

Sayangnya, jebolan akademi The Red Devils yang sudah sempat promosi ke tim senior pada musim 2010/2011 dan mencicipi debut di tim utama pada musim 2011/2012 di era manajer legendaris Sir Alex Ferguson tersebut gagal mempersembahkan performa terbaiknya, seperti yang sudah pernah dipertontonkannya selama membela jawara Serie A Italia Juventus selama periode 2012 hingga 2016. Sehingga United rela mengucurkan dana selangit untuk membawanya pulang kembali ke The Teatre of Dreams. Bahkan, di awal-awam musim kompetisi, kritikan demi kritikan terus menyerang Pogba.

Di akhir musim, pemain internasional Prancis yang masih berusia 24 tahun itu mencatatkan total 51 penampilan di semua kompetisi, dengan koleksi sembilan gol. Pogba memang menjadi andalan sang pelatih di lini tengah timnya, dengan jumlah 30 penampilan di Premier League.

Namun, performanya masih jauh dari kata konsisten, ketika itu. Banyak yang meyakini bahwa pemain bernomor punggung ‘6’ itu tak bisa lepas dari tekanan sebagai pemain termahal dunia. Pogba beruntung, United berhasil meraih gelar pamungkas juara Europa League 2016/2017, sehingga inkonsistensi itu sedikit terlupakan.

Namun kini, seiring bertambahnya pengalaman dan semakin matang bersama tim Setan Merah, sekaligus juga sudah tak ada lagi label pemain termahal dunia yang melekat pada dirinya, banyak pihak yang meyakini Pogba akan kembali pada fitrahnya, sebagai jenderal lapangan tengah.

Seperti pemain legendaris United, Denis Irwin yang memprediksi pemain kelahiran 15 Maret 1993 itu akan menjadi inspirasi bagi The Red Devils untuk meraih kejayaan pada musim 2017/2018 ini. Dia pun yakin Pogba akan tampil sangat menonjol dan mendominasi performa timnya  sepanjang musim ini.

“Saya memprediksi Pogba akan menjadi pemain yang sangat menonjol pada musim ini. Dengan demikian, United akan bisa bersaing merebut sejumlah gelar juara,” ungkap full-back berkebangsaan Irlandia yang sudah berusia 51 tahun tersebut, seperti dilansir oleh Goal Internasional.

Menurutnya, mantan timnya itu harus bisa bermain stabil sepanjang musim, dan Pogba akan mampu membantu mewujudkan hal tersebut. “United butuh lebih konsistensi. Kami terlalu sering meraih hasil seri pada musim lalu,” pungkas Irwin menambahkan komentarnya soal bagian yang harus diperbaiki United.

Pendapat serupa juga disampaikan eks The Red Devils lainnya, Quinton Fortune. Bahkan, gelandang berkebangsaan Afrika Selatan itu yakin Pogba akan jadi pemain terbaik Premier League musim ini.

“Dia sejauh ini sangat fantastis dan kini dia sudah mendapat kesempatan pertandingan pramusim, tidak seperti musim sebelumnya. Bagi saya Pogba luar biasa, namun ini adalah performa tim. Tentu saja dia bisa menjadi salah seorang pemain terbaik di liga musim ini. Saya yakin itu adalah salah satu tujuannya dan target yang dia inginkan,” ucap Fortune pula kepada laman resmi klub, ManUtd.com.

“Saya senang kini dia sudah beradaptasi dan menjalani satu musim di sini, ditambah tur pramusim yang sangat penting. Pogba terihat sangat kuat dan sangat tenang. Dia tidak sedang mencoba untuk membuktikan kemampuannya kepada seluruh dunia, karena dia sudah menunjukkannya selama ini.”

“Musim ini, mudah-mudahan dia bisa mencetak banyak gol dan mendapatkan peran sebagai kapten. Manajer sudah mempercayainya sebagai kapten beberapa kali dan itu bagus untuknya. Dia harus mengambil tanggung jawab itu dan saya yakin dia sangat bersemangat,” pungkasnya menambahkan.

Sebelumnya, Mourinho juga sudah melayangkan pujian setinggi langit untuk ‘anak emas’-nya itu. Pelatih asal Portugal itu menyebut kualitas Pogba layak disandingkan dengan para pemain terbaik dunia. Bahkan, Mourinho langsung membandingkan level pemain andalannya itu dengan bintang-bintang kelas dunia seperti Lionel Messi, Cristiano Ronaldo, dan Neymar.

“Hari ini, salah satu dari pemain saya, Pogba, menunjukkan levelnya. Dia menunjukkan bahwa dirinya memang termasuk dalam level pemain kelas dunia,” ungkap Mourinho ketika itu, setelah timya menghadapi Barcelona dalam International Champions Cup di Amerika Serikat, Kamis (27/7/2017), dikutip dari Sky Sports.

Comments

Loading...