OUR NETWORK

Gary Neville: Raihan Trofi akan Hilangkan Tekanan pada Solskjaer

Manchester United harus mulai mengubah kemajuan yang mereka buat menjadi kesuksesan yang nyata. Tujuannya tidak lain adalah untuk memenangkan trofi. Capaian ini juga akan mengurangi tekanan pada Ole Gunnar Solskjaer. Maka setelah gagal dalam upaya mereka memenangkan Piala Carabao di tangan rival terdekat Manchester City, United perlu bangkit kembali.

Menurut Gary Neville, pasukan Setan Merah memang harus melakukan hal itu. Memenangkan trofi adalah harga mati. Apalagi United sudah menderita kekalahan semifinal keempat berturut-turut dalam waktu 12 bulan. Kekalahan ini bahkan sampai memunculkan sebuah asumsi bahwa ada masalah psikologis yang dialami para pemain United ketika harus mengatasi rintangan terakhir (semifinal).

Neville mengakui bahwa selama 90 menit di laga Piala Carabao tengah pekan lalu, City memang pantas mencapai final keempatnya secara berturut-turut. Namun eks kapten United tersebut tetap ingin United tidak terlalu kecewa dengan hasil tersebut. Karena di satu sisi, manajer mereka Ole Gunnar Solskjaer sedang dituntut harus secepatnya mengakhiri penantian klub untuk mendapatkan trofi.

“Saya mengatakan sebelumnya, bahwa saya merasa ada lebih banyak harapan pada pertandingan (melawan City) ini. Bagi saya sebagai suporter United, saya lebih berharap pada mereka di kompetisi (Piala Liga) ini daripada ketika melawan Liverpool di Anfield. Tidak ada seorang pun musim ini yang mengharapkan United untuk menantang gelar liga. Tapi saya pikir ada perasaan; United pasti memenangkan trofi,” tegas Neville dikutip dari Sky Sports.

“Ole, pada akhir musim ini, akan berada di sana dengan usia dua setengah tahun. Maka dia akan menjalani dua setengah tahun tanpa trofi, jika dia tidak memenangkan apapun di akhir musim ini. Jelas, hasil itu akan mulai memberi tekanan, yang juga akan membuat sulit pekerjaannya ke depan. Saingannya seperti Jurgen Klopp membutuhkan trofi, dan akhirnya dia mendapatkan Liga Champions. Pep Guardiola memenangkan Piala Liga, dan Jose Mourinho juga sama.”

“Mereka semua membutuhkan sesuatu, yaitu trofi. United memang hampir mencapai final di banyak kompetisi, dan mereka dalam kondisi yang baik untuk memenangkannya. Tapi hasilnya masih belum ada. Saya tidak akan mengatakan, bahwa sebagai suporter saya berhak menuntut tim kesayangan saya untuk juara. Hanya saja, saya tahu bahwa gagal meraih juara itu akan membawa tekanan kepada manajer.”

Pada intinya, menurut Gary Neville, memenangkan trofi adalah jalan keluar satu-satunya bagi Ole Gunnar Solskjaer, terutama untuk menghilangkan tekanan besar di sekitarnya. Hal semacam itu merupakan tabiat bagi seorang manajer yang sudah lebih dari dua tahun mengurusi klub besar seperti Manchester United.

“Jadi dia (Solskjaer) harus memenangkan trofi. Tekanan yang ada padanya bisa berubah dan mungkin hilang. Alasan Ole tidak akan berpuas diri saat ini adalah lantaran karena ketika dia berada dalam pekerjaannya, dia selalu menghadapi tekanan. Dia selalu menghadapi empat, lima, enam minggu, di mana dia memiliki tuntutan dari orang yang mempertanyakan; ‘apakah dia akan berhasil juara sampai akhir musim atau tidak’,” ujar Gary Neville.

“Namun ketika United bermain bagus, seperti yang terjadi dalam beberapa hari terakhir ketika mereka duduk di puncak klasemen liga dan memiliki satu pertandingan sisa, semua orang senang. Mereka (United) pun tidak terbawa suasana. Mereka tetap dalam posisi yang kuat. Maka dengan begitu, Solskjaer punya potensi untuk melakukan perubahan besar-besaran saat melawan Watford di Piala FA akhir pekan ini.”

Manchester United telah memenangkan 33 dari 35 pertandingan putaran ketiga FA terakhir mereka. Sementara Watford kalah dalam sembilan pertandingan tandang terakhir mereka di Old Trafford. United sendiri akan bertandang ke Burnley tiga hari setelah pertandingan tersebut. Dan bagi Neville, dua laga ini merupakan sarana Setan Merah untuk memulihkan serta bangkitkan kembali semangat juang tim pasca kalah dari City di Piala Carabao.

“Saya tidak berpikir Ole akan terlalu pasrah dengan kekalahan dari City. Dia akan sangat kecewa, itu mungkin. Tapi pastinya dia akan mengambil langkah ekstra untuk mengubah situasinya. Saya pikir permainan United sudah lumayan baik. Saya yakin Solskjaer akan memaksimalkan laga berikutnya. Sekali lagi, Piala Carabao mungkin akan jadi kekecewaan besar. Namun mereka (United) pasti memulihkannya di laga Piala FA dan Burnley,” ungkap Neville.

Comments

Loading...