OUR NETWORK

Eric Cantona: Jika Manchester United Memanggil Saya, Saya Siap

Legenda Manchester United, Eric Cantona, telah melemparkan kesiapannya untuk posisi manajer pasukan The Red Devils itu jika mereka memang membutuhkannya.

Pria asal Prancis itu saat ini agak terlempar jauh dari ranah sepakbola sejak era pensiunnya, akan tetapi tidak menuntut kemungkinan tampaknya ia masih memiliki hasrat besar untuk kembali ke dunia yang sempat membesarkan kariernya tersebut.

Cantona bukan satu-satunya mantan pemain United yang menimang-nimang dan mendamba-dambakan posisi kursi kepelatihan di Old Trafford, pasalnya para mantan pemain lainnya seperti Ryan Giggs dan Michael Carrick, juga sama dikatakan tertariknya dengan Cantona.

Ryan Giggs sudah sibuk mendapatkan pengalaman serta jabatan barunya dengan memimpin negaranya sendiri sebagai pelatih Wales, sementara Michael Carrick, masih bekerja sebagai bagian dari staf asisten Jose Mourinho di balik lapangan.

Di sisi lain, meskipun belum aktif kembali di ranah sepakbola, penunjukan Eric Cantona akan menjadi penunjukan kejutan untuk Setan Merah. Karena jika itu terjadi, semua pihak juga tampaknya bakal merasa keheranan dengan keputusan tersebut.

“Saya ingin melatih klub, dan jika Manchester United memanggil saya, saya akan siap untuk pergi memenuhi panggilan itu. Saya akan menikmatinya. Mereka tahu keberadaan saya. Lalu, saya akan kembali lagi ‘bermain’ sepakbola sebagai peracik taktik kreatif,” pungkas Eric Cantona kepada Daily Mail.

“Ini akan sangat bagus untuk para penggemar, seperti halnya dengan Sir Alex Ferguson, dia membiarkan pemain menjadi kreatif, dan dia memperlakukan anak-anak asuhnya sebagai individu yang baik. Semua merasa dicintai. Dia selalu memuji para pemainnya. Pria seperti dia sangat baik, dan dia adalah pemimpin yang baik. Maka saya akan mengikuti jejaknya.”

Seperti halnya Sir Alex Ferguson, manajer yang sukses telah berhasil membuktikan diri tanpa sebuah pengalaman hebat yang pernah diraih sebelumnya. Hal seperti ini agaknya mungkin juga terjadi kepada Eric Cantona jika benar mendapati kesempatan untuk melatih United.

Namun, saat ini Jose Mourinho masih menjadi manajer Manchester United, dan bahkan jika ia dipecat, ada kandidat kuat pelatih asal Prancis yang menjadi favorit untuk pekerjaan itu. Pelatih itu adalah Zinedine Zidane, yang dikabarkan sangat bersemangat menunggu mendapatkan panggilan jabatan baru dari Old Trafford jika situasinya sudah memungkinkan.

Laporan lain bahkan mengklaim jika Zidane sendiri sudah memiliki daftar keinginan transfer yang disiapkan untuk memperkuatnya skuadnya nanti di Manchestr United. Melihat hal ini, untuk Eric Cantona, semua itu tidak masalah siapapun pelatihnya. Karena yang terpenting baginya adalah, United harus kembali menjadi yang terkuat dan kembali memenangkan Premier League.

“Yah, apa boleh buat. Tapi ini masih awal musim, terlalu dini untuk berspekulasi. Manchester United adalah klub hebat dan akan selalu begitu. Jadi, siapapun pelatihnya, jika mereka akan memenangkan sesuatu, saya rasa itu tidak masalah,” jelas Eric Cantona.

“Tapi bagaimana cara mereka bermain nanti? Tentunya manajer baru akan menyuruh mereka bermain dengan cara yang baik untuk dipersembahkan kepada para penggemar. Mereka harus bermain menyenangkan dan penuh kreativitas.”

 

Sumber: Daily Mail, The Peoples Person

Comments