OUR NETWORK

Dua Pemain yang Siap Dilepas Manchester United

Proses regenerasi United tampaknya akan dimulai dengan melepas dua pemain yang dianggap tidak lagi punya masa depan di dalam klub.

Meski musim 2019/2020 belum dipastikan berakhir karena pandemi virus Covid-19, namun Manchester United tampaknya sudah mulai fokus untuk mempersiapkan diri menghadapi musim 2020/2021 mendatang. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya rumor yang menyebut mereka sedang mendekati beberapa pemain pada masa-masa pandemi ini.

United harus berprestasi. Sudah dua musim beruntun mereka tidak mendapat gelar. Liga Europa 2017 menjadi gelar terakhir yang mereka dapat. Giliran mereka punya peluang meraih Piala FA dan Liga Europa musim ini, turnamen harus berhenti sementara karena virus Corona. Untuk mencapai itu semua, mereka harus melakukan beberapa cara dan salah satunya adalah regenerasi.

United akan melakukan bersih-bersih pemain dengan sasaran utamanya adalah pemain-pemain peninggalan Jose Mourinho dan Louis van Gaal. Mereka akan melepas pemain yang dianggap tidak lagi memiliki kualitas dan menggantinya dengan pemain yang lebih baik. Menurut Manchester Evening News, dua pemain pertama yang akan dilepas adalah Cameron Borthwick-Jackson dan Demetri Mitchell.

Jackson sudah tidak bermain lagi bagi United sejak menandatangani kontrak empat tahun pada Mei 2016. Sejak saat itu, kariernya lebih banyak diisi dengan menajdi pemain pinjaman di beberapa tim seperti Wolves, Leeds United, Scunthorpe, dan Tranmere Rovers. Namun, beberapa pinjaman yang dijalani tidak memberikan hasil yang positif kepadanya.

Pinjaman terakhirnya ke Tranmere berjalan buruk dengan durasi yang dipotong hanya menjadi enam bulan dari kesepakatan awal. Ia gagal bermain reguler untuk kesebelasan yang berkompetisi di League One. Ia disebut-sebut kurang memiliki motivasi yang membuat ia kesulitan mendapatkan tempat bersama tim utama. Saat ini, ia dipinjamkan ke Oldham Athletic dan telah bermain enam kali di League Two. Manajemen United kemungkinan akan melepas Jackson secara gratis meski ia memiliki satu tahun opsi tambahan.

Sama seperti Jackson, Mitchell juga bermain sebagai bek kiri di United. Digadang-gadang sebagai bek kiri masa depan klub, ia tampaknya akan dilepas juga pada musim panas nanti. Setelah bermain pada pekan terakhir Premier League musim 2016/2017 melawan Crystal Palace, ia menjalani dua periode peminjaman bersama klub Skotlandia, Hearts.

Peminjamannya berjalan dengan baik selama dua musim tersebut. Namun pada Februari 2019, ia mengalami cedera lutut parah yang membuatnya absen panjang hingga harus kembali ke United pada September 2019 lalu. Setelah sembuh, ia belum bisa kembali ke performa terbaiknya meski sempat bermain untuk tim U-23.

Kedua pemain ini tampaknya tidak memiliki masa depan lagi di United. Sama-sama berposisi bek kiri, United sudah memiliki Luke Shaw sebagai bek pilihan utama. Ketika Luke tidak bisa bermain, nama Brandon Williams akan lebih diprioritaskan mengingat penampilannya musim ini cukup baik. Besar kemungkinan, Ole akan menggenjot Brandon untuk meningkatkan lagi kualitasnya.

Inilah yang membuat Jackson dan Mitchell kemungkinan besar akan kekurangan jam terbang. Usia keduanya masih sangat muda yaitu 23 tahun yang menandakan kalau karier keduanya masih sangat panjang di dunia sepakbola. Akan tetapi, United tampaknya bukan menjadi tempat yang tepat bagi keduanya mengingat progres yang ditunjukkan Luke Shaw dan Brandon Williams pada musim ini. Ini belum ditambah dengan potensi kembalinya Marcos Rojo jika United masih menginginkannya kembali setelah dipinjamkan ke Estudiantes.

Bortwick-Jackson dan Mitchell sama-sama ditemukan United di tim junior Fletcher Moss Ranger yang juga menjadi tempat Marcus Rashford, dan Jesse Lingard menimba ilmu. Jackson mendapat kesempatan debut lebih dulu pada November 2015 di bawah arahan Van Gaal. Ia sempat bermain 14 kali dan menunjukkan penampilan yang apik sebelum bermasalah ketika menjalani status sebagai pemain pinjaman. Di sisi lain, Mitchell sempat masuk dalam skuat pra-musim Jose Mourinho setelah diorbitkan pada 2017. Akan tetapi, caps yang ia miliki tidak bertambah sampai akhirnya ia mengalami cedera lutut.

Selain Jackson dan Mitchell, nama Angel Gomes juga menjadi pemain yang di ambang pintu keluar Manchester United. Sampai saat ini, ia belum menunjukkan tanda-tanda akan memperpanjang kontrak bersama United. Meski begitu, Ole tampaknya akan berusaha untuk mempertahankan Gomes dibanding Jackson dan Mitchell.

Comments

Loading...