in

21 Fakta St. Mary’s Stadium

St. Mary’s Stadium merupakan stadion terbesar di Inggris selatan. Stadion ini merupakan kandang dari Southampton. Berikut kami sajikan fakta St. Mary’s Stadium.

  1. 1. St. Mary’s Stadium dibangun pada Desember 1999 dan selesai pada Juli 2001. Total biaya pembangunan untuk stadion ini yaitu 32 juta euro atau 501 miliar rupiah.
  2. Southampton pindah dari stadion The Dell ke St. Mary’s Stadium sejak Agustus 2001. Ketika Taylor Report mengharuskan semua laga di Inggris harus diselenggarakan di stadion all-seater pada 1994.

    The Dell Stadium – Fakta St. Mary’s Stadium.
  3. Southampton memutuskan untuk membuat The Dell Stadium menjadi all-seater. Pengubahan menjadi stadion all-seater selesai pada 1993. Namun, kapasitas stadion di The Dell menurun drastis menjadi 15,000 kursi. Ini yang membuat Tha Saints memutuskan pindah ke St. Mary’s Stadium.
  4. Dalam laga pertama Southampton di St. Mary’s Stadium, penonton yang datang hanya 15,000 atau kurang dari setengah kapasitas maksimal stadion tersebut.
  5. St. Mary’s Stadium berbentuk mangkuk yang sempurna. Semua tribun memiliki tinggi yang sama. Stadion ini mempunyai dua layar besar yang mampu dilihat dari posisi manapun.

    St, Mary’s Stadium dari atas – Fakta St. Mary’s Stadium.
  6. Stadion ini memiliki 4 Tribun yang diberi nama sesuai dengan area di mana tribun tersebut menghadap.
  7. The Main Stand (Timur). Tribun ini diberi nama Itchen Stand karena menghadap tepat ke Sungai Itchen. Tribun barat diberi nama Kingsland Stand. Tribun selatan diberi nama Chapel Stand dan tribun utara diberi nama Northam Stand.
  8. Di belakang Itchen Stand terdapat 42 Executive Boxes dan ruang kontrol polisi. Di tribun ini juga merupakan kantor klub, ruang ganti, fasilitas untuk media, dan corporate hospitality suites. Empat suites utama diberi nama dari pemain terbaik Southampton yaitu Terry Paine, Mick Channon, Bobby Stokes, dan Matt Le Tissier.

    Itchen Stand – Fakta St. Mary’s Stadium
  9. The Northam Stand merupakan tribun untuk untuk suporter yang paling vokal saat mendukung. Di tribun ini juga merupakan tempat bagi suporter tim yang bertandang ke stadon ini.
  10. Ketika stadion ini dibuka, The Friends Provident St Mary’s Stadium merupakan nama resmi dari stadion ini. Namun para suporter menekankan untuk tidak memasukan nama sponsor di St. Mary’s Stadium.
  11. St. Mary’s Stadium merupakan stadion all-seater yang berkapasitas maksimal 32,505, sudah termasuk ruang media dan directors boxes. Karena ada ruang pemisah antara suporter tuan rumah dan suporter tim tandang, stadion ini tidak akan penuh maksimal untuk laga kompetitif.
  12. Rekor penonton terbanyak yang datang yaitu 32,363 penonton pada 28 April 2012 di laga Southampton kontra Conventry City dalam lanjutan Football League Championship. Sementara laga Southampton melawan Sheffield United merupakan laga dengan penonton paling sedikit, dengan hanya 13,257 penonton. Selama musim 2009/2010 di League One, suporter yang datang meningkat. Rata-rata kesluruhan penonton yang datang meningkat menjadi 20,982 meningkat 3,000 dari tahun sebelumya.
  13. Pada 17 Maret 2007, patung Ted Bates yang berhaga 102,000 euro ditempatkan di depan pintu masuk Itchen Stand.

    Patung Ted Bates – Fakta St. Mary’s Stadium
  14. St. Mary’s Stadium pernah menjadi venue bagi untuk timnas Inggris yang bertemu Makedonia pada Oktober 2002. Laga tersebut berakhir dengan skor 2-2, David Beckham dan Steven Gerrard berhasil mencetak gol.
  15. Pada 2016, Southampton melangsungkan UEFA Europa League pertamanya di stadion ini.
  16. St. Mary’s Stadium juga digunakan untuk fasilitas konferensi. St. Anne dan St. George juga menggunakan stadion ini untuk aktifitas sekolah.
  17. St. Mary’s Stadium pernah menjadi tempat diselenggarakannya konser Elton John pada 2005 dan Bon Jovi di tahun berikutnya.
  18. St. Mary’s Stadium merupakan kantor utama untuk Hampshire & Isle of Wight Air Ambulance sejak 2007.
  19. Menurut legenda lokal, selama stadion ini dibangun, suporter dari Portsmouth FC membakar jersey dari timnya dibawah Northam Stand dan mengutuk Southampton agar mengalami kekalahan beruntun di stadion ini. Paranormal Ceridwen Dragonoak Connelly melakukan upacara Celtic untuk melepaskan kutukan tersebut.
  20. Southampton mencetak rekor kemenangan terbesarnya di St. Mary’s Stadium pada 18 Oktober 2014 kontra Sunderland dalam lanjutan Premier League. Laga ini berakhir dengan skor 8-0.
  21. Semua tribun kecuali Itchen Stand, dapat diperlebar lagi. Jika itu terjadi kapasitas maksimal stadion ini akan meningkat menjadi 50,000 penonton. Namun perluasan tersebut diperkirakan akan menghabiskan biaya yang sama ketika stadion ini pertama dibangun, yaitu sekitar 32 juta euro.
Facebook Comments
Loading...