OUR NETWORK

25 Maret 1939: Rekor Penonton Old Trafford

31 Maret 2007 merupakan hari bersejarah bagi Manchester United. Pada tanggal tersebut, mereka berhasil memecahkan rekor penonton terbanyak dalam satu pertandingan di stadion Old Trafford. Laga yang mempertemukan United dengan Blackburn Rovers tersebut dihadiri oleh 76.098 penonton. Hingga saat ini, rekor tersebut belum bisa dipecahkan.

Meski demikian, rekor penonton dalam laga melawan Rovers bukanlah yang terbanyak sepanjang sejarah stadion tersebut berdiri. Rekor kehadiran terbesar di Old Trafford terjadi pada 25 Maret 1939. Yang menarik, rekor tersebut terjadi bukan atas nama Manchester United melainkan Wolverhampton Wanderers dan Grimsby Town.

Kejadiannya terjadi pada semifinal Piala FA musim 1938/1939. Tercatat ada 76.962 penonton yang menjadi saksi dari kemenangan Wolves 5-0 atas Grimsby. Old Trafford saat itu ditunjuk oleh FA menjadi tuan rumah babak semifinal bersama Highbury yang menggelar laga antara Portsmouth melawan Huddersfield Town.

Sangat disayangkan rekor tersebut tidak tercatat atas nama Manchester United. Setan Merah langsung tersingkir pada babak ketiga dari West Bromwich Albion. Hasil imbang tanpa gol di kandang WBA ternyata tidak memberikan keuntungan sama sekali bagi skuat asuhan Walter Crickmer tersebut. Mereka justru kalah telak dengan skor 1-5 ketika balik menjamu The Baggies.

Dipilihnya stadion Old Trafford saat itu bukanlah tanpa alasan. Dibanding stadion lainnya, Old Trafford memiliki fasilitas yang jauh lebih baik dibanding stadion lainnya. Stadion ini didesain oleh Archibald Leitch pada 1909 dan pada awalnya bernama United Football Ground. 27 tahun kemudian, nama United Football Ground diganti mejadi Old Trafford dengan kapasitas yang bisa menampung 80 ribu orang. Inilah yang membuat FA menjadikan Old Trafford sebagai salah satu tuan rumah semifinal Piala FA. Kebetulan juga Wolves dan Grimsby saat itu dikenal memiliki basis pendukung yang begitu besar. Selain semifinal Piala FA, Old Trafford juga pernah menggelar beberapa pertandingan lain seperti pertandingan tim nasional Inggris dan final Piala FA yang sudah tiga kali dimainkan di Old Trafford yaitu pada musim 1910/1911, 1914/1915, dan 1969/1970.

Pada awal 1990-an, Old Trafford bertransformasi menjadi stadion yang semua tribunnya all-seater alias berkursi. Tragedi Hillsborough pada 1989 saat itu membuat otoritas sepakbola Inggris meminta seluruh stadion menghapus tribun berdiri dan menggantinya dengan tribun berkursi. Hal ini membuat kapasitas Old Trafford turun secara drastis menjadi 44 ribu. Renovasi bertahap kemudian dilakukan dalam beberapa tahun hingga kapasitas stadion saat ini menjadi 74.879 penonton.

Old Trafford sendiri beberapa kali mencatatkan rekor penonton. Selain dua rekor di atas, United juga pernah memecahkan rekor penonton terbanyak untuk pertandingan tidak resmi yaitu ketika United menang 6-0 melawan New York Cosmos yang merupakan pertandingan perpisahan Paul Scholes. Saat itu, Old Trafford dihadiri 74.731 penonton.

Untuk rekor penonton terendah Manchester United sepanjang sejarah, kejadian itu terjadi pada 29 April 1950. Saat itu, United menang melawan Fulham 3-0 di hadapan 11.968 penonton saja. Sementara pada 7 Mei 1921, laga Stockport County melawan Leicester City di Old Trafford hanya dihadiri 13 penonton saja. Catatan ini masih diperdebatkan mengingat saat itu ada 10 ribu orang penonton yang masih tinggal di Old Trafford setelah menyaksikan laga United melawan Derby County sebelum laga tersebut.

Untuk kehadiran rata-rata tertingi di Old Trafford, musim 2006/2007 menjadi yang tertinggi dengan 75.826. Dua musim kemudian, Old Trafford mencatat total penonton terbesar yaitu 2.197.429 penonton. Musim 1930/1931 menjadi musim ketika United mencatat rata-rata penonton terendah di Old Trafford yaitu hanya 11.685 penonton.

Comments

Loading...