OUR NETWORK

Palang Pintu Serie A yang Jadi Incaran Manchester United

Manchester United masih terus berburu pemain baru untuk menambah kekuatan tim pada gelaran kompetisi musim 2018/2019 ini. Sektor lini belakang sepertinya masih menjadi perhatian utama bagi manajemen tim Setan Merah, mengingat masih keroposnya palang pintu pertahanan. Nama-nama bek tangguh papan atas dunia pun disebut-sebut masuk dalam incaran, termasuk pula beberapa pemain dari Serie A Italia. “Negeri Pizza” memang dikenal sebagai penghasil bek-bek terbaik dunia, di mana selama bertahun-tahun mereka mengembangkan strategi pertahanan gerendel ala catenaccio.

Sportskeeda menyebut ada sejumlah bintang Serie A yang jadi incaran United sejak bursa transfer musim panas 2018. Dua di antaranya memang bek, yakni Leonardo Bonucci dan Alessio Romagnoli. Mereka dianggap cocok melengkapi kebutuhan tim, setelah konsistensi Phil Jones dan Chris Smalling yang jadi andalan jelang musim lalu berakhir masih dipertanyakan. Sejak awal musim, saat tim masih dipimpin Jose Mourinho, dan dilanjutkan Ole Gunnar Solksjaer di pertengahan Desember, bongkar pasang duet bek masih terjadi, di antara Victor Lindelof hingga Eric Bailly, ditambah Marcos Rojo.

Skriniar, Bonucci, dan Romagnoli

Bonucci dan Romagnoli merupakan duo bek andalan lini belakang AC Milan di musim lalu. Bonucci yang didatangkan dari Juventus jadi palang pintu utama Milan dengan tampil dalam 51 laga di semua ajang musim lalu. Dia jelas jadi pilihan paling utama bagi United, jika bisa merekrutnya. Mengingat sang bek sudah punya jam terbang tinggi bersama Juventus dan tim nasional Italia di berbagai ajang selama tujuh musim; meskipun usianya akan 32 tahun. Tapi, peluang mendapatkannya kini sangat berat, karena Bonucci baru memutuskan kembali ke Turin, markas Juventus awal musim 2018/2019.

Kini, tentu tinggal Romagnoli yang menjadi target realistis bagi United, jika masih ingin mendapatkan bek dari Italia. Pemain bernomor punggung ‘13’ ini pun dinilai cocok untuk membangun tim masa depan Setan Merah, karena mengingat usianya yang masih 23 tahun. Pengalamannya sendiri tidak bisa pula disangsikan.

Romagnoli yang telah bergabung ke San Siro, markas klub berjuluk I Rossoneri tersebut sejak awal musim 2015/2016 lalu; setelah sempat dibesarkan oleh AS Roma, dan kemudian ‘bersekolah’ pula di Sampdoria, mencatatkan 42 penampilan di semua kompetisi pada musim lalu.

Sejauh ini, dia sudah bermain dalam 111 pertandingan untuk Milan di semua kompetisi dalam tiga musim terakhir, dan total 156 penampilan sejak melakukan debut senior di Roma pada Desember 2012 silam. Selain itu, dia juga sudah membela tim nasional Italia sejak 2016.

Romagnoli pun punya kelebihan lain. Selain punya kemampuan defensif yang mumpuni sebagai bek tengah, dia juga bisa dimainkan di posisi bek kiri. Corrielle dello Sport pun sempat melaporkan United sudah mengajukan tawaran 44 juta paun. Sayangnya, Milan kabarnya menolak, meski masih ada peluang bernegosiasi.

Pemain lainnya yang disebut-sebut juga diminati United adalah bek muda Inter Milan, Milan Skriniar. Bek internasional Slovakia yang masih 23 tahun ini memang sedang jadi buah bibir, berkat performa apiknya di Giuseppe Meazza, markas klub tersebut sejak musim lalu. Dia tampil dalam 40 laga semua ajang, dan hingga kini masih jadi andalan lini belakang klub berjuluk La Benamata itu. Belum lama ini Goal mengklaim Skriniar telah jadi target transfer United seharga 54 juta paun, selain juga diminati oleh Real Madrid dan Barcelona. Namun, baru-baru ini sang pemain pun langsung bereaksi keras.

Kalidou Koulibaly

Satu lagi nama bek tangguh asal Serie A yang tengah dikaitkan dengan tim Setan Merah dan mungkin paling berpeluang untuk mendarat di Old Trafford adalah Kalidou Koulibaly, palang pintu andalan Napoli.

United sendiri sudah lama dikabarkan tertarik pada performa pemain internasional Senegal usia 27 tahun ini. Bahkan, The Red Devils sudah pernah melayangkan tawaran kepada Napoli untuk mengakuisisi Koulibaly, dan bahkan hal tersebut dikonfirmasi langsung oleh presiden klub, Aurelio de Laurentiis beberapa waktu lalu. Namun, hingga saat ini memang belum tercapai kesepakatan.

Perekrutan Koulibaly sendiri juga mendapat dukungan dari legenda United, David May belum lama ini, dengan target untuk memperkuat lini belakang. “Jika Koulibaly bisa didapat, saya yakin Ole akan mengatakan dia bakal menjadi pembelian hebat United,” ungkapnya seperti dilansir laman Goal.

Peluang mendatangkan bek setinggi 1,95 meter ini memang paling besar. Apalagi, kemungkinannya untuk pergi dari Napoli pun menguat setelah kerap jadi sasaran rasisme di Serie A Italia. Kini saatnya United harus benar-benar serius mendapatkan Koulibaly dengan memberikan penawaran realistis.

Comments