OUR NETWORK

Mateo Mejia, Wonderkid 16 Tahun untuk Akademi Manchester United

Di tengah-tengah proses saga transfer sejumlah pemain bintang yang diincar selama musim panas ini, diam-diam ternyata Manchester United juga bergerilya mencari talenta muda untuk diasah di akademi klub. Salah seorang pemain belia yang diburu tim Setan Merah adalah wonderkid berusia 16 tahun asal Spanyol bernama Mateo Mejia. Dalam dunia sepakbola global, nama remaja itu memang tak dikenal. Di Inggris pun baru belakangan ini namanya mulai disebut beberapa media. Namun di ‘Negeri Matador’, setidaknya di Zaragoza, utara Spanyol, rupanya Mejia sudah menjadi ‘buah bibir’.

Sepekan terakhir, sejumlah media raksasa di Inggris dan Spanyol mulai banyak memberitakan soal Mejia, karena United disebut-sebut tengah berburu tanda tangannya. The Sun melaporkan bahwa The Red Devils bakal segera mendapatkan Mejia sebagai pemain kedua yang direkrut pada musim panas 2019 ini, setelah sebelumnya berhasil mengamankan winger Swansea City asal Wales, Daniel James. Bahkan, laporan tersebut mengklaim pula bahwa United sudah mengikhlaskan dana tunai sebesar 600 ribu paun, atau sekitar Rp 10,8 miliar untuk memuluskan jalan Mejia ke Old Trafford.

Mejia memang tak akan langsung masuk ke dalam tim utama United musim depan, melainkan akan ditempa dulu di tim akademi sesuai dengan permintaan langsung dari manajer Ole Gunnar Solskjaer. Pelatih asal Norwegia yang juga merupakan salah seorang legenda hidup tim Setan Merah itu sendiri memang sudah berjanji akan memprioritaskan regenerasi bintang di old Trafford melalui program perekruttan pemain-pemain. Mejia menjadi salah satu nama yang didatangkan demi misi regenerasi tersebut; selain James yang juga masih 21 tahun dan beberapa pemain muda lain yang masih diburu.

Lalu, siapakah Mejia sebenarnya, sehingga mampu menarik perhatian United? Dia memang hanya seorang remaja belasan tahun yang bermain untuk tim junior Real Zaragoza, salah satu klub yang juga cuma bermain di level kedua kompetisi sepakbola Spanyol, Segunda Division.

Namun jangan salah, belakangan ini bakat sepakbola yang dimilikinya ternyata telah menghipnotis sejumlah klub raksasa Eropa. Bukan hanya United yang kepincut, tetapi juga pesaing The Red Devils di Premier League, Arsenal, serta dua klub besar La Liga Spanyol, Real Madrid dan Valencia, menurut Daily Star.

Dengan gaya bermain sebagai seorang winger modern yang mampu mencetak gol, Mejia sebenarnya diharapkan akan jadi penggawa penting dalam skuat Los Manos, julukan Zaragoza di masa depan. Bakatnya memang luar biasa, sehingga menjadi tokoh sentral dalam tim Cadete Real Zaragoza yang dilatih Raul Martinez.

Menurut koran lokal El Periodico de Aragon, Mejia adalah salah satu pemain paling mencolok dalam Torneo Cesaraugusta XXXIII 2019. Perannya sangat krusial mengantarkan tim menjuarai turnamen tersebut, termasuk mencetak total tiga gol. Selain itu, dia juga membukukan 53 gol dalam 29 pertandingan liga yang dijalaninya sejauh ini, seperti dikutip dari Heraldo de Aragon.

Catatan apik pada beberapa turnamen kelompok usia itulah yang membuat pemandu bakat United merekomendasikan namanya pada Solskjaer, hingga pelatih berusia 46 tahun tersebut meminta klub bergerak untuk membawanya ke Old Trafford. Meski sang pemain harus membuktikan terlebih dulu potensinya bersama tim akademi The Red Devils, namun dia dinilai tidak akan membutuhkan waktu yang lama untuk menembus skuat utama. Apalagi dengan kondisi tim senior sekarang ini yang masih menyisakan posisi untuk pemain sayap kanan, seperti peran yang biasa dimainkan Mejia selama ini.

Sayangnya, belakangan ini muncul pula rumor konflik dalam proses kepindahan Mejia ke Theater of Dreams. Baru-baru ini pihak Zaragoza tiba-tiba malah membantah kabar tersebut, dan mengklaim bahwa sang anak muda masih bagian dari mereka. Melalui situs resmi klub, tim yang bermarkas di Aragon tersebut mengeluarkan pernyataan bahwa tak ada kesepakatan apa pun dengan United yang terkait Mejia.

“Merespons beberapa informasi di Inggris tentang pemain Real Zaragoza, Mateo Mejia, dan ketertarikan dari United untuk merekrutnya, kami ingin mengklarifikasi beberapa hal berikut.”

“Mateo Mejia merupakan pemain yang termasuk dalam anggota klub Real Zaragoza pada kategori Cadete (akademi). Dia memiliki ikatan bersama klub dengan kartu federasi hingga 30 Juni 2020. Real Zaragoza masih belum mencapai kesepakatan untuk transfer pemain ini dengan United,” sanggah klub tersebut seperti dilansir Daily Star.

Meski begitu, media tersebut juga melaporkan bahwa Mejia sendiri pun sudah mengucapkan selamat tinggal pada rekan-rekan satu timnya setelah menjelaskan kepindahannya ke Old Trafford. Mereka menyebut, United hanya menghabiskan 150 ribu euro, atau sekitar 135 ribu paun saja untuk mendapatkannya. Kita tunggu saja pernyataan resmi dari United!

Comments

Loading...