OUR NETWORK

Dean Henderson, Kiper Muda United yang Menarik Perhatian Klub Papan Atas

Dean Henderson memang hanyalah kiper muda yang masih berusia 20 tahun, saat ini. Namun, dia punya peluang besar untuk menjadi bintang baru di bawah mistar gawang klub-klub raksasa Eropa pada masa mendatang. Buktinya, kini sejumlah klub papan atas pun sudah mulai melirik bakatnya, meskipun masih dalam masa peminjaman di klub kontestan League One, level ketiga Liga Inggris, Shrewsbury Town sejak awal musim 2017/2018 ini. Alhasil, Manchester United pun terpaksa harus berupaya keras untuk mempertahankannya, mengingat kontraknya kadaluarsa pada awal Juni 2018.

Kabar terbaru, The Sun melaporkan bahwa salah satu klub Premier League Inggris, Arsenal, memang terus memantau perkembangan Henderson hingga saat ini. Media Inggris tersebut mengklaim klub asal London berjuluk The Gunners itu berminat untuk merekrutnya.

Tidak hanya Arsenal saja, juara bertahan Liga Portugal Benfica pun disebut-sebut juga berniat untuk memboyongnya ke Estadio da Luz, Lisbon, markas mereka. Selain itu, sejumlah klub Championship League, level kedua kompetisi Liga Inggris juga dilaporkan telah mengantri untuk bersaing mendapatkan tanda tangan Henderson.

Laporan The Sun itu memang bukan tanpa alasan yang kuat. Salah satu faktanya, Henderson tengah tampil impresif bersama Shrewsbury, meskipun hanya tampil di kompetisi level tiga. Dalam 10 laga yang telah dijalaninya di liga domestik musim ini hingga pekan ke-12, kiper kelahiran Whitehaven, Inggris, 12 Maret 1997 ini berhasil mencatatkan lima clean sheets alias tak kebobolan.

Dalam 10 penampilan tersebut, Henderson selalu turun sebagai starter dan bermain penuh. Bahkan, dia pun juga turut membantu timnya yang berjuluk The Shrews tersebut tidak terkalahkan hingga saat ini.

Hasilnya, Shrewsbury berhasil memuncaki klasemen sementara League One, demi mencapai target promosi ke Championship musim depan. Dean Henderson sendiri baru kebobolan enam gol dalam 10 laga tersebut.

Satu-satunya kekalahan yang dialaminya pada musim ini terjadi dalam pertandingan babak pertama Piala Liga Inggris, saat bertandang ke markas klub Championship Nottingham Forest, 8 Agustus 2017 lalu. Henderson terpaksa harus dua kali memungut bola dari gawangnya, hingga laga berakhir dengan skor 2-1 untuk kemenangan tim tuan rumah, dan langkah Shrewsbury pun terhenti.

Dean Henderson sendiri sejauh ini belum pernah mencatatkan debut bersama tim senior The Red Devils sejak promosi dari tim akademi pada musim 2015/2016. Dikutip dari laman profilnya di Wikipedia, sebelumnya dia telah bergabung dengan akademi United sejak berusia 14 tahun pada 2011, setelah enam tahun menimba ilmu bersama klub Carlisle United yang kini berlaga di League Two, level keempat Liga Inggris. Henderson mendapatkan panggilan pertama ke skuat senior ketika United menghadapi Shrewsbury di Piala FA, 22 Februari 2016. Namun dia hanya duduk di bangku cadangan.

Sebelumnya, Henderson sempat menjalani peminjaman di Stockport County, klub National League North, level keenam Liga Inggris selama satu bulan sejak 12 Januari 2016, saat belum genap berusia 19 tahun. Kemudian, dia melanjutkan masa peminjaman itu pada Maret 2016, hingga mencatatkan sembilan penampilan.

Pada musim berikutnya, 2016/2017, Henderson kembali ‘disekolahkan’, kali ini ke Grimsby Town di League Two. Sempat pula dipanggil pulang ke Old Trafford, ketika United mengalami krisis kiper, sehingga dia kembali duduk di bench pada laga Piala FA, 19 Februari 2017.

Bersama Grimsby, Henderson pun hanya membukukan tujuh penampilan. Selain itu, karirnya lebih banyak dihabiskan untuk membela tim U-23 United di Premier League 2 atau tim U-19 di UEFA Youth League sejak musim 2013/2014.

Namun, Dean Henderson mulai banyak mendapat perhatian, ketika ikut menjadi bagian dalam tim nasional Inggris yang berhasil menjuarai Piala Dunia U-20 2017 di Korea Selatan pada Juni 2017 lalu. Meskipun hanya sebagai kiper kedua, namun dia sempat mencatatkan satu penampilan dalam laga penyisihan grup saat menghadapi Guinea pada pertandingan kedua.

Kini, Henderson berharap bisa bermain reguler di kompetisi yang lebih tinggi. Ketertarikan Arsenal dan Benfica akan menjadi pilihan sangat menarik baginya. The Sun sendiri mengklaim, Henderson akan rela meninggalkan Old Trafford jika tak ada jaminan kesempatan tampil lebih banyak dari Jose Mourinho dan manajemen klub.

Namun, Arsenal tetap harus membayar biaya kompensasi meski dia pindah dengan status free transfer, karena usianya di bawah 23 tahun. Sedang Benfica bisa terlepas dari kewajiban itu, karena berstatus klub asing. Henderson sudah bisa melakukan negosiasi dengan klub baru, jika hingga Januari 2018 kontraknya bersama tim Setan Merah belum juga diperbaharui.

Comments

Loading...