OUR NETWORK

Christian Pulisic, Winger Muda Dortmund yang Mengesankan

Meski Jose Mourinho belum banyak melakukan pergerakan di bursa transfer musim dingin ini, tapi dia agaknya membutuhkan tenaga segar di pos sayap. Sejumlah nama pun muncul dan salah satunya Christian Pulisic.

Dailymail mengabarkan bahwa MU sudah memantau winger Borussia Dortmund tersebut sejak Desember silam. Performa mengesankannya pada musim 2016/2017 lalu, dan berlanjut hingga musim ini, disebut-sebut telah menarik perhatian United, sehingga Pulisic pun diyakini masuk dalam target transfer.

Meski masih berusia 19 tahun, pemain timnas Amerika Serikat itu sudah jadi andalan pelatih Peter Stoger dan terus bersinar bersama Dortmund. Apalagi, Pulisic juga mampu bermain di kedua sayap, baik kiri maupun kanan; dan bahkan pernah pula diturunkan sebagai bek kanan, gelandang kanan, hingga penyerang.

Sejauh ini dia sudah membukukan 23 penampilan di semua kompetisi, dengan koleksi empat gol dan satu assist. Sedangkan musim lalu dia bermain dalam 43 pertandingan di semua ajang, dengan berperan dalam terciptanya 18 gol Dortmund berupa lima gol dan 13 assist.

Christian Pulisic sendiri datang ke Dortmund yang menjadi awal kariernya di Eropa pada Februari 2015 silam, saat masih berusia 16 tahun. Dia bergabung dengan tim akademi, hingga mendapat promosi ke tim senior pada Januari 2016 di paruh kedua musim 2015/2016. Pemain kelahiran Pennsylvania, Amerika Serikat, 18 September 1998 itu pun kemudian melakukan debut dalam pertandingan Budesliga pada 30 Januari 2016, di mana Dortmund berhasil menaklukkan tim tamu FC Ingolstadt 04 dengan skor 2-0. Hingga akhir musim, dia mencatatkan 12 penampilan termasuk di Europa League, dengan dua gol.

Tidak heran jika performa gemilangnya dengan klub berjuluk Die Borussen itu berhasil mengooda Mourinho hingga berhasrat memboyongnya ke Old Trafford. Bahkan tidak hanya United, klub-klub besar Eropa lainnya, termasuk tim raksasa Bundesliga lainnya, Bayern Muenchen, pun juga disebut-sebut tertarik pada pemain yang baru saja dinobatkan sebagai Atlet Pria Terbaik Amerika Serikat 2017 itu; setelah tahun 2016 juga menerima penghargaan Atlet Muda Pria Terbaik di negaranya tersebut. Namun, tim Setan Merah sepertinya punya peluang yang lebih besar untuk mendapatkan Christian Pulisic.

Sosok gelandang serang Henrikh Mkhitaryan bisa saja memuluskan langkah United untuk meminang Pulisic pada bursa transfer musim dingin ini. Pemain ini sendiri diketahui memang sudah tak kerasan lagi di Old Trafford, karena mulai terpinggirkan sejak awal musim.

Konsistensi Mkhitaryan memang mulai menurun, setelah dia tampil ciamik pada musim debutnya bersama The Red Devils di Premier League musim lalu. Makanya, belakangan pemain yang akrab disapa Micki itu pun digadang-gadang akan segera hengkang. United bisa saja memanfaatkannya untuk mempermudah menggaet Pulisic.

Namun, Mkhitaryan juga sedang dikaitkan dengan klub besar Serie A Italia, Inter Milan, seperti yang dilaporkan oleh Sky Sport Italia pada akhir Desember 2017. Pemain berusia 28 tahun itu diklaim jadi target buruan pelatih Luciano Spalletti pada bursa transfer musim dingin ini, dan Inter pun disebut akan segera mengajukan tawaran resmi kepada United.

Surat kabar The Sun turut pula mengabarkan bahwa Mourinho sepertinya juga tertarik untuk melepas Mkhitaryan ke Inter, karena berharap bisa memasukan nama gelandang Portugal Joao Mario yang diminatinya dalam paket transfer tersebut.

Sementara itu, pihak Dortmund juga sempat mengomentari soal peluang kembalinya Mkhitaryan ke Signal Iduna Park, markas klub tersebut. Namun CEO Dortmund Hans-Joachim Watzke malah merasa  pesimistis dengan kemungkinan tersebut. Menurutnya, masalah finansial antara kedua klub akan menjadi penghalang kembalinya pemain internasional Armenia yang dipinang United dengan mahar 27 juta paun 18 bulan lalu itu.

“Saya paling tahu detil ekonomi transfernya ke United. Itu sebabnya [kembalinya dia] hanya bisa dibayangkan dengan banyak imajinasi,” ungkap Watzke pula kepada Bild am Sonntag. Namun ketika itu, rumor soal ketertarikan United pada Christian Pulisic masih belum terdengar.

Comments

Loading...