OUR NETWORK

Brighton vs United: Memburu Kemenangan Pembuka

Laga lanjutan Premier League pekan ketiga antara Manchester United dan Brighton and Hove Albion akan dimainkan pada Sabtu (26/9/2020) di Amex Stadium. Laga ini akan menjadi pertandingan pembuka untuk pekan ketiga. Sama seperti status laga ini, United ingin meraih kemenangan pembuka dari perjalanan mereka di Premier League musim ini.

Pertandingan pertama Setan Merah di Premier League berakhir dengan buruk. Kekalahan 1-3 dari Crystal Palace tidak mencerminkan kualitas mereka yang pada musim lalu mengakhiri liga dengan status tidak terkalahkan. Permainan miskin kreativitas benar-benar terlihat jelas. Antar lini tidak bisa terhubung dengan baik.

Ole Gunnar Solskjaer beralasan kalau kekalahan itu akibat dari kurangnya persiapan. Jeda yang mereka dapat tidak cukup untuk memulihkan diri. Bahkan mereka tidak bisa mendapat lawan untuk melakoni sesi pra-musim sehingga kekalahan itu bisa terjadi. Ole bahkan menyebut kalau ia butuh tiga sampai lima laga lagi sebagai “persiapan” mereka termasuk laga melawan Brighton nanti.

Namun, hasil minor dalam pra-musim jelas berbeda nilainya dibandingkan dengan ketika bermain pada kompetisi sesungguhnya. Kalah lagi pada laga ini akan membuat situasi Ole semakin tersudut dan membuat posisi mereka akan semakin merosot meski liga baru memasuki tiga pertandingan awal (dua bagi United).

Situasi United saat ini memang masih jauh dari kondusif. Di atas lapangan, permainan mereka belum meyakinkan. Di luar lapangan, mereka masih kesulitan untuk mencari pemain baru dan menjual pemain lama. Belum lagi penggemar United yang pekan lalu mendapat tuduhan dari pihak klub karena dianggap menyebar aura negatif.

Beruntung mereka bisa menang ketika melawan Luton sehingga moral mereka naik jelang pertandingan ini. Kepercayaan diri mereka sedikit terangkat. Tinggal bagaimana nanti memaksimalkannya di atas lapangan karena kualitas mereka jelas masih jauh lebih baik dibandingkan tuan rumah.

“Kami memang menjalani pertandingan seminggu lebih lama dibanding timlain. Ini menjadi minggu yang bagus karena beberapa pemain telah berlatih dengan baik dan suasana tempat latihan juga sangat bagus. Kami juga bermain baik melawan Luton. Kami perlu bermain lebih baik lagi karena posisi kami lebih rendah dibanding tim lain dan penampilan minggu lalu mengecewakan. Tidak ada energi dan kami harus lebih kreatif,” kata Ole.

Laga melawan Brighton bisa menjadi momentum untuk bangkit dan berkata kalau musim mereka baru dimulai sekarang. Para pemain terbaik tampaknya akan bermain sejak awal. Donny van de Beek terus menunjukkan kalau mereka sudah nyetel dengan para pemain lain. Satu gol ke gawang Luton seharusnya membuat Marcus Rashford dan Mason Greenwood bisa jauh lebih pede lagi ketimbang saat bermain melawan Palace.

Perubahan mungkin terjadi di bek tengah. Eric Bailly mungkin akan dicoba untuk menemani Harry Maguire sekaligus memberikan “hukuman” bagi penampilan Victor Lindelof yang dianggap menjadi biang keladi kekalahan Setan Merah pekan lalu.

Misi United tentu tidak akan mudah. Brighton juga tidak mau kembali menjadi pecundang layaknya musim lalu saat mereka takluk 0-3. The Seagulls tentu ingin memanfaatkan momentum kemenangan 3-0 atas Newcastle United pekan lalu. Kebugaran mereka sudah jauh lebih baik karena sudah bermain empat kali sedangkan United baru dua.

“Mereka masih tim yang kuat tapi persiapan musim panas mereka untuk musim baru terganggu dan kami mungkin melihatnya sebagai keuntungan ketika mereka melawan Crystal Palace Sabtu lalu,” kata Graham Potter.

Mematikan kreativitas dengan bermain menunggu mungkin menjadi pilihan Brighton. Saat Bruno Fernandes di luar performa terbaiknya, United bisa terlihat seperti sekumpulan pemain yang sedang bingung. Ketika ini terjadi, maka mereka tidak bisa berbuat banyak. Momen ini yang diharapkan oleh Brighton akan muncul pada pertandingan nanti agar bisa menghukum United melalui counter attack memanfaatkan kecepatan pemain seperti Neil Maupay dan Tariq Lamptey yang penampilannya cukup menonjol pada awal musim ini.

Perkiraan Susunan Pemain

BRIGHTON And HOVE ALBION: Matt Ryan, Ben White, Lewis Dunk, Adam Webster, Tariq Lamptey, Davy Propper, Steven Alzate, Solly March, Neil Maupay, Leandro Trossard, Aaron Connolly

MANCHESTER UNITED: David de Gea, Aaron Wan-Bissaka, Harry Maguire, Eric Bailly, Luke Shaw, Nemanja Matic, Donny van de Beek, Bruno Fernandes, Mason Greenwood, Anthony Martial, Marcus Rashford

Comments

Loading...