OUR NETWORK

Fred Datang, Herrera Tak Perlu Risau

Perekrutan Fred membuat pemain Manchester United di sektor gelandang bertambah. Gelandang Brasil tersebut menghadirkan ancaman bahkan buat pemain seperti Paul Pogba dan Juan Mata. Fred bisa saja mengubah komposisi pemain di lini tengah pada musim depan. Namun, hal serupa mestinya tak perlu menjadi kekhawatiran besar buat Ander Herrera.

Di saat akun media sosial Manchester United sibuk mengumumkan perekrutan Fred, Herrera justru memosting foto dirinya tengah menaiki jetski. Dalam keterangan fotonya, Herrera menulis kalau ia tengah di Dubai, Uni Emirate Arab. Ia menulis, “Life is better by the sea”.

Sejumlah penggemar Manchester United sebenarnya memiliki respons beragam atas kehadiran Fred. Mereka bertanya-tanya soal nasib Scott McTominay yang tampil impresif musim lalu. Pasalnya, kemampuan Fred belum jelas teruji. Apakah Fred bisa lebih baik dari gelandang The Red Devils yang sudah ada, atau memang nilai 47 juta paun sesuai dengan kemampuannya.

Sebelum kehadiran Fred, ada rumor kalau musim 2017/2018 akan menjadi musim terakhir Herrera bersama Manchester United. Kesebelasan yang membesarkan namanya, Athletic Bilbao, dikabarkan tertarik untuk membawa pulang sang gelandang. Malah, Athletic siap kalau mereka harus mengeluarkan banyak uang dan menjadikan Herrera sebagai rekrutan atau pemain dengan bayaran termahal mereka.

Rumor itu pun seperti diiyakan dengan hadirnya Fred. Masalahnya, gaya bermain Herrera dengan Fred bisa dibilang mirip. Pasalnya, bersama Jose Mourinho, Herrera berperan sebagai gelandang box-to-box. Padahal, nama Herrera sempat berkibar saat ia berperan sebagai gelandang serang.

Siap Bertarung di Manchester United

Salah satu godaan yang diberikan Athletic adalah cuaca Bilbao yang lebih hangat dan bersahabat ketimbang di Spanyol. Akan tetapi, Herrera agaknya tak ingin buru-buru pindah. Pada akhir musim lalu, pemain berusia 28 tahun ini menegaskan kalau dirinya tak punya rencana untuk pergi ke manapun. Ini yang membuat kehadiran Fred tampaknya tak akan memengaruhi keputusan tersebut.

Musim lalu, nama Herrera hanya tercantum sebanyak 13 kali dalam susunan 11 pemain utama di liga. Banyak yang memprediksi kalau kehadiran Fred akan membuat jumlah menit bermain Herrera terpangkas signifikan. Apalagi, Fred juga tampaknya akan dijadikan bagian dari trio lini tengah yang diisi Nemanja Matic dan Paul Pogba.

Baca juga: Analisis Posisi Fred di Manchester United

Apa yang membedakan Herrera dengan pemain lain yang memutuskan untuk pindah saat ada saingan? Jawabannya adalah Herrera tak pernah takut untuk bertarung memerebutkan tempat tersebut.

“Aku tahu beberapa rekan sejawatku, dan sejumlah pesepakbola, berada pada kondisi di atas dan di bawah. Apabila aku bermain bagus, aku tak begitu bahagia, dan ketika aku bermain buruk aku tak begitu sedih,” tutur Herrera.

Herrera merasa kalau usia dan pengalamannya membuat emosinya stabil. Ia berusaha membuat emosinya tetap terjaga.

“Kalau Anda bekerja keras dan menghormati orang yang bermain saat itu, dan memberikan semua yang Anda punya, apakah itu hanya lima menit, atau 30 menit, cepat atau lambat, sepakbola itu adil. Aku amat memercayai itu,” kata Herrera.

Herrera Selalu Siap

Pada awal musim lalu, Herrera lebih banyak duduk di bangku cadangan. Akan tetapi ia tak pernah berhenti bersorak saat rekan setimnya mencetak gol, atau saat tim berhasil menang. Di Premier League, Herrera baru bermain selama 90 menit pada 14 Oktober 2017 kala MU melawan Liverpool!

Setelah pertandingan melawan Liverpool tersebut, menit bermain Herrera kian bertambah. Ia semakin sering mendapatkan menit bermain, pun di pertandingan besar. Mourinho agaknya lebih memilih pemain yang menurut pada instruksinya; dan Herrera adalah pemain yang tepat.

Di pos lini tengah, rival terbesar Herrera adalah Nemanja Matic. Pasalnya, Mou selalu menurunkan Matic kecuali sang pemain mengalami cedera. Di sisi lain, meskipun nilai transfernya paling besar di antara skuat MU, tapi Mou tak khawatir mencadangkan Paul Pogba. Hal senada juga tampaknya bisa terjadi pada Fred. Kalau ternyata Fred bermain di bawah ekspektasi, bukan tidak mungkin justru Herrera-lah yang menjadi pilihan utama.

Apalagi, Pogba dan Fred juga tengah sibuk Piala Dunia. Ini bisa menjadi kesempatan sempurna bagi Herrera untuk menunjukkan kalau tenaganya masih amat dibutuhkan.

Comments