OUR NETWORK

Diogo Dalot: Saya Masih Belajar

“Gary Neville seharusnya berpikir kalau sekarang Manchester United punya bek kanan terbaik untuk 10 tahun kedepan,” kata Jose Mourinho selepas pertandingan melawan Arsenal. Ucapan tersebut ia keluarkan untuk memuji Diogo Dalot yang tampil 90 menit pada pertandingan yang berakhir imbang 2-2 tersebut.

Semalam, bek kanan asal Portugal tersebut melakoni debut kandangnya di kompetisi Premier League. Penampilannya memang belum begitu maksimal. Beberapa kali posisi Dalot menjadi titik lemah dan dimanfaatkan Arsenal untuk mencari peluang. Meski demikian, Dalot beberapa kali mampu membaca serangan lawan dengan baik.

Selain itu, Dalot menjadi bek sayap yang paling aktif untuk membantu serangan klubnya. Ia lebih sering melepaskan umpan silang ketimbang Matteo Darmian dengan empat kali. Meski umpan silangnya tidak ada yang berbahaya, namun secara keseluruhan Dalot menunjukkan adanya peningkatan yang positif setelah apa yang ia tampilkan di Liga Champions dan Piala Liga.

“Saya akan lebih senang jika kami memenangi pertandingan, tetapi saya sangat senang telah memainkan 90 menit pertama saya di Premier League dan saya menantikan lebih banyak lagi (kesempatan main),” kata Dalot menyikapi 90 menit pertamanya di liga.

Namun tidak sedikit yang mencibir permainan Dalot kemarin malam. Banyak yang menyebut kalau dia masih begitu kaku dan beberapa kali melakukan penempatan posisi yang salah. Walau begitu, pemain FC Porto ini tetap yakin kalau kedepannya ia bisa beradaptasi dengan baik di kompetisi Premier League.

“Bagi saya itu adalah pencapaian besar untuk bermain melawan Arsenal. Saya masih perlu beradaptasi lagi, saya masih perlu menyesuaikan diri dengan permainan tim, menyesuaikan diri dengan pelatih dan liga yang saya mainkan, tetapi saya yakin kalau permainan saya bisa beradaptasi disini dan bertahan lebih lama lagi.”

“Ini adalah liga terbaik di dunia. Intensitas permainan dan kecepatannya berbeda dibanding liga lain. Ini adalah pertandingan sepakbola terbaik dan saya harus menikmati permainan seperti ini.”

Dalot sendiri memilih untuk tidak terlalu berambisi untuk mencari tempat utama pada musim ini. Ia memilih untuk bersabar dan menyerahkan semuanya kepada pelatih. Akan tetapi, bukan tidak mungkin posisi bek kanan akan dikuasainya pada musim ini mengingat apa yang sudah ia tampilkan dalam empat pertandingan bersama United. Terlebih lagi para penggemar United sudah tidak betah melihat pos bek kanan diisi oleh pria tua asal Ekuador yang cuma bisa bergerak lurus tapi jarang memberi umpan silang.

“Saya merasa siap untuk berlari di sisi sayap dan selama pelatih membutuhkan saya maka saya akan selalu siap untuknya. Saya juga mengharapkan bantuan dari rekan setim saya, pelatih, dan para penggemar, karena saya yakin kalau saya bisa meningkat di United. Saya juga percaya diri rekan setim saya membantu saya menjadi lebih baik lagi.”

“Jose Mourinho membawa semua pengalaman dan pengetahuannya tentang permainan kepada seluruh pemain, bukan kepada saya seorang. Dia adalah salah satu pelatih terbaik yang pernah ada dan bagi saya itu adalah mimpi untuk bisa bermain di sampingnya dan belajar banyak dari Mourinho.”

Terkait kritikan yang ia dapat, Dalot meminta para penggemarnya untuk bisa memaklumi. Ia belum genap setahun bermain di Inggris dan menjalani kehidupan yang berbeda dibanding sebelumnya di Portugal. Namun Dalot seolah memberikan jaminan kalau dia akan cepat belajar sehingga kritikan itu hilang dengan sendirinya.

“Saya masih belajar, jadi akan banyak hal-hal yang tidak sempurna. Selama beberapa tahun terakhir saya sudah belajar bahasa Inggris karena saya harus datang dan menetap di sini,” ujarnya.

Sejak pensiunnya Gary Neville pada 2011, Setan Merah memang cukup kesulitan mencari bek kanan sebagus Gary Neville. Beberapa nama seperti John O’Shea dan Wes Brown kerap dicoba namun keduanya memilih untuk pindah dari United.

Satu nama yang kualitasnya mendekati Gary Neville mungkin adalah Rafael da Silva. Akan tetapi, bek sayap asal Brasil ini kerap bermasalah dengan kebugaran selama memperkuat United. Hengkangnya Rafael kemudian membuat United memilih menjadikan Ashley Young dan Antonio Valencia sebagai bek kanan sebelum akhirnya membeli Dalot musim panas lalu.

Comments