OUR NETWORK

Para Pencetak Gol Tercepat Manchester United dalam Debutnya di Premier League

Hanya butuh tujuh menit bagi Daniel James mencatatkan namanya pada papan skor. Golnya ke gawang Chelsea pada akhir pekan lalu membawa namanya bersanding dengan sang manajer sebagai debutan yang mencetak gol cepat bagi United di era Premier League. Torehan ini menjadi awal yang bagus mengingat James diharapkan bisa menjadi bintang baru Setan Merah di lini depan.

Selain James, ada beberapa nama yang juga pernah mencetak gol tercepat dalam debutnya bersama Manchester United di kompetisi Premier League. Berikut adalah beberapa nama tersebut yang kami lansir dari situs resmi klub.

Ole Gunnar Solskjaer vs Blackburn Rovers, Agustus 1996 – 7 menit

Nama Solskjaer sebenarnya hanya menjadi rekrutan alternatif Sir Alex Ferguson setelah kegagalan mereka mendapatkan Alan Shearer. Namun keputusan United mendatangkan Solskjaer saat itu ternyata berbuah manis. Sepanjang kariernya, pria Norwegia ini kerap mencetak gol penting yang membantu United meraih hasil yang baik.

Akun golnya langsung terbuka pada pertandingan pertama. Masuk menggantikan David May pada menit ke-62, Solskjaer langsung mencetak gol tujuh menit berselang. Bola panjang yang dilepaskan oleh Peter Schmeichel disambut dengan baik oleh kepala Jordi Cruyff yang meneruskan bola kepada Solskjaer yang dikepung tiga pemain Blackburn. Sepakan pertamanya ditepis oleh Tim Flowers, namun bola reboud berhasil dimanfaatkan dengan baik. Inilah gol pertama dari 126 gol yang dibuat The baby faced assassin bersama Setan Merah.

https://www.youtube.com/watch?v=y3eVIJ9dAN8

Nick Powell vs Wigan Athletic, September 2012 – 11 menit

“Mick (Phelan), dia pemain bagus,” tutur Fergie ketika melihat secara langsung sosok Nick Powell bersama Crewe Alexandra. Ia kemudian langsung menelepon Dario Gradi, manajer Crewe, untuk membawa si pemain. Pada musim panas 2012, ia akhirnya resmi bergabung bersama Setan Merah.

Saat United sudah unggul 3-0 melawan Wigan, Fergie memainkan Powell menggantikan Ryan Giggs yang usianya 20 tahun lebih tua darinya pada menit ke-71. 11 menit kemudian, ia langsung mencetak gol pertamanya. Berawal dari aksi Danny Welbeck yang dijatuhkan di luar kotak penalti, salah satu pemain Wigan justru memberikan bola kepada Hernandez. Pemain Meksiko ini memberikan bola kepada Powell yang diteruskan dengan sepakan kencang ke sisi kanan penjaga gawang Ali Al-Habsi.

Josh Harrop vs Crystal Palace, Mei 2017 – 15 menit

Memprioritaskan final Liga Europa membuat Jose Mourinho menurunkan starting eleven termuda dalam sejarah United di Premier League yaitu 22 tahun 284 hari ketika bertemu Crystal Palace pada pekan terakhir Premier League.

Baru 15 menit pertandingan berlangsung, Paul Pogba memberikan bola kepada Josh Harrop yang dimainkan di sisi kiri penyerangan United. Mendapat kepungan dari beberapa pemain Palace, pemain berusia 21 tahun ini melakukan cut inside dan menendang keras bola dengan kaki kanannya yang tidak bisa dibendung oleh Wayne Hennessey. Pertandingan ini menjadi yang pertama dan terakhir bagi Harrop bersama United. Pada musim panas 2017, ia memilih hijrah ke Preston North End. Meski singkat, namun nama Harrop tercatat dalam buku sejarah Premier League sebagai pemain yang hanya tampil satu kali dan mencetak gol di liga. Namanya bersanding dengan Aidan Newhouse, Gary Bul, dan Chris David.

Louis Saha vs Southampton, Januari 2004 – 18 menit

Krisis penyerang membuat Sir Alex Ferguson harus mencari tambahan pemain baru untuk lini depannya. Pada tengah musim kompetis 2003/2004, United merekrut Louis Saha yang saat itu sudah mencetak 15 gol bersama Fulham.

Satu pekan setelah direkrut, ia langsung dimainkan sejak awal oleh Sir Alex Ferguson. Tidak butuh waktu lama bagi Saha untuk membuka rekening golnya. Mendapatkan tendangan bebas di dekat kotak penalti Southampton, pemain asal Prancis ini langsung menjadi eksekutor dan membuat penjaga gawang Antti Niemi terkecoh karena bola sempat berbelok arah setelah membentur badan salah satu pemain Soton.

Anthony Martial vs Liverpool, September 2015 – 21 menit

Belum ada pemain United yang bisa mencetak gol debut ketika melawan Liverpool sejak 1936. Namun catatan itu dipecahkan oleh seorang bocah asal Prancis, Anthony Martial. Dibeli pada deadline day musim 2015 dengan banderol selangit, Martial langsung membuktikan kualitasnya sebagai pemain muda penuh talenta.

Masuk menggantikan Juan Mata pada menit ke-65, Martial menerima bola dari Ashley Young di sisi kiri penyerangan United. Tidak memiliki opsi untuk mengumpan, Martial memilih untuk melakukan akselerasi dan sukses melewati Martin Skrtel. Ia kemudian melepaskan sepakan cantik ke sudut kiri gawang Simon Mignolet dan berlari untuk merayakan gol bersama para pendukung yang hadir di Stretford End.

***

Pemain Lain yang Mencetak Gol Dalam Debut Bersama Man United*

Nama Lawan Skor Akhir Menit Setelah Bermain
Danny Welbeck vs Stoke City 6-0 21 menit
Federico Macheda vs Aston Villa 3-2 29 menit
Marcus Rashford vs Arsenal 3-2 29 menit
James Wilson vs Hull City 3-1 31 menit
Romelu Lukaku vs West Ham United 4-0 33 menit
Ruud van Nistelrooy vs Fulham 3-2 51 menit
Zlatan Ibrahimovic vs Bournemouth 3-1 64 menit

*Hanya di kompetisi Premier League

Comments

Loading...