OUR NETWORK

Kemenangan Tandang Terbaik Manchester United

Dari 300 kemenangan yang sudah mereka raih, tercatat ada beberapa pertandingan yang sangat berkesan bagi klub ini.

Tiga gol yang masing-masing dicetak oleh Anthony Elanga, Mason Greenwood, dan Marcus Rashford tidak hanya membawa United menang dengan skor 3-1 ketika melawan Brentford. Namun, kemenangan ini juga membawa United menjadi tim pertama sepanjang sejarah Premier League yang bisa meraih 300 kemenangan pada laga tandang.

24 Agustus 1992 menjadi tonggak sejarah ini bermula. Ketika itu, United menang tipis 1-0 di markas Southampton berkat gol dari Dion Dublin. Selain laga ini, ada banyak laga lain yang begitu berkesan dalam perjalanan United meraih kemenangan ke-300 ini.

Newcastle 0 -1 United (Maret 1996)

Yang paling spesial dari pertandingan ini bukanlah skornya melainkan proses United untuk bisa menjadikan laga ini sebagai momentum kebangkitan mereka. Tidak ada yang menduga United bisa membalikkan situasi setelah sebelumnya tertinggal 12 poin hingga bulan Januari dari The Magpies yang ada di puncak. Eric Cantona kemudian datang dengan tendangan voli untuk membuat United sukses memperkecil jarak dan terus membuat Newcastle merelakan singgasana mereka beberapa pekan berselang.

Spurs 3-5 United (September 2001)

Dean Richards, Les Ferdinand, dan Christian Ziege membuat start impian bagi Spurs setelah unggul 3-0 atas United pada babak pertama. Bayang-bayang kekalahan yang sebelumnya menyelimuti kubu United tiba-tiba hilang sedikit demi sedikit seiring gol demi gol yang mereka cetak. Diawali dari Andy Cole, lalu berturut-turut datang gol dari Laurent Blanc, Ruud van Nistelrooy, Juan Sebastian Veron, dan David Beckham membuat pertandingan ini menjadi salah satu pertandingan terbaik dalam sejarah Setan Merah.

Arsenal 2-4 United (Februari 2005)

United yang sedang dalam masa transisi bertandang ke Highbury untuk bertemu juara bertahan Arsenal. Laga sudah panas sejak awal ketika Roy Keane dan Patrick Vieira berseteru sebelum laga dimulai dengan Keane yang mengucapkan “I’ll see you out there!” atau yang berarti sampai jumpa di sana (atas lapangan).

Energi dari kapten United tersebut sepertinya menular kepada 11 pemain yang ada di lapangan. Dua kali tertinggal oleh Vieira dan Bergkamp, dua kali pula United mengejar melalui Ryan Giggs dan Cristiano Ronaldo. Ronaldo pula yang membuat United melakukan comeback sebelum pertandingan berakhir dengan skor 4-2 setelah John O’Shea mengecoh Almunia. Kemenangan ini kemudian menjadi kemenangan terakhir United di Highbury setelah si pemilik stadion memutuskan pindah ke Emirates dua tahun kemudian.

City 0-1 United (Mei 2007)

Yang menjadikan laga ini berkesan bukan karena statusnya yang merupakan laga derby melainkan momen sempurna yang hadir setelah peluit panjang dibunyikan. Butuh kemenangan untuk memastikan diri menjadi juara mengingat Chelsea sudah menunggu pekan berikutnya, United tampil kesulitan menghadapi rival sekotanya tersebut.

Tercatat ada dua pahlawan dalam pertandingan ini. Yang pertama adalah Ronaldo sang pahlawan kemenangan tim melalui penaltinya pada menit ke-34. Yang kedua tentu sang penjaga gawang Edwin Van der Sar. Ia menepis tendangan penalti Darius Vassell beberapa menit sebelum laga berakhir dan membawa United memastikan diri menjadi juara liga Inggris setelah puasa hampir tiga musim.

City 2-3 United (April 2018)

Berbeda dari 2007, kali ini United menghadapi City dengan situasi yang berbeda. Jika kalah, City akan memastikan diri menjadi juara liga. Segalanya seperti sudah memihak mereka karena Kompany dan Gundogan membawa United tertinggal 2-0. Akan tetapi, Setan Merah bangkit pada babak kedua dengan mencetak tiga gol melalui brace Paul Pogba dan Chris Smalling. City harus menunggu hingga pekan berikutnya meski gelar juara pada akhirnya tetap mutlak menjadi milik mereka.

***

Inilah daftar pilihan pertandingan tandang terbaik United versi kami. Mana yang menjadi favorit kalian atau pertandingan mana lagi yang pantas disebut sebagai pertandingan tandang terbaik United?

Comments

Loading...