OUR NETWORK

Kabar Baik untuk Suporter Manchester United

Ada kabar baik untuk para suporter Manchester United di Inggris. Kabar baik ini menyoal dibolehkan laginya mereka datang ke stadion untuk menonton langsung tim kesayangannya. Jadi, kemungkinan besar mereka bisa kembali memeriahkan seisi tribun dengan berbagai chant dan teriakan semangat untuk para pemain.

Keputusan soal dibolehkannya suporter datang ke stadion ini akan dimulai pada Senin 17 Mei. Selain untuk suporter sepakbola, sebetulnya keputusan ini juga berlaku untuk semua olahraga elit di Inggris. Di satu sisi, keputusan ini sendiri diputuskan setelah Perdana Menteri Boris Johnson menguraikan road map untuk mengurangi kebijakan lockdown akibat virus corona.

Seperti yang kita semua tahu, suporter telah dilarang menghadiri tempat olahraga di seluruh Inggris sejak bulan Desember lalu. Namun, Perdana Menteri Inggris kini telah mengungkapkan sebuah rencana baru untuk mengurangi pembatasan langkah demi langkah. Khususnya untuk di seluruh negeri secara bersamaan, bukan lagi secara regional.

Maka mulai 17 Mei, perhelatan dalam ruangan akan dibatasi dengan kapasitas 50 persen atau 1.000 orang. Dan untuk perhelatan di luar ruangan akan dibatasi dengan kapasitas 50 persen atau 4.000 orang. Untuk tempat duduk luar ruangan yang lebih besar seperti stadion sepakbola akan diizinkan hingga kapasitas 10.000 orang atau seperempat penuh.

Namun, proposal keputusan baru tersebut mengesampingkan kemungkinan suporter dapat menghadiri pertandingan musim secara reguler di EFL. Meskipun pada akhir pekan terakhir Premier League musim ini –yang akan dimainkan pada hari Minggu (23 Mei)–, suporter reguler tetap berpotensi datang dengan jumlah terbatas.

Sekarang Manchester City sedang duduk di puncak klasemen liga dengan selisih 10 poin dari posisi kedua Manchester United. Dan untungnya, jika pasukan The Citizen berhasil juara, maka para suporter diperbolehkan melihat mereka mengangkat trofi Premier League. City pada pertandingan terakhir ini akan melawan Everton di Etihad.

Tidak hanya itu. Meskipun final Piala FA akan dimainkan pada hari Sabtu 15 Mei –tepat dua hari sebelum keputusan baru dari Perdana Menteri–, namun pertandingan tersebut kemungkinan bisa diperuntukkan sebagai uji coba. Dikutip dari Sky Sports News, FA dan EFL sudah bekerja sama dengan Pemerintah untuk memberi izin suporter datang ke Wembley guna melihat dua final, yaitu Piala FA dan Piala Carabao.

Diharapkan sepertiga dari Stadion Wembley akan dipenuhi penonton pada saat pertandingan final dimainkan. Terutama pada akhir bulan April dan pertengahan Mei. Dengan syarat utama, yaitu asalkan para suporter datang dalam keadaan aman dan terkondisikan untuk mengikuti setiap aturannya.

EFL sendiri telah memindahkan final Piala Carabao dari 28 Februari ke 25 April untuk memberikan kesempatan terbaik bagi suporter dalam menonton langsung pertandingan di Wembley. Kedua final telah diidentifikasi sebagai tonggak penting untuk pertandingan yang lebih banyak lagi. Dan yang terpenting, sebagai parameter utama menjelang Euro musim panas ini.

“Mengikuti program pengembalian suporter ke stadion, EFL dan klub anggota telah menunjukkan acara uji coba agar mereka dapat kembali dengan aman dengan aturan yang sesuai. Semuanya dimulai dari Final Piala Carabao yang berlangsung pada 25 April, dan puncak musim EFL reguler pada 8 atau 9 Mei,” ujar salah satu jubir EFL.

“Kami berharap dapat terlibat dengan Pemerintah tentang program percontohannya, dan kami akan bekerja sama untuk menyambut sebanyak mungkin suporter. Terkhusus untuk menyambut mereka ke Final Play-Off Sky Bet yang akan dihelat pada akhir pekan Spring Bank Holiday.”

Di sisi lain, Stadion Wembley akan menjadi tuan rumah untuk tujuh pertandingan di Euro 2020 yang ditunda sampai musim panas ini. Termasuk tiga pertandingan Inggris di babak kualifikasi grup. Lalu selanjutnya, Wembley juga akan menjadi stadion untuk pertandingan babak 16 besar, semifinal dan final.

FA menyambut baik berita tersebut, dan mereka mengatakan dalam sebuah pernyataan singkat bahwa; “FA sangat senang bahwa para suporter akan segera diizinkan kembali ke stadion. Permainan ini tidak akan sama tanpa mereka, dan kami menantikan kembalinya stadion penuh segera setelah aman dan memungkinkan.”

Proposal keputusan baru terkait pengurangan pembatasan ini juga membuka kemungkinan penonton kembali selama musim panas untuk acara-acara besar lainnya. Seperti Wimbledon, Royal Ascot, Grand Prix Inggris dan pertandingan internasional kriket. Namun, itu semua tergantung pada apakah persyaratan pelonggaran pembatasan ini berhasil dipenuhi atau tidak pada 17 Mei nanti.

Comments

Loading...