Setelah kurang lebih menunggu selama tiga bulan, Diogo Dalot akhirnya mendapatkan kesempatan bermain dengan seragam Manchester United. Dalam lanjutan Premier League 2, ia bermain selama 79 menit dan membawa Setan Merah meraih Clean Sheet dalam kemenangan 1-0 atas Stoke City pada Jumat malam.

Meski hanya bermain bersama tim U23, namun bek sayap asal Portugal ini menunjukkan penampilan yang positif. Ia nampak sudah bugar dan mulai nyaman berlari setelah menjalani pemulihan cedera lutut. Melihat penampilannya selama hampir 90 menit, pemain berusia 19 tahun ini mengaku sudah siap untuk bermain di level tertinggi.

“Saya selalu memikirkannya (kesempatan bermain) namun saya harus tenang dan mengambil langkah demi langkah. Cedera saya memang tidaklah parah tetapi pemulihannya membutuhkan kesabaran. Sekarang saya berada di sini dan saya sudah siap bermain kapan pun pelatih merasa kalau tenaga saya dibutuhkan,” tuturnya kepada situs resmi klub.

United merekrut Dalot pada 6 Juni lalu dengan kondisi si pemain yang masih menderita cedera. Sesampainya di Manchester, ia lebih banyak menghabiskan waktunya untuk menjalani serangkaian kegiatan rehabilitasi. Ia bahkan tidak sekalipun bermain di laga pra musim meski namanya disertakan saat United berkelana ke Amerika Serikat.

Dalot sendiri sebenarnya hanya dipersiapkan untuk bermain selama 45 hingga 60 menit. Akan tetapi, pelatih Ricky Sbragia akhirnya memainkannya hingga sebelas menit sebelum laga usai. Dalot kemudian digantikan oleh George Tanner yang disambut dengan tepukan meriah dari 806 penonton yang hadir di pertandingan tersebut.

“Suasananya bagus, saya bisa membayangkan jika stadion penuh dan saya sangat senang bisa kembali bermain. Senang rasanya. Saya sudah mengenal kota ini, fasilitas, serta klub. Saya berharap bisa menikmatinya lebih baik lagi dan mengalami hal-hal hebat di sini.”

“Ini adalah malam yang benar-benar spesial, menit-menit pertama saya setelah empat bulan yang panjang membuat saya bahagia. Ini adalah momen istimewa. Saya hanya bisa mengambil kesempatan ini untuk berterima kasih kepada departemen bagian medis dan pelatih yang terus mempercayai saya.”

Jose Mourinho memang menaruh harapan besar kepada Dalot. Saat ia bertanding, Mou rela untuk datang dan menyaksikan laga tersebut hingga selesai. Pemain kelahiran Braga ini diisukan menjadi pilihan utama di sisi kanan pertahanan setelah melihat penampilan Matteo Darmian dan Antonio Valencia yang masih inkonsisten.

Sepanjang 79 menit, Dalot memperlihatkan apa yang menjadi kekurangan United sepanjang musim lalu yaitu agresivitas di sisi kanan. Beberapa kali Dalot menggunakan kecepatannya untuk melakukan overlap membantu penyerangan. Tidak hanya itu, ia juga sering melakukan pergerakan menusuk ke dalam yang mengingatkan kita akan sosok seorang Rafael Da Silva. Transisi permainannya dari menyerang ke bertahan pun terbilang sangat baik.

Selain itu, Dalot pun memiliki satu nilai lebih yang tidak dimiliki ketika sisi kanan diisi oleh Antonio Valencia yaitu kapasitasnya dalam melakukan umpan silang. Dalam pertandingan melawan Stoke kemarin, Dalot cukup rajin melepaskan crossing yang cukup merepotkan lini pertahanan lawan. Sebuah perkenalan yang membuat para penggemar United begitu gembira karena akhirnya mereka memiliki bek kanan yang sesungguhnya.