Sektor lini tengah menjadi fokus perhatian Manchester United di bursa transfer musim panas 2018 mendatang, setelah manajer Jose Mourinho berhasil mendapatkan winger andalan Arsenal Alexis Sanchez pada Januari 2018 lalu. Pasalnya, gelandang gaek Michael Carrick sudah menyatakan akan pensiun di akhir musim, sehingga tim Setan Merah perlu segera menemukan penerusnya. Namun, meski begitu ternyata Mourinho tak hanya mengintai para gelandang berbakat saja. Seperti baru-baru ini, dikabarkan manajer berkebangsaan Portugal itu pun juga tertarik merekrut bek Barcelona.

Pemain yang dimaksud adalah Samuel Umtiti, palang pintu muda yang jadi andalan klub raksasa La Liga Spanyol tersebut sejak didatangkan dari kontestan Ligue 1 Prancis Olympique Lyon pada musim panas 2016 lalu. Dia menjadi duet bek senior Gerard Pique dalam menjaga lini pertahanan Barcelona sejak musim 2016/2017 lalu.

Melihat performa Umtiti yang bisa langsung dipercaya sebagai pilihan utama sang pelatih, Ernesto Valverde di usianya yang masih 22 tahun ketika pertama kali datang ke Camp Nou, markas Barcelona, Mourinho pun diketahui berminat untuk mendapatkan tenaganya.

Seperti dilaporkan Don Balon baru-baru ini, Mourinho berniat untuk membujuk Umtiti agar bersedia meninggalkan Barcelona dan bergabung dengan The Red Devils pada musim panas 2018 mendatang. Surat kabar Spanyol itu pun juga mengklaim bahwa manajemen United sudah menyiapkan tawaran kontrak dengan nilai yang sangat menggiurkan bagi penggawa tim nasional Prancis tersebut.

United sendiri diyakini dapat memanfaatkan situasi di mana Barcelona tengah mengalami kesulitan untuk memperpanjang kontrak Umtiti, meski sebenarnya masih berlaku hingga akhir Juni 2021 mendatang.

Barcelona saat ini memang sedang mendiskusikan rencana perpanjangan masa pengabdian Umtiti di Camp Nou. Sebenarnya, tujuan utama klub yang berjuluk Lau Blaugrana tersebut bukan terkait soal durasi kontraknya, melainkan hanya ingin menaikkan klausul pelepasan sang pemain.

Dalam kontrak Umtiti yang berlaku saat ini, klausul pelepasannya diketahui hanya senilai 60 juta euro. Nominal itu dianggap masih terbilang rendah mengingat dirinya saat ini menjadi salah satu penggawa andalan Barcelona. Oleh karena itu, mereka ingin menaikkan klausul pelepasannya menjadi 200 juta euro.

Rencana Barcelona untuk memperbaharui kontrak Umtiti pun sudah mulai disiapkan sejak rumor ketertarikan sejumlah klub raksasa Premier League Inggris berhembus dari awal Januari 2018. Tak hanya United, beberapa surat kabar Inggris juga menyebut klub rival sekota, Manchester City punya minat yang sama pada pemain yang kini baru berusia 24 tahun itu. Bahkan, keduanya diklaim siap mengaktifkan klausul sang bek tengah senilai 60 juta euro tersebut. Sejak munculnya rumor itulah maka Barcelona pun menegaskan akan memprioritaskan negosiasi perpanjangan kontrak Umtiti.

Tak hanya itu, rival Barcelona di La Liga, Real Madrid pun juga ikut dikabarkan ingin pula memburu Umtiti. Masih menurut Don Balon, Presiden Madrid Florentino Perez sudah ikut mempertimbangkan untuk memboyong pemain kelahiran Yaounde, Kamerun, 14 November 1993 lalu itu, dan tampaknya yakin akan bisa mendapatkannya.

Perez dan pelatih Zinedine Zidane menganggap Umtiti memiliki potensi untuk menjadi bek terbaik di dunia, sehingga mereka pun diklaim akan melakukan segala upaya untuk mewujudkan keinginan mendatangkan sang centreback dari klub rival abadi tersebut.

Namun, semua klub yang telah mengantre untuk mendapatkan Umtiti, termasuk United, tentu saja tak akan bisa melakukannya semudah membalik telapak tangan. Sangat jelas, Barcelona akan terus berupaya keras untuk mempertahankan sang pemain dan menaikkan nilai klausul pelepasannya dengan kontrak baru. Tak hanya itu, rekannya di lini belakang, Pique juga menyampaikan dukungan dan harapannya agar Umtiti bisa bertahan lebih laman di Camp Nou. Dia pun juga telah meminta para petinggi klub bekerja keras dan segera memperjuangkan pemain bernomor punggung ‘23’ itu.

“Saya tidak khawatir tentang apa yang mungkin atau tak mungkin dilakukan oleh klub. Umtiti adalah pemain hebat dan kami mengharapkan dia tinggal di Barcelona selama bertahun-tahun, dan terus menikmati sepak bola bersama kami. Sampai batas tertentu, klausul pembelian perlu dibuat tinggi, sehingga Anda tidak dapat membeli pemain itu. Namun, seiring berjalannya waktu, biaya itu terasa tidak terlalu tinggi, sementara pemain itu tetap harus pergi. Kami sangat senang dengan Umtiti dan saya yakin dia akan tinggal di sini untuk waktu yang sangat lama,” ucapnya dikutip dari The Express.