in

25 Fakta Emirates Stadium

Emirates Stadion terletak di kota London yang merupakan kandang Arsenal. Berikut kami sajikan fakta Emirates Stadium untuk Anda.

  1. Emirates Stadium memiliki kapasitas maksimal 60,423 penonton, yang membuat stadion ini menjadi stadion sepakbola terbesar ketiga di Inggris.
  2. Pada 1997, Arsenal berencana untuk memperluas stadion Highbury, Namun ditolak oleh dewan Islington.
  3. Arsenal sempat berencana untuk membeli Wembley Stadium, namun Arsenal lebih memilih untuk membeli sebuah kawasan industri dan pemuangan limbah di Ashburton Grove pada tahun 2000.
  4. Pada 5 Oktober 2004, Emirates menandatangani kontrak 15 tahun dengan Arsenal. Dalam perjanjian kontrak, Arsenal memberikan hak pemberian nama stadion kepada Emirates. Stadion ini akhirnya diberi nama menjadi Emirates Stadium atau The Emirates, namun beberapa suporter lebih sering menyebut nama stadion ini Ashburton Grove atau The Grove.
  5. Selama pertandingan yang diselenggarakan UEFA nama stadion ini menjadi Arsenal Stadium.
  6. Pada November 2012, Arsenal dan Emirates secara resmi mengumumkan perjanjian baru di Emirates Stadium. Perjanjian ini membuat tulisan Emirates tetap berada di jersey laga resmi dan jersey latihan, juga membuat nama stadion tetap Emirates Stadium sampai 2028.

    Emirates Stadium – Fakta Emirates Stadium
  7. Pembangunan Emirates Stadium atau Ashburton Grove dimulai pada Februari 2004. Arsenal menunjuk Sir Robert McAlpine untuk melaksanakan pembangunan dan HOK Sport untuk mendesain stadion. Konsultan konstruksi Arcadis dan engineering firm Buro Happold juga terlibat dalam proses tersebut.
  8. Fase pertama pembangunan stadion selesai pada Maret 2004, dua bulan kemudianTribun barat, timur dan utara selesai.
  9. Dua jembatan dari Northern City dibangun untuk menghubungkan jalur kereta. Pembangunan ini selesai pada Agustus 2004.
  10. Kursi pertama di Emirates Stadium diresmikan pada 13 Maret 2006 oleh gelandang Arsenal Abou Diaby.
  11. Seperti Highbury, DD GrassMaster terpilih sebagai pemasang rumput dengan Hewitt Sportstuff yang dikontrak untuk merancang lapangan.
  12. Lampu sorot di Emirates Stadium berhasil diuji untuk pertama kalinya pada tanggal 25 Juni 2006. Tiang gawang dipasang satu hari setelah pengujian lampu sorot tersebut.
  13. Emirates Stadium dibuka secara resmi oleh Pangeran Philip, Duke of Edinburgh, pada 26 Oktober 2006. Ratu Elizabeth II direncanakan akan datang di pembukaan tersebut, namun ia mengalami cedera punggung hingga ia tidak dapat menhadiri pembukaan stadion tersebut. Sebagai gantinya, Ratu Elizabeth mengundang ketua, manajer, dan pemain Arsenal, untuk bergabung dalam acara afternoon tea di Buckingham Palace pada tanggal 15 Februari 2007.
  14. Emirates Stadium dipandang oleh banyak orang sebagai tolak ukur perkembangan stadion di Inggris dan Eropa.
  15. Desain dari stadion ini yaitu percampuran antara stadion “english style” dengan stadion multi-tenant di Eropa. Berbentuk seperti mangkuk dengan tiga tingkat beratapkan translucent polycarbonate.
  16. Konstruksi kaca dan baja diranjang oleh Populous untuk memberi kesan bahwa stadion ini berkilau di bawah sinar matahari dan bercahaya di malam hari.

    Atap yang seolah bercahaya di malam hari – Fakta Emirates Stadium.
  17. Emirates Stadium memiliki ruangan di bawah tanah yang dapat menampung berbagai fasilitas seperti dapur, ruang ganti, ruang pers dan pusat pendidikan.
  18. Sebagai bagian dari kesepakatan dengan Sony, Emirates Stadium adalah stadion pertama dunia yang menggunakan HDTV Streaming.
  19. Di pojok bagian barat laut dan tenggara terdapat dua layar besar yang menggantung di atap.
  20. Pendukung dari tim tamu yang bertandang ke stadion ini akan di tempatkan di tribun bagian tenggara.
  21. Highbury House secara resmi menjadi nama untuk kantor klub yang berada di sebelah timur laut stadion.
  22. Pada Agustus 2009, Arsenal memulai program “Arsenalisation” di Emirates Stadium. Perubahan yang pertama yaitu meletakan kursi berpola meriam london tepat diseberang terowongan masuk menuju lapangan.
  23. Delapan lukisan dinding di pasang pada bagian luar stadion. Masing-masing lukisan menggambarkan empat legenda Arsenal yang saling merangkul. Sehingga jika digabungkan terlihat seperti 32 legenda Arsenal yang sedang merangkul stadion.
  24. Emirates Stadium berpotensi untuk diperluas, metode yang paling berpotensi yaitu memperkecil kursi di tribun yang bisa memperbanyak kapasitas tanpa harus merenovasi atau menambah tingkatan di tribun.
  25. Selain menyelenggarakan pertandingan sepakbola, Emirates Stadium juga beroperasi sepagai pusat konferensi dan venue untuk konser musik. Saat digunakan untuk konser musik, kapasitas maksimal stadion ini bisa mencapai 72,000 penonton. Bruce Springsteen dan E Street Band menjadi band pertama yang menggelar konser di Emirates Stadium pada 30 Mei 2008.

    Konser Green Day – Fakta Stadion Emirates.
Facebook Comments