in

25 Fakta City of Manchester Stadium

City of Manchester Stadium merupakan kandang Manchester City. Berikut kami sajikan fakta City of Manchester Stadium.

  1. City of Manchester Stadium atau juga dikenal sebagai Etihad Stadium, merupakan stadion yang berada di kawasan Etihad Campus, Manchester.
  2. City of Manchester Stadium memiliki kapasitas maksimal 55,097 penonton untuk pertandingan sepakbola. Hal tersebut menjadikan stadion ini menjadi stadion terbesar kedelapan di Inggris.
  3. Stadion ini dibangun untuk menyelenggarakan Commonwealth Games pada 2002. Rencana untuk membangun stadion baru di kota Manchester sudah direncanakan sejak 1989 sebagai bagian dari Olimpiade 1996.
  4. Tony Blair merupakan orang pertama yang meletakan batu fondasi pada Desember 1999 dan pembangunan dimulai pada Januari 2000. Stadion ini didesain oleh Arup Associates dan dibangun oleh Laing Construction.
  5. Stadion ini dikonversi dari stadion atletik menjadi stadion sepakbola pada 2002.

    Trek lari – Fakta City of Manchester Stadium
  6. City of Manchester Stadium diperluas lagi pada 2014. Biaya keseluruhan untuk membangun stadion ini kurang lebih 154 juta euro.
  7. Arup Associates merancang stadion ini untuk menjadi arena yang menakutkan, jarak dari pembatas tribun dan lapang hanya 6 meter.
  8. Fasilitas untuk pemain dan ofisial pertandingan berada di basement tribun barat, yang sudah termasuk dapur, ruang media, dan sel penjara. Stadion ini juga memiliki fasilitas konferensi dan upacara pernikahan yang berlisensi.

    Bisa dipakai untuk resepsi – Fakta City of Manchester Stadium.
  9. Interior dari stadion ini terdiri dari 4 tribun yang menyambung hingga menyerupai mangkuk oval, dengan tiga tingkatan tempat duduk di timur dan barat, dua tingkatan di utara dan selatan.
  10. Pintu masuk untuk ke tribun sudah menggunakan kartu pintar. Dengan menggunakan kartu tersebut penonton hampir dipastikan tidak akan berdesak-desakan saat hendak memasuki tribun.
  11. Terowongan di bawah stadion dapat mengakses kendaraan darurat dan tim tamu yang akan bertandang ke stadion ini.
  12. Begitu berada di dalam stadion, para pengunjung memiliki akses ke enam restoran yang berada di dalam stadion, dua diantaranya memiliki pemandangan langsung menuju lapangan dan ada 70 executive boxes yang berada di tingkat ke-2 ditribun utara, barat dan timur.
  13. Untuk menciptakan permukaan rumput yang maksimal, Atap dari stadion ini dirancang untuk bisa memaksimalkan sinar matahari dengan menggunakan polikarbonat sepanjang 10 meter di pingir atap.
  14. Masing-masing sudut stadion memiliki dinding berlubang dangan penggerak yang dapat disesuaikan untuk memberikan ventilasi dan aliran udara ke dalam stadion.
  15. Sistem drainase dan pemanas dipasang di bawah lapang untuk memberikan kondisi pertumbuhan rumput yang optimal.
  16. Jika laga berlangsung di malam hari, stadion ini akan disinari oleh 218 lampu sorot, menghabiskan total 436,000 watt.

    Lampu di malam hari – Fakta City of Manchester Stadium
  17. Rumput dari City of Manchester Stadium merupakan salah satu rumput yang terbaik dalam sepakbola inggris dan telah masuk nominasi sebanyak 5 kali dalam sembilan musim terakhir.
  18. Manchester City mengganti nama stadion ini menjadi Etihad Stadium pada Juli 2011 sebagai bagian dari kerja sama dengan Etihad Airways.
  19. Tribun selatan menjadi tempat bagi suporter Manchester City yang paling vokal. Superter tim tamu juga di tempatkan di tribun ini.
  20. Laga sepakbola pertama yang diselenggarakan di stadion ini yaitu laga persahabatan yang mempertemukan Manchester City dengan Barcelona pada 10 Agustus 2003. Dalam laga ini Nicolas Anelka mencetak gol pertamanya di stadion ini.
  21. Pemanas di bawah rumput – Fakta City of Manchester Stadium.

    Laga kompetitif pertama yang diselenggarakan di stadion ini yaitu di laga UEFA Cup yang mempertemukan Manchester City dengan The New Saints pada 14 Agustus 2003. Dalam laga ini Trevor Sinclair mencetak gol kompetitif pertamanya di stadion ini.

  22. Di stadion ini banyak rekor yang terpecahkan oleh Manchester City, salah satunya adalah menjadi klub pertama yang memenangkan 11 dari 12 pertandingan pembuka di Premier League dan menjadi klub yang tak terkalahkan di sembilan belas pertandingan Premier League yang dimainkan di Etiihad Stadium.
  23. Rekor penonton yang datang di stadion ini yaitu 47,715. Namun rekor ini terjadi bukan pada laga Manchester City melainkan pada laga final Piala UEFA yang mempertemukan Zenit Saint-Petersburg dengan Rangers pada 14 Mei 2008.
  24. Selain menyelanggarakan pertandingan sepakbola, stadion ini juga bisa menyelenggarakan konser musik. Stadion ini menjadi venue terbesar di Inggris dengan kapasitas maksimal mencapai 60,000 penonton sebelum Wembley Stadium yang baru dibangun.
  25. Red Hot Chilli Peppers merupakan band pertama yang melakukan konser di Etihad Stadium pada tahun 2004.
Facebook Comments