in

Tak Perlu Khawatir, United Kini Punya Suksesor Antonio Valencia

Bek sayap andalan Manchester United, Antonio Valencia disebut Jose Mourinho sebagai bek kanan terbaik dunia. Sifat pantang menyerah yang dimiliki Valencia dikatakan menjadi faktor utama kesuksesannya. Kini usianya sudah kepala tiga, yaitu 31 tepatnya. Tentu sudah saatnya United mulai mencari-cari penerusnya. Setelah nyaman dengan jasa Valencia selama kurang lebih enam tahun membela Manchester United.

Namun tampaknya United tak perlu repot-repot membeli pemain atau mengirim pencari bakat ke Ekuador untuk mencari penerusnya. Ternyata di akademi United, sudah ada satu pemain yang bermain di posisi serupa dan menjadikan Valencia sebagai panutannya, yaitu Matthew Olosunde.

Musim ini Olosunde menjadi salah satu pemain akademi United yang muncul ke permukaan level teratas dunia sepakbola. Setelah namanya dua kali masuk ke dalam skuat utama United, walau hanya mendiami bangku cadangan saja.

Namun jika publik Old Trafford menelisik lebih dalam bagaimana performa pemain berusia 19 tahun tersebut di tim reserves, tentu akan tenang hati jika nantinya ditinggal oleh Valencia. Apalagi seperti dijelaskan sebelumnya, Olosunde menjadikan Valencia sebagai inspirasinya atau bisa dibilang pemain panutan.

“Dia (Valencia) benar-benar pemain yang layak untuk dijadikan inspirasi. Mampu menyerang dengan baik sekaligus bertahan dengan bagus. Saya sangat mengidolai dia.”

“Ketika saya melihatnya bermain, saya mengapresiasi bahwa dia adalah pemain yang hebat dan sangat pantas dijadikan target untuk saya capai. Dia adalah pria yang besar dan juga kuat,” terang Olosunde.

Meroket Cepat dan Bahagianya Olosunde di Tim Utama

Meski terbilang “anak baru” di geng Old Trafford, yaitu baru tiba resmi pada Januari lalu, Olosunde sudah menjanjikan. Setelah tiba di United pada bulan Maret tahun ini setelah mendapatkan izin internasional, Olosunde langsung meroket di akademi.

Sedari tiba, Olosunde sudah didapuk sebagai pemain serba bisa. Dimana keahlian ini tampaknya didapatnya saat menjalani pelatihan bersama New York Red Bulls selama beberapa bulan. Ia memiliki keunggulan dalam segi tubuh yang atletis dan kecepatan.

Sehingga wajar jika Olosunde tak mengalami kesulitan berat untuk membuat Mou memberinya kesempatan di tim utama. Kesempatan emas tersebut sudah tentu membuat Olosunde bersyukur atas apa yang ia alami musim ini.

“Saya bahagia dengan bagaimana musim ini berlangsung. Melakukan perjalanan dengan tim utama adalah hal yang besar untuk saya. Rasanya berbeda jika kamu benar-benar bersama mereka. Kamu akan berpikir ‘Wow’!”.

“Saya merasa nyaman bermain sebagai bek kanan dan ternyata berakhir dengan baik. Saya merasa saya tahu sekeliling saya dan tidak menemui hambatan dengan para pemain yang lain,” tutur Olosunde.

Beruntung Olosunde berasal dari Amerika Serikat, lantaran masalah bahasa tampaknya tidak menjadi kerikil bagi karirnya. Tidak seperti Valencia yang dikabarkan hingga kini belum terlalu fasih menggunakan bahasa Inggris. Ditambah menurut Olosunde para pemain di tim utama sangat membantunya dalam beradaptasi.

“Mereka semua sangat ramah dan mau membantu. Saya ikut latihan bersama mereka untuk beberapa saat dan itu jadi pengalaman yang berharga. Saya sangat menikmatinya dan berharap bisa ikut turun bertanding nanti. Tentu kesempatan itu akan datang dan saya tinggal meraihnya,” jawab Olosunde.

Sebelumnya dikatakan bahwa Olosunde adalah pemain yang serba bisa dengan tubuh yang atletis. Hal ini didukung tingginya yang mencapai 185 cm dan memulai karir sebagai pemain sayap, sama seperti Valencia.

Ketika berpindah tangan ke United, Olosunde langsung loncat ke tim reserves yang diasuh oleh Nicky Butt. Selama musim 2016/2017, atas performa baiknya, mendapat kesempatan untuk bergabung dengan tim utama. Yaitu, dalam dua laga di Premier League melawan Arsenal dan Tottenham, Olosunde dihadiahi posisi sebagai pemain cadangan.

Kesempatan untuk melihat Olosunde bermain bersama tim utama tampaknya akan kesampaian pada saat tur pramusim United. Dengan total 7 laga yang akan dimainkan, kesempatan itu tampaknya terbuka lebar bagi Olosunde.

Kontrak Baru untuk Olosunde 

Setelah menunjukkan aksi gemilang di Old Trafford pada musim ini, para pemain akademi debutan United langsung dijaga ketat oleh manajemen. Tentunya dengan menyodorkan perpanjangan kontrak bagi para talenta muda ini.

Dilansir dari Manchester Evening News, terdapat 4 pemain muda United yang baru saja sepakat memperbaharui atau memperpanjang kontraknya di Old Trafford. Yaitu Charlie Scott, Matty Willock, Max Johnstone, dan tentunya Matthew Olosunde yang sedang kita bicarakan.

Olosunde jua menyatakan untuk bergabung dengan agen sepakbola ternama, OmniSports. Dimana OmniSports menilai Olosunde sebagai pemain depan yang mempunya masa depan besar.

Sumber : MEN dan Eagle Online

Facebook Comments