in

Emil Forsberg, Winger Bundesliga yang Bisa Jadi Alternatif

Manchester United sudah mendapatkan tiga pemain baru selama musim panas 2017 ini. Namun, sesuai dengan pernyataan Jose Mourinho sebelumnya, United masih harus memburu satu pemain yang berposisi sebagai winger. Salah satu calonnya adalah Emil Forsberg.

Soal pemain sayap ini sejatinya United tengah memfokuskan diri untuk mendatangkan pemain Inter Milan, Ivan Perisic. Namun, pelatih Inter, Luciano Spaletti, menegaskan kalau dirinya tak akan melepas pemain berkebangsaan Swedia tersebut. Meski, konon transfer tersebut bisa terjadi andai Anthony Martial disertakan.

Mau tak mau, Mourinho tentu harus punya alternatif pemain lain, jika Perisic gagal didatangkan kali ini. Salah satu nama yang belakangan ini dikaitkan dengan United adalah winger klub Bundesliga Jerman RB Leipzig, Emil Forsberg.

Nama pemain ini sebelumnya memang tak banyak dikenal. Namun, setelah sukses membawa klubnya tersebut promosi dari kompetisi level kedua Jerman, dan langsung membuat kejutan pada musim debut mereka di Bundesliga dengan finish sebagai runner-up musim 2016/2017, sosok Forsberg pun langsung ‘naik daun’ dan menarik perhatian banyak klub top Eropa.

Forsberg sendiri menjadi raja assist di klubnya sepanjang musim lalu, dengan catatan 19 assist, serta delapan gol dalam 30 pertandingan Bundesliga, seperti dikutip dari WhoScored. Laman penyedia data dan statistik para pemain sepakbola di berbagai negara itu memberikan nilai 7,75 untuk rating pemain tim nasional Swedia berusia 25 tahun tersebut.

Catatan assist-nya pun berhasil mengungguli bintang Borussia Dortmund Ousmane Dembele yang tengah diburu klub raksasa La Liga Spanyol, Barcelona. Tentu, sebuah debut mengagumkan bagi Forsberg di salah satu kompetisi elit di Eropa.

Kemampuan teknis yang hebat dan kekuatan stamina yang tangguh menjadi keunggulan Forsberg. The Sun menyebut sosoknya sebagai penggiring bola yang luar biasa; sangat terampil melewati barisan bek lawan dengan bola di kakinya.

Pemain dengan nomor punggung 10 itu memang lebih banyak beroperasi di tengah lapangan sebagai gelandang serang. Namun, dia juga bisa membangun serangan dari sisi terluar, terutama di sektor kiri. Forsberg tiba-tiba bisa muncul sisi luar pertahanan dan mengirim umpan silang, atau menembus jantung pertahanan dan mengirim umpan mematikan.

Sedangkan secara teknis, The Sun mengklaim gaya permainannya mirip dengan bintang Tottenham Hotspur Christian Eriksen. Bedanya, Forsberg punya keunggulan pada kecepatan. Hasilnya, bomber Leipzig, Timo Werner pun benar-benar dimanjakan dengan umpan-umpan matang yang berawal dari kaki pemain kelahiran 23 Oktober 1991 itu.

Semua catatan itulah yang membuat banyak klub kaya tertarik untuk mendapatkan servisnya, termasuk Liverpool dan Arsenal, selain United. Belakangan, raksasa Jerman Bayern Munchen, serta duo Spanyol Barcelona dan Real Madrid juga ikut bersaing.

Daily Star sendiri mengklaim United sudah menyiapkan dana 44,6 juta paun untuk Forsberg. Namun, Direktur Leipzig Ralf Rangnick langsung menutup pintu.

“Kami tidak berpikir untuk menjual pemain terbaik kami musim panas ini. Tidak ada garis merah untuk kami. Kami akan mempertahankan tim kami dan melakukan perbaikan pada beberapa posisi,” tegasnya kepada surat kabar Jerman, Bild.

Meski pun begitu, agen sang pemain, Hasan Cetinkaya masih berusaha membuka peluang dengan menyebut bahwa sudah waktunya Forsberg menguji kemampuannya di salah satu klub besar Eropa.

Tetapi, Forsberg pun langsung mengambil sikap terhadap rumor yang sedang berkembang tersebut. “Saya hanya menjawab pertanyaan dari seorang wartawan dan jawaban saya adalah bahwa Bayern Munchen merupakan salah satu klub terbesar seperti Madrid, Barca, dan United. Apa saya berkata hal buruk tentang Leipzig? Saya selalu berkata positif tentang Leipzig, jadi saya tak paham dengan rumor yang beredar. Bagi saya semuanya baik-baik saja dan saya sepenuhnya termotivasi dan fokus, dan saya ingin menjalani musim yang lebih baik dari sebelumnya bersama Leipzig,” pungkasnya.

Apakah Mourinho dan United masih ingin berjuang untuk memboyong Forsberg ke Old Trafford?

Facebook Comments

Written by Ade Marza

Ade Marza

Penikmat kopi dan sepakbola.