in

Preview Stoke City vs Manchester United

Setelah perhelatan laga internasional, Manchester United harus segera bersiap untuk laga tandang menghadapi Stoke City pada Sabtu (9/9) mendatang. Dimana para pemain United harus menghabiskan waktu kira-kira 1 jam setengah dengan kereta tersebut untuk sampai ke kandang The Potters, Bet365 Stadium. Sehingga bisa dikatakan laga ini akan menjadi tes pertama mengenai stamina atau kebugaran dari para anak asuh Jose Mourinho. Apalagi menurut jadwal, laga tersebut akan diadakan pada hari Sabtu sore waktu setempat.

Beruntung sejauh ini tim asuhan manajer asal Portugal tersebut memiliki rekor yang baik di Premier League musim 2017/2018. Dengan memegang rekor 100 persen kemenangan dari tiga pertandingan yang sudah dijalani The Red Devils. Urusan mencetak gol pun tidak menjadi hambatan sejauh ini, total sudah 10 gol dicetak United dan perlu dicatat tanpa satupun kebobolan.

Dilansir dari laman web resmi Manchester United, kemenangan di kandang Stoke City menjadi krusial untuk dicapai. Lantaran, pada bulan September ini United akan menjalani bulan yang sibuk dengan total ada 7 pertandingan. Sehingga kemenangan dari Stoke akan membuat psikologis United lebih kuat untuk menjalani 6 laga tersisa.

Tren Positif Skuat United dari Laga Internasional

Saat ini skuat United berada di periode yang positif, dengan 17 pemain mereka dipanggil timnas masing-masing untuk berlaga di kualifikasi Piala Dunia 2018. Dimana mayoritas peran mereka tidak hanya di bangku cadangan, melainkan pemain penting untuk negaranya. Seperti Romelu Lukaku yang sudah mencetak empat gol di dua laga Belgia menghadapi Gibraltar dan Yunani. Kemudian Marcus Rashford yang menyelamatkan The Three Lions dengan satu gol dan satu assist-nya kala melawan Slovakia di Wembley, hari Senin (4/9) lalu.

Sementara untuk lini pertahanan, kedua kiper United, David de Gea dan Sergio Romero berhasil mencatatkan clean sheet untuk Spanyol dan Argentina. Kemudian Daley Blind mencatatkan dua assist untuk Belanda di kemenangan 3-1 atas Bulgaria.

Performa Stoke City Hingga Matchday Ke-3

Saat ini tim asuhan Mark Hughes tersebut duduk di peringkat 11 Premier League. Tiga laga yang telah mereka jalani, ketiganya berakhir dengan hasil yang berbeda. Pertama berhasil mengalahkan Arsenal, skor kacamata kala berhadapan dengan West Brom, dan terakhir kalah oleh Everton FC.

Sementara itu di luar kompetisi Premier League, Stoke baru saja mengalahkan tim dari League One, Rochdale dengan skor 4-0, membawa Stoke ke ronde ketiga dari EFL Cup. Melihat hasil pertandingan yang telah dijalani oleh Stoke, United tampaknya perlu berhati-hati dengan kemampuan tim asuhan Hughes tersebut. Buktinya Arsenal mampu dikalahkan pada pembukaan Premier League musim ini.

Selain itu untuk urusan skuat, Stoke City baru saja memboyong bek tengah asal Austria dari Tottenham bernama Kevin Wimmer, yang kemungkinan besar akan diturunkan untuk laga ini. Namun United bisa sedikit bernapas lega, lantaran eks pemain Barcelona, Bojan Krkic dan gelandang Gianelli Imbula sudah pindah dari Stoke untuk ke Alaves dan Toulouse.

Jika ingin berkaca dari performa musim lalu, Stoke City hanya finis di posisi 13 di bawah asuhan manajer yang sama, Mark Hughes. Kuat jika berhadapan dengan rival klub mereka, namun ketika berhadapan dengan tim non 4 besar, Stoke juga kesulitan. Namun perlu dicatat, musim lalu dua laga melawan United selalu berakhir dengan hasil imbang.

Musim lalu, Stoke finis 17 poin di bawah Everton yang mendapatkan posisi terbawah untuk Europa League dan 10 poin saja dari zona relegasi. Hasil ini membuat laman web Manchester United, menyebut Stoke berada di posisi medioker musim lalu.

Sejarah Pertemuan Manchester United vs Stoke City

Berdasarkan data yang ditampilkan oleh laman web resmi Manchester United, The Red Devils telah memenangnkan 43 laga, seri 35 kali, dan kalah 28 kali dari total 106 pertemuan dengan Stoke di semua kompetisi dari tahun 1893 silam. Namun jelas bahwa United yang mendominasi pertemuan dengan Stoke sejak The Potters promosi ke Premier League pada tahun 2008 silam, dengan total 12 kemenangan dari 18 laga Premier League.

Perlu diingat juga bahwa laga melawan Stoke pada bulan Januari lalu berakhir dengan sangat indah. Dimana eks kapten United, Wayne Rooney memecahkan rekor gol Sir Bobby Charlton untuk United yaitu dengan 250 gol. Laga itu sendiri berakhir dengan skor imbang 1-1.

Pemain Absen dari United dan Stoke

Kubu Manchester United akan kehilangan Ashley Young dan Luke Shaw yang masih menjalani proses penyembuhan dari cedera dengan bermain untuk reserves. Kemudian ada nama Marcos Rojo dan Zlatan Ibrahimovic yang jua dalam proses penyembuhan untuk sementara waktu.

Sementara untuk Stoke City, manajer Hughes kemungkinan besar mendapat suntikan eks pemain United, Darren Fletcher dan Mame Biram Diouf yang dikabarkan akan sembuh dari cedera ringan sebelum laga tersebut. Namun Eric Maxim Choupo-Moting dan Ibrahim Afellay dipastikan absen lantaran masih cedera.

Siapa yang Menjadi Pengampu Pertandingan?

Neil Swarbrick adalah wasit yang akan menjadi ‘ratu adil’ dalam pertandingan hari Sabtu mendatang. Laga terakhir yang ia pimpin adalah kemenangan Everton atas Stoke City dan Newcastle City versus West Ham dengan skor akhir 3-0. Pria berusia 51 tahun tersebut berasal dari Preston dan akan didampingi oleh Darren Cann dan Scott Ledger, serta Stuart Attwell sebagai ofisial keempat.
Sejauh ini Neil telah mengeluarkan empat kartu kuning dari dua laga terakhir di Premier League. Ada catatan menarik antara Swarbick dengan United, dimana pada musim lalu Swarbick dikritik karena memberikan penalti untuk United atas penetrasi Rashford yang menurutnya mendapat jegalan dari kiper Swansea City, Lukasz Fabianski.
Sumber : Manutd.com dan telegraph.co.uk
Facebook Comments