OUR NETWORK

Solskjaer Butuh Peraturan Transfer Baru di Manchester United

Ole Gunnar Solskjaer telah menguraikan karakter dan jenis pemain yang ia ingin datangkan ke Manchester United musim panas nanti. Namun, keinginannya itu tidak semudah yang dibayangkan. Karena eks manajer Cardiff itu ternyata harus terlebih dahulu membuat peraturan kebijakan transfer baru untuk merealisasikannya.

Di sisi lain, menjelang dibukanya jendela transfer musim panas, Ole Gunnar Solskjaer telah mengarahkan fokusnya untuk merekrut pemain muda yang dapat menjadi bagian dari pembenahan tim untuk beberapa tahun mendatang. Ia didampingi asisten pelatihnya, Mike Phelan, pun sudah menyusun beberapa inisiasi baru untuk diterapkan United dalam beberapa waktu ke depan.

Rencanannya ini lalu dinilai sebagai ambisi yang mengagumkan oleh sebagian pihak, mengingat dalam beberapa tahun kebelakang suasana suram memang selalu menyelimti United saat merekrut pemain baru. Selain itu, dalam membuat poinnya, Solskjaer juga mereferensikan rencanannya itu dengan perekrutan dua pemain muda yang pernah didatangkan Setan Merah seperti Cristiano Ronaldo dan Wayne Rooney.

Semua orang tahu bahwa kedua pemain ini telah mencatatkan beberapa catatan fantastis selama meniti karir di United. Bahkan, mereka berdua juga sudah berhasil memenangkan berbagai trofi untuk pasukan The Red Devils, yang kemudian menjadi penanda meningkatnya level permainan mereka dari level pemain muda hingga menjadi level pemain bintang.

Rooney misalnya, ia adalah pencetak gol terbanyak United. Sedangkan Ronaldo, saat ini telah menjadi salah satu pemain terbaik dunia. Tapi tetap saja, kedua pemain ini adalah remaja yang relatif “masih mentah” ketika mereka baru datang ke Old Trafford. Hanya memang, mereka berdua tumbuh cepat dengan bakatnya, yang juga disokong penuh oleh sang manajer.

Bagaimana tidak? Baik Rooney dan Ronaldo, mereka berdua didatangkan memang untuk menambah kombinasi dengan pemain berpengalaman di skuad utama yang akhirnya berhasil meraih gelar juara. Mereka datang dan menjadi bagian dari anak asuh Sir Alex Ferguson, yang sengaja disetel untuk selalu siap menang dan menjadi pemain bintang.

Kemewahan seperti inilah yang tidak dimiliki oleh Solskjaer saat ini. Karena setiap pemain yang nantinya akan didatangkan di musim panas nanti harus rela bergabung dengan skuad yang “rusak” karena kegagalan mereka meraih tempat di Liga Champions. Tak salah jika mengatakan bahwa ujian berat memang sedang menumpuk di pundak United.

Maka, wajar rasanya jika Solskjaer lebih berkeinginan untuk merekrut pemain muda guna mengisi skuad Setan Merah. Meski sulit untuk mengatakan bahwa United akan kembali menemukan permata seperti saat merekrut Rooney dan Ronaldo, akan tetapi setidaknya, mereka sedang menyusun usaha dan skema baru demi terciptanya perubahan di dalam skuadnya.

Renana baru ini juga sepertinya akan membuat Solskjaer berpikir lebih luas untuk mengkombinasikan pemain muda dan berpengalaman ke dalam jajaran skuadnya di musim depan. Ia sebelumnya sudah mempertanyakan karakter dan komitmen beberapa pemain yang ia miliki, maka tampaknya akan sedikit mudah untuk diterapkan dan disesuaikan kedepannya.

“Musim panas ini adalah momen krusial bagi kami. Semua yang akan kami rencanakan juga pasti berkaitan dengan masalah klub ini. Kami ingin merekrut pemain yang setidaknya bisa bertahan di sini selama bertahun-tahun (pemain muda). Saya tidak berpikir klub ini pernah menjadi klub yang siap pakai. Saat itu Ronaldo juga pernah tidak siap pakai, dan Rooney juga tidak siap pakai,” tutur Solskjaer dilansir dari MEN Sports.

“Banyak pemain telah datang ke sini, dan mereka berkembang menjadi superstar terbaik di dunia. Selalu menjadi model kebanggaan bahwa di sini kami mengembangkan pemain karena kami memiliki staf terbaik, lingkungan terbaik, dan juga suporter terbaik. Maka tak salah rasanya jika saya memiliki keinginan untuk merekrut pemain seperti itu di musim panas nanti.”

Tampaknya, model kebanggaan seperti yang Solskjaer bilang memang masih bisa terus diterapkan di United. Namun, model tersebut dapat berkembang karena ada sebuah peraturan dan lingkungan baik di sekitarnya. Tapi sekarang, peraturan dan lingkungan itu telah berubah. Bahkan, peraturan dan lingkungan yang ada di sekitar Solskjaer saat ini adalah peraturan dan lingkungan yang kurang mendukung.

Dengan begitu, Solskjaer juga tidak harus pergi untuk merekrut pemain siap pakai atau pemain bintang di musim panas nanti. Hanya cukup merekrut pemain dengan sedikit pengalaman dan kepemimpinan saja maka United sudah memiliki opsi yang terbaik. Karena untuk membantu dan membimbing para pemain United saat ini, sangat perlu dibutuhkan jenis pemain seperti itu.

Sumber: Manchester Evening News

Comments

Loading...