OUR NETWORK

Axel Tuanzebe Kembali Dipinjamkan ke Aston Villa

Axel Tuanzebe akan menjalani musim 2021/2022 dengan bermain di Aston Villa. Ia akan bergabung dengan kesebelasan yang dilatih Dean Smith tersebut dengan status pinjaman hingga akhir musim.

Tuanzebe sebenarnya baru saja memperpanjang kontrak barunya bersama United. Ia dikontrak hingga Juni 2023 mendatang serta opsi satu tahun perpanjangan.

Buat Tuanzebe, Villa jelas bukan tempat asing. Dari tiga kali masa peminjamannya, tujuannya selalu klub yang bermarkas di Villa Park tersebut. Puncaknya terjadi di musim 2018/2019. Selain karena ia tampil di 30 pertandingan, Tuanzebe juga membantu Villa promosi dari Divisi Championship.

Karena hal ini pula, sejak musim 2019/2020, Tuanzebe kembali ditarik ke tim utama United. Sayangnya, ia jarang mendapatkan kesempatan bermain, utamanya karena cedera. Selain itu, permainan Harry Maguire dan Victor Lindelof pun sulit untuk digantikan. Karena itu, peminjaman menjadi kesempatan yang bagus buat Tuanzebe untuk menunjukkan kualitasnya.

Tuanzebe sudah di United sejak usia sembilan tahun. Ia hampir selalu ditunjuk sebagai kapten di tiap tingkatan usia. Tuanzebe bahkan ditunjuk sebagai kapten utama dalam pertandingan Carabao Cup menghadapi Rochdale pada September 2019. ia pun menjadi pemain United termuda yang menjadi kapten sejak Norman Whiteside.

Baca juga: Norman Whiteside (1): Pembuat Sensasi Pada Usia Muda

Debutnya di tim senior terjadi pada 29 Januari 2017. Kala itu, ia masuk pada menit ke-68, menggantikan Timothy Fosu-Mensah dalam kemenangan 4-0 atas Wigan Athletic di Piala FA. Di tahun yang sama, ia mendapatkan penghargaan denzil Haroun Reserve Team Player of the Year.

Dengan peminjaman ini, Tuanzebe akan kembali ke United pada akhir musim 2021/2022, dengan harapan ia bisa mengambil posisi di skuad utama.

Ole Gunnar Solskjaer sebenarnya menyukai permainan Tuanzebe. Namun, ia mengakui kalau bek berkebangsaan Inggris tersebut harus dipinjamkan mengingat hadirnya Raphael Varane dari Real Madrid. Tuanzebe tentu akan kesulitan untuk menembus tim utama, mengingat masih ada Lindelof dan Eric Bailly.

“Tentu saja, dengan Raphael masuk, aku bisa melihat kalau Axel akan keluar,” kata Ole.

Sebelumnya, Ole juga memuji Tuanzebe dengan bilang, “Kami eprcaya dengan anak-anak, itu pasti. Kami selalu tahu kalau Axel adalah bek tengah yang sangat bagus dan kalau dia tetap bugar dan selalu bugar, dia akan bermain banyak pertandingan buat kami.”

“Dia memiliki semua keahlian bek tengah yang dibutuhkan Manchester United. Dia bisa main di bek kanan dan gelandang tengah. Dia bermain di bek kiri musim lalu menghadapi Arsenal, pertandingan yang fantastis.”

“Buatku sekarang, adalah sual menjaganya tak cedera, menjaganya konsisten di sana di tempat latihan dan bertanding jadi dia bisa bekerja, karena dia melewatkan terlalu banyak pertandingan di awal kariernya.”

“Kami tahu dia akan fit saat ini dan dia bekerja sangat keras. Kami percaya pada anak itu, itu pasti. Dia membuktikannya secara sekilas tetapi ini adalah soal konsistensi.”

Konsistensi dan ritme permainan ini yang diharapkan United ditemukan Tuanzebe di Aston Villa. Apalagi, Villa musim lalu juga tak tampil buruk. Mereka berada di peringkat ke-11 dengan sejumlah pemain yang namanya mencuat seperti Jack Grealish, Ross Barkley, dan saingan Tuanzebe di lini pertahanan: Tyrone Mings.

Tuanzebe adalah pemain ketujuh United yang dipinjamkan United musim ini setelah Tahith Chong (Birmingham City), Nathan Bishop (Mansfield Town), Reece Devine (St Johnstone), Facundo Pellistri (Alaves), Di’Shon Bernard (Hull City) dan Will Fish (Stockport County).

Semoga beruntung, Axel!

Comments

Loading...