OUR NETWORK

Wajah-Wajah Baru di Balik Perubahan Manchester United

Manchester United memiliki staf kepelatihan dengan wajah-wajah baru setelah kepergian Jose Mourinho. Bukan cuma itu saja, staf kepelatihan mereka pun tampak lebih kredibel dari sebelumnya, salah satunya adalah Mike Phelan.

Mike Phelan sendiri bahkan telah mengungkapkan bahwa semua perubahan yang terjadi dari sisi staf kepelatihan pasca era Mourinho, telah membuahkan banyak hasil. Menurutnya, peran yang dimainkan dirinya dan rekan staf dalam tim pelatih, berhasil memastikan ‘apa yang sebenarnya’ terjadi dengan cara Manchester United selama ini.

Di sisi lain, Phelan, yang notabene adalah salah satu mantan staf pelatih era Sir Alex Ferguson, sengaja ditarik kembali ke klub ketika Ole Gunnar Solskjaer mengambil alih sebagai manajer sementara pada akhir tahun lalu. Dari penunjukkan tersebut, United tampak memiliki dampak positif yang terbilang instan dengan memenangkan enam pertandingan liga secara berturut-turut.

Sementara, Solskjaer sendiri menjadi satu orang yang dinilai paling kompatibel dibalik semua perubahan tersebut. Maka tak heran jika saat ini ia telah menerima banyak pujian, di tengah rekor United yang belum terkalahkan di bawah asuhannya. Selain itu, banyak juga yang memuji Phelan dalam membantu Solskjaer memenuhi ekspektasi publik Old Trafford yang belum terwujud dalam beberapa musim terakhir.

“Anda harus tau bahwa perubahan ini benar-benar bekerja. Permainan United jadi baik, umpan-umpan di atas lapangan semakin bagus. Kami akan teruskan ini. Dalam rentang usia yang rata-rata jauh, kami (para staf kepelatihan) semua punya ide yang berbeda, kami banyak berkomunikasi dan sangat menyegarkan,“ tutur Mike Phelan kepada ManUtd.com

“Ole duduk di sana, di puncak kepemimpinan, dan saya berada di antaranya untuk memastikan semuanya terjadi seperti yang seharusnya ada di Manchester United. Ini sedikit membawa saya kembali ke dalam proses yang pernah saya miliki sebelumnya di bawah Sir Alex. Ada dinamika ekstra di sana, dan itu semua adalah bagian dari klub sepakbola.”

Mantan tangan kanan Sir Alex Ferguson itu juga sangat memuji kinerja Michael Carrick dan Kieran McKenna. Posisi mereka di dalam staf kepelatihan tetap dipertahankan meski sebelumnya mereka bekerja di bawah Jose Mourinho. Menurut Phelan, kedua staf pelatih tersebut memiliki dua pengalaman yang berbeda, yang nantinya akan saling berkombinasi satu sama lain demi terciptanya kualitas pelatihan yang baik bagi para pemain Setan Merah.

“Mereka punya bakat serius dalam melatih. Saya pikir Michael, sekarang telah mengalami kemajuan dengan sangat baik. Dia menemukan kemampuannya di dalam organisasi staf kepelatihan, dan dia sering memberi pendapat bagus tentang permainan. Dia telah menjadi orang yang luar biasa di sini,” pungkas Phelan.

“Lalu ada Kieran, dia telah menjadi orang yang luar biasa di klub ini. Dia telah masuk ke sini dan melatih di Akademi, jadi dia tahu mengenai komposisi pemain muda. Hal seperti ini bisa jadi dampak baik, karena baik Kieran maupun Carrick, mereka dapat mengkombinasikan kemampuannya. Mereka sudah berada di sini dan membawa semua metode yang mereka miliki di tim utama.”

 

Sumber: Manchester Evening News

Comments

Loading...