OUR NETWORK

Tumbangnya Para Pemain Manchester United

Kabar kurang enak datang dari Manchester United. Salah satu pemain terbaik mereka musim ini, Aaron Wan-Bissaka, mengalami cedera ketika mengikuti sesi latihan bersama tim nasional Inggris jelang pertandingan kualifikasi Euro 2020 melawan Bulgaria. Mantan pemain Crystal Palace ini dikabarkan mengalami cedera punggung dan harus kembali ke Manchester.

Posisi Wan-Bissaka tidak digantikan oleh siapa pun mengingat mereka membawa dua pemain lain yang berposisi sama seperti AWB yaitu Trent Alexander-Arnold dan Kieran Trippier. Hal ini berarti, Gareth Southgate hanya akan membawa 24 pemain jelang pertandingan yang berlangsung pada 7 September nanti di stadion Wembley.

Kejadian ini tentu saja merugikan Wan-Bissaka. Alasannya sederhana, inilah kali pertama dirinya dipanggil timnas senior setelah beberapa kali bermain untuk timnas U-21. Berkat penampilannya yang konsisten, ia diharapkan bisa mendapat kesempatan dalam satu atau kedua pertandingan yang dijalani Inggris pada jeda internasional kali ini.

Cederanya Wan-Bissaka menambah daftar para pemain United yang mengalami masalah kebugaran. Sebelumnya, Paul Pogba juga membatalkan kepergiannya bersama tim nasional setelah terpincang-pincang pada pertandingan terakhirnya melawan Southampton. Tempatnya digantikan oleh pemain tengah Arsenal, Matteo Guendouzi, yang sedang mengalami peningkatan performa bersama Meriam London.

Belum jelas apakah cedera Wan-Bissaka dan Pogba begitu parah sehingga membuat keduanya tidak bisa bermain pada pertandingan berikutnya menghadapi Leicester City pekan depan. Namun kejadian ini sudah pasti membuat pusing Ole Gunnar Solskjaer. Kehilangan keduanya sudah pasti memberikan masalah tambahan mengingat kondisi skuad saat ini tergolong tipis.

Sebelum AWB dan Pogba, Solskjaer telah lebih dulu kehilangan Luke Shaw dan Anthony Martial yang mengalami cedera melawan Crystal Palace. Beberapa hari sebelumnya, Diogo Dalot lebih dulu tumbang. Jauh sebelum pertandingan itu dimulai, Eric Bailly mengalami masalah lutut pada sesi pra-musim, sedangkan Timothy Fosu-Mensah masih menjalani pemulihan.

Jika AWB dan Pogba absen, maka United akan kehilangan setengah dari kekuatan mereka pada musim ini. Hilangnya Wan-Bissaka membuat United kekurangan sosok pelapis untuk sektor bek kanan. Jika ia benar absen pada laga melawan Leicester, maka posisi ini kemungkinan akan diisi oleh Ashley Young mengingat Dalot masih cedera dan Matteo Darmian sudah pindah ke Parma.

Sebelum AWB datang, Ashley Young adalah bek kanan reguler Setan Merah. Akan tetapi, ia tampil sangat buruk dan menjadi titik lemah pertahanan United. Selain itu, menggeser Young ke kanan otomatis membuat sisi kiri United menjadi kosong. Hanya ada Marcos Rojo dan pemain muda Brandon Williams yang bisa mengisi sektor ini. Keduanya juga tidak terlalu meyakinkan. Rojo, sudah lama tidak bermain di bawah arahan Solskjaer dan hanya menjadi pemain belakang pilihan terakhir, sedangkan Williams masih terlalu muda dan belum pantas diberi beban mengisi tempat Shaw.

Hilangnya Pogba akan membuat United kehilangan sumber kreativitas di lini tengah. Musim ini, Pogba sudah membuat dua asis. Mantan pemain Juventus ini adalah titik awal dari serangan United ketika memasuki lini tengah. Hanya dia yang mempunyai akurasi serta jangkauan passing yang mumpuni dibanding pemain tengah lain.

Jika Pogba benar-benar absen, maka salah satu dari Fred dan Andreas Pereira akan mengisi posisi ini. Akan tetapi, kedua pemain ini masih belum menampilkan permainan terbaiknya. Bahkan Fred belum sekali pun turun dalam empat pertandingan yang sudah dimainkan. Lini depan jelas tidak bisa bekerja dengan baik apabila lini tengahnya kurang solid.

Semoga saja cedera Wan-Bissaka dan Pogba tidak terlalu parah sehingga kedua pemain ini bisa dimainkan dua pekan mendatang.

Comments

Loading...