OUR NETWORK

Titik Terang Transfer Jadon Sancho

Manchester United telah menyetujui kesepakatan 72,9 juta paun untuk menandatangani Jadon Sancho dari Borussia Dortmund. Dilansir dari Manchester Evening News, dipahami bahwa United telah setuju untuk membayar 72.9 juta paun (85 juta euro) di muka tanpa tambahan. Meskipun Dortmund sendiri berusaha untuk menegosiasikan biaya yang lebih tinggi.

MEN Sports melaporkan Manchester City dikabarkan akan menerima 15% dari biaya Jadon Sancho karena klausul penjualan mereka yang tertera pada transfer si pemain ke Dortmund (2017). Di satu sisi, Sancho sendiri menyetujui persyaratan pribadi terkait kontrak lima tahun dengan United. Ini merupakan kabar baik dan menjadi titik terang tentang masalah kepindahannya selama ini.

Karena sebelumnya, gaji Sancho merupakan batu sandungan terbesar dalam negosiasi di tahun lalu. Namun United berhasil menyelesaikan persyaratan pribadinya itu dengan cepat dan mengakhiri persoalan biaya dengan Dortmund. Ya bisa dibilang, negosiasi di musim panas ini jauh lebih menguntungkan Setan Merah.

Pandemi Covid-19 dan dengan dua tahun tersisa di kontrak Sancho membuat Dortmund tidak punya banyak pilihan selain menguangkan salah satu aset terbaiknya. Jelas, dengan nilai jual Jadon Sancho yang tinggi, maka itu berarti mereka harus melepasnya supaya bisa memperoleh keuntungan di musim panas ini.

Dortmund menuntut 108 juta paun untuk Sancho pada musim panas lalu. Harga tersebut 35,1 juta paun lebih besar dari harga yang disepakati oleh United saat ini. Maka wajar mengapa pemain asal Inggris itu gagal berlabuh ke Old Trafford di musim lalu. Sancho juga ternyata telah mendorong agennya, Emeka Obasi, agar membuka jalan baginya pergi di musim ini.

Pada pekan lalu, sebetulnya kesepakatan antara kedua klub telah rampung. Namun, ada sedikit kesulitan karena United ingin mereduksi biaya yang terlalu mahal dari kesepakatan tersebut. Dan pada akhirnya, semua terselesaikan. Hebatnya lagi kesepakatan ini terjadi di era pertama Matt Judge sebagai direktur negosiasi sepakbola.

Ini pertanda baik bagi struktur baru klub di United. Pertanda baiknya adalah, mereka telah menghindari saga Sancho yang menyesakkan. Ya meskipun harus mengorbankan satu musim berlalu, tapi pada akhirnya kesepakatan transfer terjalin. Mengingat Jadon Sancho juga adalah “prioritas” transfer Manchester United.

Memang, kabar soal pemain berusia 21 tahun itu berubah menjadi semacam topik yang tabu dalam beberapa bulan lalu di United. Dan kini mulai berubah menjadi kabar yang menyenangkan lantaran menemui titik terang pada kesepakatannya. Borussia Dortmund benar-benar membuat keputusan yang tepat untuk menjual Sancho, maka United hadir di sana untuk menampung si pemain.

Jadon Sancho, seperti yang digambarkan Ed Woodward secara pribadi, adalah seorang yang mampu berperan sebagai pengubah permainan. Ia pasti akan masuk di sisi pos sayap kanan United dan melengkapi formasi Edinson Cavani, Bruno Fernandes dan Marcus Rashford di lini depan. Atau, ia akan memainkan sebagian besar perannya di sisi kiri. Ya semuanya akan tergantung Ole Gunnar Solskjaer.

Tapi yang jelas, sekarang tinggal bagaimana Setan Merah dapat menyepakati kesepakatan lainnya, seperti mencari pemain bek tengah atau gelandang bertahan. United masih butuh pemain lain. Tentu saja semuanya itu demi memperkuat skuatnya di berbagai lini. Karena dengan cara inilah mereka memiliki modal untuk bersaing secara ketat di musim depan.

Comments

Loading...