OUR NETWORK

Manchester United Perlu Tingkatkan Kualitas Strikernya

Sejak hengkangnya Romelu Lukaku dari Old Trafford pada 2019, Manchester United banyak memiliki masalah pada lini depannya. Terutama pada pos pemain nomor “9”. Oleh sebab itu beberapa para pundit sepakbola, termasuk Jamie Carragher dan Mark Hughes, menyarankan kepada Setan Merah untuk memperbaiki masalah kualitas strikernya.

Bahkan menurut Jamie Carragher, efektifitas menyerang United telah dirusak oleh kurangnya kualitas di lini depan. Terutama saat mereka menghadapi Chelsea akhir pekan lalu. Meskipun di satu sisi, mereka berhasil memperpanjang rekor tak terkalahkan Premier League menjadi 20 pertandingan –dengan hasil imbang 0-0 di Stamford Bridge.

Tapi ya tetap saja, kebuntuan itu membuat tim Ole Gunnar Solskjaer gagal mencetak gol saat melawan tim enam besar di pertandingan Premier League. Masalah ini merupakan catatan yang buruk bagi mereka. Dan parahnya lagi, tidak tanggung-tanggung, mereka sudah gagal menjebol gawang tim enam besar secara enam kali berturut-turut.

Itu berarti, penalti Bruno Fernandes dalam kekalahan 6-1 pada Oktober lalu dari Tottenham, adalah satu-satunya gol yang dicetak United saat melawan salah satu dari tim enam besar. Pada intinya, dalam tujuh pertemuan musim ini, mereka cuma mampu mencetak satu gol. Dengan hasil imbang kala melawan Chelsea, mereka juga tertinggal 12 poin di belakang Manchester City.

Maka dari itu Jamie Carragher yakin kalau saat ini United sedang membutuhkan suntikan kualitas striker yang berkelas. Setidaknya setara dengan pemain Spurs Harry Kane atau penyerang Borussia Dortmund Erling Haaland. Karena hanya dengan striker berkualitas seperti kedua pemain barusan yang bisa mewujudkan cita-cita United untuk kembali meraih gelar.

“Saya tidak akan menggambarkan Ole Gunnar Solskjaer sebagai manajer defensive. Karena, dia adalah orang yang telah bermain untuk Manchester United di tim yang begitu menyerang selama bertahun-tahun. Jadi inti masalahnya bukanlah di situ. Tapi saat ini, saya pikir mereka punya masalah kualitas (di lini depan),” ujar Carragher pada Monday Night Football.

“Ketika bola benar-benar sampai ke pemain depan, apakah ada kualitas yang cukup di sana? Mereka adalah pencetak gol terbanyak di Premier League, tetapi apakah mereka memiliki pemain yang bisa mencetak gol dalam pertandingan? Apakah ada pemain mereka yang menentukan dan membawa mereka ke gelar liga?”

“Orang-orang berbicara tentang United yang membutuhkan pemain sayap kanan, dan memang demikian. Akan tetapi mereka lebih membutuhkan penyerang tengah. Jika United memiliki Marcus Rashford di kiri, penyerang tengah baru, dan Mason] Greenwood di kanan, pasti mereka akan mengatasi kurangnya kualitas,” tambahnya.

“Anda sudah melihat opsinya. Di negara ini (Inggris) ada striker sekelas Harry Kane, atau Erling Haaland yang masuk ke banyak daftar belanja tim besar Eropa. Anda bertanya-tanya apakah mereka pemain yang harus diincar Manchester United? Ya, itu sangat jelas sekali.”

Selain Jamie Carragher, mantan striker Manchester United Mark Hughes juga sedikit berpendapat serupa. Ia merasa yakin bahwa tidak ada pemain depan di mantan klubnya itu yang benar-benar ingin menjadi penyerang tengah. Padahal United sedang butuh penyerang saat ini.

Sama seperti Carragher, bagi Hughes, Kane dan Haaland adalah dua pemain yang perlu dijadikan target transfer pasukan Setan Merah. Eks klubnya itu harus segera mendapatkan salah satu servis dari kedua striker tersebut guna memberi fokus pada skema menyerang mereka ketika pertandingan.

“United memiliki kualitas bagus di lini depan, tetapi mereka membutuhkan seseorang seperti Edinson Cavani lima tahun lalu. Terutama ketika dia sedang dalam puncak kualitas kariernya. Ya sekarang, United mungkin mendapatkan Cavani pada waktu yang salah, tetapi dia masih seorang penyerang tengah yang luar biasa,” ungkap Mark Hughes dikutip dari Sky Sports.

“Ketika dia bermain di tim ini, dia memberi mereka lebih banyak fokus, lebih percaya diri, dan hal-hal baik terjadi di sekitarnya. Dengan Martial, Rashford dan Greenwood, mereka semua ingin bermain di posisi manapun selain di tengah. Mereka semua telah dicoba di tengah, tetapi Anda merasa tidak ada dari mereka yang benar-benar ingin berada di sana.”

“United membutuhkan seorang striker dengan kualitas di lini tengah. Nama Harry Kane dan Erling Haaland adalah dua tipe pemain yang mereka butuhkan di pasar transfer saat ini. Apakah para pemain itu dapat diakses, atau apakah United memiliki kemampuan untuk menarik para pemain itu masih harus dilihat. Karena banyak klub akan mendambakan servis mereka.”

Comments

Loading...