OUR NETWORK

Ketika Zlatan Ibrahimovic Menginspirasi Romelu Lukaku

Striker bertubuh jangkung biasanya kerap memiliki kualitas spesial dalam permainannya. Striker seperti ini juga terkadang memiliki tugas khusus dalam skema permainan sebuah tim. Maka wajar rasanya, jika setiap striker ini bisa saling membagikan hal yang ia miliki dengan striker sejenis bila mereka berada di dalam satu tim yang sama, seperti halnya Zlatan Ibrahimovic dan Romelu Lukaku di musim lalu.

Keduanya pernah menjadi contoh nyata ketika harus berbagi ilmu dengan sesama striker jangkung di Manchester United. Bahkan, Lukaku tak canggung mengungkapkan bahwa ia sempat mengalami kondisi sulit, di mana ia dihadapkan dengan tantangan harus bersaing dengan Zlatan Ibrahimovic dalam latihan. Namun, situasi ini justru mengajarinya segala hal, terutama mengajarinya tentang bagaimana menjadi pencetak gol ala Ibra.

Di sisi lain, Ibra, begitu dikenal oleh para penggemar sepakbola sebagai striker serba bisa di eranya. Dari gol-gol cantik hingga tendangan superpower, kerap ia buat di atas lapangan. Selain itu, di setiap klub yang ia perkuat, ia juga selalu menjadi bintang yang menonjol. Klub yang diperkuatnya pun notabene adalah klub besar, termasuk Manchester United, yang juga menjadi klub besar Eropa terakhir yang ia perkuat dalam perjalanan kariernya.

Akan tetapi, performa apiknya di United hanya berlangsung satu tahun saja, hingga akhirnya ia memulai petualangan baru di Amerika dengan bergabung bersama Los Angeles Galaxy. Keputusannya ini sebagian diilhami oleh kesadaran bahwa ia tidak bisa lagi tampil minggu per minggu seperti yang diinginkannya di Old Trafford, menyusul periode frustrasi dari cedera yang merusak musim keduanya.

Yang jelas, semua orang tetap merasa senang melihat Zlatan bermain dengan sangat baik di AS, dan Lukaku termasuk di antara mereka yang bahkan merasa bahagia karena ia masih mendapat manfaat dari kebijaksanaan yang pernah dibagikannya saat masih berseragam Setan Merah di musim lalu.

Striker asal Belgia itu justru tidak merasa keberatan untuk membagikan apa yang telah ia dapatkan dari Zlatan kepada publik sosial media. Ia lalu menjawab pertanyaan yang diajukan oleh penggemarnya di media sosial itu dengan mengatakan bahwa latihan dan persaingan yang sangat kompetitif antara dirinya dengan Zlatan melahirkan sebuah motivasi untuk terus membuatnya berkembang.

“Semua yang saya pelajari dari Zlatan adalah hal yang sangat bagus. Berawal dari kisahnya yang dia ceritakan ketika dia di Inter, AC Milan, Barcelona dan bahkan Ajax, saya justru dibuat semakin termotivasi ketika berada di lapangan dan bekerja dengannya. Saya terpacu ketika melihat betapa kompetitifnya dia,” ungkap Romelu Lukaku dilansir dari website resmi Manchester United.

“Saya ingat satu sesi latihan, karena kami berdua adalah striker jangkung, kami tidak pernah berada di tim yang sama dan, pada satu momen, saya dihadapkan tantangan satu lawan satu. Dia (Ibra) terus menyerang saya! Saat itulah saya tahu bahwa orang ini selalu ingin bersaing, dan pria ini ingin memperjuangkan tempatnya. Itu sebabnya dia mengubah cara berpikir saya.“

“Yang dia lakukan itu benar-benar membuka mata saya. Ibra selalu berjuang untuk berada di posisi di mana dia berada. Jadi, saya banyak belajar untuk terus fokus, bekerja keras dan menikmati posisi saya sepertinya. Karena, dari dirinya saya bisa mengambil makna, bahwa seorang striker jangkung memiliki sesuatu hal yang khas, yang bisa membuat saya memiliki karakter yang lebih bagus.”

Memang, Zlatan Ibrahimovic adalah salah satu striker terbaik yang sering beradaptasi secara instan disetiap klub yang diperkuatnya. Bahkan, selama musim pertamanya di MLS, ia memulai penampilannya dengan mencetak dua gol di derby Los Angeles perdananya, dan salah satu gol yang ia cetak adalah tendangan akrobatik yang berhasil mengejutkan dunia.

Penampilan awalnya itu kemudian membuatnya berhasil mencetak 22 gol dalam 27 pertandingan di musim itu, dan mendapatkan tempat di tim MLS All-Star. Maka wajar rasanya, jika Romelu Lukaku benar-benar sangat termotivasi dengan apa yang Zlatan Ibrahimovic pernah bagikan padanya.

 

Sumber: ManUtd.com

Comments