OUR NETWORK

Harry Maguire: Bagi Saya, Jadwal Padat dan Kelelahan Bukanlah Masalah

Manchester United telah banyak memainkan dua pertandingan dalam satu minggu di musim ini. Akibatnya, para pemain mereka sering kelelahan sehingga tampil kurang konsisten di tiap minggunya. Dan hal ini menjadi satu masalah yang sedikit disinggung oleh sang kapten Harry Maguire.

Pemain bek Inggris itu bahkan memberikan sebuah wawasan tentang bagaimana jadwal yang padat dan penuh tuntutan dapat memengaruhi pemain secara signifikan. Meskipun Maguire sendiri yakin kalau kebugarannya dapat bertahan, setidaknya sampai musim ini berakhir.

Di satu sisi, Maguire telah memainkan pertandingan ke-49-nya di musim ini. Ia bermain untuk Inggris dalam laga melawan Albania pada akhir pekan lalu, dan ia akan memainkan pertandingan ke-50-nya jika bermain melawan Polandia pada Rabu (31/1) nanti.

Lalu, jika United sanggup mencapai final Europa League, mungkin akan ada 14 pertandingan lagi di musim ini. Maka itu berpotensi akan membawa Harry Maguire mengoleksi 64 pertandingan sebelum dimulainya kompetisi Euro 2020 yang baru diadakan di musim panas ini.

Ya pada intinya, seperti yang dikatakannya sendiri, eks pemain Leicester City itu tetap yakin bahwa dirinya dapat menghindari kelelahan. Ia sangat percaya diri bahwa ia masih mampu untuk memainkan peran penting di United, dan juga untuk Inggris selama Euro 2020 nanti.

“Tidak, itu (kelelahan akibat padatnya jadwal pertandingan) bukan sesuatu yang saya pikirkan. Saya tidak melihat ke dalam pikiran negatif saya sendiri. Saya melihatnya sebagai hal positif, karena saya telah memainkan begitu banyak pertandingan,” ujar Maguire dilansir dari MEN Sports.

“Saya bekerja keras ketika saya tidak bermain. Itu digunakan untuk menjaga diri saya sendiri. Secara mental dan fisik, saya merasa seperti saya berada di tempat yang baik. Ada banyak pertandingan yang dimainkan di setiap minggunya, dan saya rasa tidak apa-apa. Tapi United juga pernah memiliki tujuh hari tanpa pertandingan. Maka satu minggu bisa dipakai persiapan.”

Hanya saja, kendati mampu bertahan dari semua pertandingan yang dimainkannya sejauh ini, Harry Maguire tetap ingin menjaga semua rekannya mendapatkan hal yang sama. Karena jadwal United di musim ini luar biasa. Jadi tim Ole Gunnar Solskjaer belum memiliki waktu luang pada pertengahan pekan sejak September tahun lalu.

Dengan pertandingan perempat final Europa League melawan Granada yang akan datang, maka kemungkinan padatnya jadwal akan terus berlanjut untuk sementara waktu. Maka menyikapi hal ini, Maguire mengungkapkan bahwa setiap rekannya perlu memanfaatkan waktu. Terutama waktu yang diperoleh dari tempat latihan.

“Bagian tersulit saat ini mungkin kami tidak lepas dari latihan yang melelahkan, dan melakukan permainan yang singkat dan tajam. Tapi saya hanya bermain 3 vs 3 beberapa hari yang lalu di sini bersama timnas Inggris (dalam latihan). Dan itu mungkin permainan kecil pertama yang saya dapatkan untuk waktu yang lama,” ungkap Maguire.

“Saya pikir saat ini, terutama di level klub, jangan terlalu menghabiskan banyak waktu di lapangan latihan. Karena waktu momen latihan sangatlah mahal dan berharga. Sehingga kami memiliki banyak pertemuan tentang hal-hal taktis dan tidak banyak latihan yang singkat dan tajam.”

“Jadi, di lapangan itu hanya kaki saja yang berbicara. Dan ketika istirahat, maka kami bersiap untuk pergi lagi. Secara mental, terutama setelah kekalahan, hal terbaik adalah berkomunikasi untuk mengembalikan pikiran positif. Lalu memenangkan pertandingan berikutnya, itu adalah car terbaik yang perlu dilakukan saat ini.”

Comments

Loading...