OUR NETWORK

Carrick, Tentang Ole, Caretaker, dan Manajer Baru United

Setelah Ole Gunnar Solskjaer berpisah dengan Manchester United, kini pos manajer sementara diemban oleh Michael Carrick. Ia akan menangani United sampai klub memilih manajer interim yang akan menangani klub hingga akhir musim ini.

Carrick sejatinya merasakan sendiri bagaimana Ole memberikan dampak terhadap United. Banyak orang yang merasakan kesedihan usai kepergian itu. Soalnya, Ole tahu betul bagaimana caranya memperlakukan manusia.

“Melihat Ole sayangnya kehilangan pekerjaannya kemarin itu sulit buatku. Itu juga sulit buat banyak orang di klub. Anda bisa mengatakannya lewat emosi yang ada di sini kemarin dan bagaimana Ole berarti buat semua orang,” terang Carrick.

Carrick menerangkan kalau Ole sebenarnya sadar bagaimana hasil dalam satu pertandingan itu sangat penting di industri sepakbola saat ini. Sayangnya, meski Ole sudah membenahi fondasi dan membuat hubungan yang baik, tapi ia tidak mendapatkan hasil yang layak.

“Aku ingin berterima kasih banyak kepada Ole, terutama dariku dan para staf juga para pemain karena aku belajar banyak hal darinya. Dia mengajarkanku banyak hal dan merupakan kesenangan bisa bekerja dengannya,” kata Carrick.

Soal masa depannya, Carrick tak mau terlalu memikirkan. Karena yang ada di kepalanya sekarang adalah pertandingan menghadapi Villareal.

Ketika ditanya mengapa musim ini terlihat ada perbedaan, padahal ada kemajuan di setiap musimnya, Carrick tak ingin melihat ke belakang.

“Aku pikir adalah hal penting bagi semua orang untuk melihat pada diri mereka dan apa yang bisa dilakukan untuk menjadi lebih baik,” kata Carrick.

“Sebagai pemain, itu juga sama berpikir apa yang bisa diperbaiki dan apa selanjutnya. Buatku, apa selanjutnya adalah kita akan naik pesawat ke Spanyol dan menyiapkan tim untuk pertanidngan besok. Itulah fokus yang sebenarnya dan aku menantikan pertandingan ini.”

Jelang laga melawan Villareal, Carrick tak mau membeberkan perubahan secara taktikal di dalam tim. Namun, ia menyatakan kalau ada kesamaan keyakinan antara dirinya dengan Ole.

“Ya, tentu saja, aku punya kepribadianku sendiri tapi tentu saja akan mirip karena itulah mengapa kami bekerja sama begitu lama.”

Carrick cuma punya waktu kurang dari sehari untuk menyiapkan pertandingan ini. Ia merasa ini sebagai tantangan. Ia pun memastikan kalau dirinya akan melakukan segala yang ia bisa.

“Tentu saja, waktunya terbatas, aku juga sadar itu tapi ini adalah tantangan yang kunikmati saat ini. Duduk di sini adalah tanggung jawab besar tetapi Anda menantikannya. Aku punya pemain hebat di sini membantuku dan sekelompok pemain hebat. Aku tahu ini tak seperti yang kita inginkan akhir-akhir ini, tapi ini adalah grup yang fantastis.”

Carrick pun enggan mengutarakan ambisinya soal menangani United lebih lama dari sekadar satu atau dua pertandingan. Soalnya, segalanya terjadi begitu cepat usai Ole dipecat. Jadi, ia benar-benar hanya memikirkan pertandingan melawan Villareal. Ia hanya akan membahas pertandingan selanjutnya kalau diperlukan atau dalam kata lain kalau ia masih menjadi caretaker.

“Selama aku di sini, aku akan memberikan yang terbaik untuk mendapatkan hasil yang bagus. Aku benar-benar percaya bahwa kami harus mendapatkan hasil yang bagus dan kami akan menunggu dan melihat apa yang terjadi setelahnya,” terang Carrick.

Perubahan manajerial tentu akan membuat kondisi pemain sedikit tak nyaman. Karena posisi mereka di tim utama bukan tak mungkin akan terganggu karenanya. Di sisi lain, United sudah menetapkan akan ada manajer caretaker, manajer interim hingga akhir musim, lalu manajer permanen. Artinya ada tiga manajer yang berganti selama setahun ke depan. Ini bukan tidak mungkin berpengaruh kepada para pemain itu sendiri.

Carrick enggan mengomentari hal itu. Soalnya itu bukan kewenangannya. Akan tetapi, ia sepenuhnya sadar dan menghormati itu. “Bukan posisiku untuk mengomentari itu,” terang Carrick.

Saat diminta menggantikan Ole, Carrick menjelaskan kalau itu terjadi pada pagi hari di tempat latihan. Ada Ed Woodward dan Ole tengah berbicara. Carrick pun mulai menyiapkan menu latihan di hari itu. Setelahnya dijelaskan kalau Carrick-lah yang akan menjadi manajer caretaker di laga melawan Villareal. Untungnya, para pemain beradaptasi dengan itu dan bereaksi dengan baik.

Carrick pun bertemu para pemain dan mengucapkan sejumlah hal kepada mereka. Intinya, ia ingin mereka menikmati pertandingan, dan mengeksperesikan diri.

Sejatinya, Ole pernah bilang kalau di tempat latihan, para pemain tampil bagus. Pun dengan Carrick. Namun, hasil pertandingan justru tak menunjukkan hal tersebut.

Saat ini, hal terbesar buat para penggemar dan staf kepelatihan adalah hasil akhir. “Ada tanggung jawab yang kami miliki dengan bermain untuk tim ini yang mana tidak ada di banyak klub lain dan itu sesuatu yang kami rangkul dan hormati betul selama aku ada di klub ini. Ini yang aku harapkan dari para pemain tentunya,” kata Carrick.

Sumber: Manutd.com

Comments

Loading...