OUR NETWORK

Beda Nasib Elanga dan Ronaldo di Laga Brentford vs United

Hasil akhir dari laga Brentford vs Manchester United agaknya bisa menjadi satu hal yang menarik untuk dibicarakan. Gol dari Anthony Elanga, Mason Greenwood dan Marcus Rashford setidaknya berhasil memberikan dorongan ambisi kepada Setan Merah untuk masuk ke empat besar.

Satu pemain yang perlu disorot dari laga ini adalah Anthony Elanga. Ia turut mencatatkan namanya di papan skor. Dan karena hal ini, ia mengakui kalau dirinya sangat menghargai keputusan Ralf Rangnick untuk memasukkannya ke tim utama.

“Saya sangat menghargai bos. Dia melihat saya dalam latihan. Dia mengamati intensitas, seberapa banyak saya berlari, dan jika saya bekerja keras, maka saya akan mendapatkan hadiah (bermain di tim utama). Itulah yang saya coba lakukan setiap hari. Saya berusaha bekerja keras dan berlatih dengan cara yang saya inginkan,” ungkap Elanga dikutip dari BT Sport.

Elanga sendiri menampilkan beberapa improvisasi permainan yang cukup brilian di lini depan. Dengan penampilannya inilah ia mampu menyundul bola ke bagian belakang gawang Brentford untuk membuka skor bagi United. Selain itu, Elanga juga sempat menjadi starter melawan Aston Villa, dan ia tampil cemerlang di pertandingan itu.

Mungkin bukan hanya Elanga yang berterima kasih kepada Rangnick atas kesempatannya untuk bermain di tim utama. Karena Rangnick pun merupakan pengagum Elanga. Menurut MEN Sports, pelatih asal Jerman itu bahkan mengakui kalau ia terkesan dengan pemain muda akademi klub tersebut sejak awal ia melihatnya di tim.

Tapi itu adalah satu sisi yang mungkin bisa dianggap sebagai hal positif di laga Brentford vs United. Sementara di sisi yang lain, Cristiano Ronaldo adalah satu pemain yang jadi sorotan karena ia digantikan di 19 menit tersisa. Meskipun Ralf Rangnick mengonfirmasi kalau pergantian Ronaldo ini bersifat taktis dan rotasional.

Ronaldo sendiri sempat melewatkan pertandingan Piala FA dan Premier League melawan Aston Villa pekan lalu karena cedera. Akan tetapi ia kembali ke tim utama dalam kemenangan 3-1 United di Brentford. Pemain berusia 36 tahun itu sebetulnya memainkan peran kunci dalam gol kedua Setan Merah. Ia memberikan umpan terobosan untuk Bruno Fernandes guna membantu Mason Greenwood merobek gawang The Bees.

Namun sayangnya, itu tidak membuatnya bertahan hingga akhir laga. Ronaldo bahkan terkejut ketika ia digantikan oleh Marcus Rashford pada menit ke-71. Sampai-sampai, ia terlihat berbicara kepada direktur teknis klub yakni Darren Fletcher dengan menanyakan; “mengapa Anda mengganti saya?”

Marcus Rashford kemudian mengubah skor menjadi 3-0 pada menit ke-77. Dan Rangnick, yang tidak menjelaskan keputusan taktisnya kepada Ronaldo, kemudian menghampiri Cristiano Ronaldo dan memberikan pencerahan setelah gol tersebut.

Secara keseluruhan, penampilan United di babak kedua jauh lebih baik daripada babak pertama. Dengan hasil ini, mereka juga akhirnya berhasil mengamankan kemenangan liga pertama mereka di tahun 2022.

Ya meskipun kemenangan ini memang harus ternodai dengan situasi kurang mengenakan yang terjadi pada Cristiano Ronaldo. Itu juga yang sampai membuat Ralf Rangnick terpaksa menjawab pertanyaan tentang reaksi anak asuhnya tersebut setelah ia terlihat tidak terima saat digantikan.

“Oke, itu normal. Sebagai seorang striker, dia ingin mencetak gol. Tapi sayangnya dia baru kembali dari cedera ringan. Jadi penting juga untuk diingat bahwa kami memiliki pertandingan lain dalam waktu tiga hari (melawan West Ham),” ujar Rangnick dilansir dari MEN Sports.

“Di sisi lain kami sudah unggul 2-0, dan itu hasil yang sama di Villa Park. Maka saya memutuskan untuk mempertahankan keunggulan itu kali ini. Saya pikir itu adalah keputusan yang tepat untuk beralih ke taktik lima bek. Kami bahkan mencetak gol ketiga, dan pada akhirnya kami ingin menjaga clean sheet. Sayangnya, kami tidak berhasil menjaga clean sheet. Tapi kami berhasil menang.”

Comments

Loading...