OUR NETWORK

Akhirnya, Phil Jones Kembali

Manajer Manchester United, Ole Gunnar Solskjaer, memuji Phil Jones karena bicara dengan terbuka soal kesehatan mentalnya. Ole juga mengonfirmasi kalau bek favorit kita semua ini masuk ke dalam skuad The Red Devils untuk menghadapi West Ham United pada Rabu (22/9) malam ini.

Jones sendiri belum turun di pertandingan kompetitif di tim utama United, sejak Januari 2020. Di laga itu, ia juga berhasil mencetak gol ke gawang Tranmere Rovers. Namun, cedera lutut mengharuskannya dioperasi dan menjalani rehabilitasi jangka panjang.

“Namun, terima kasih atas kerja kerasnya di Carrington, pertandingan tertutupnya bersama tim senior dan sejumlah penampilan di tim U-23, Phil untungnya membuat kemajuan soal kesehatannya,” tulis situs resmi Manchester United.

Dalam wawancaranya di UTD Podcast, Jones dengan berani mengungkapkan tantangan secara mental dan fisik luar biasa yang harus ia hadapi. Ia juga mengaku senang sekaligus lega bisa kembali ke tempat latihan bersama dengan rekan setimnya.

“Aku merasa baik saat ini. Tentu saja, aku telah melalui neraka dan kembali selama beberapa tahun terakhir. Aku sedikit kesulitan dengan lututku dan ada titik setelah lockdown di mana aku pikir sudah cukuplah sudah,” kata Jones.

“Aku menjaga diri dalam kondisi yang sangat baik selama lockdown dan kembali. Namun, aku ingat hanya berlatih di sii dan pergi ke dokter dan bilang ‘Sudah cukup’. Sayangnya, akan ada waktu lama di luar lapangan [untuk beristirahat], yang mana aku tahu akan sulit buatku, tapi itu adalah sesuatu yang harus aku lakukan.”

“Untungnya, aku melihat cahaya di ujung terowongan, dan aku kembali berlatih, main di beberapa pertandingan tertutup dan aku merasa sangat baik sekarang.”

“Sungguh bagus bisa kembali berlatih bersama anak-anak dan menikmati menjadi pesepakbola lagi karena selama 15 bulan terakhir, hanya perawatan dan tak banyak main bola.”

20 bulan tak main, Jones diturunkan di pertandingan uji tanding atau bersama tim U-23 agar kembali mendapatkan suasana bertanding yang kompetitif. Ia main di laga persahabatan melawan Burnley dan Stoke City. Ia juga main di laga U-23 menghadapi Arsenal dan Brighton.

Penampilan itu pada dasarnya adalah hadiah atas kerja kerasnya. Namun, ia menyebut kalau proses untuk sampai di titik itu, jauh dari kata mudah. Ia bahkan menyebut kalau momen itu merupakan titik terendah dalam hidupnya.

Satu hal yang membuatnya sebal adalah saat menonton sepakbola. Soalnya, ia tak bisa melakukan apa-apa, karena kakinya tak bisa digerakan seperti semestinya. Saat datang ke tempat latihan pun, pikirannya melayang kemana-mana karena satu-satunya solusi adalah dioperasi. Namun, dampaknya, ia harus beristirahat dalam waktu yang lama.

“Tapi untungnya, aku punya tim yang baik disekitarku, keluarga, teman-teman, dan aku telah melaluinya,” ucap Jones.

Jones juga berterima kasih pada semua orang di sekelilingnya yang mendukungnya, termasuk Solskjaer yang memujinya di konferensi pers.

“Sungguh senang mendengarnya. Aku bicara padanya setelahnya dan mengucapkan terima kasih atas kata-kata yang ia lontarkan karena itu berarti besar, sungguh berarti,” ucap Jones.

“Tak ada yang lebih berarti sebagai seorang pesepakbola, selain seseorang, manajer, staf, pelatih, pemain, mendukungmu. Untuk merasa begitu didukung olehnya adalah perasaan yang menyenangkan. Pada saat itu, aku membutuhkannya dan sungguh menyenangkan.”

Debut Usai Cedera untuk Tim Utama

Cedera yang dialami Jones untungnya didukung oleh Solskjaer. Soalnya, sang pelatih tahu betul betapa bahayanya cedera lutut yang bisa menghancurkan karier pesepakbola. Solskjaer mendukung Jones secara konsisten untuk bertarung demi tampil buat tim yang ia cintai, sekali lagi.

Dalam wawancara jelang Carabao Cup malam ini menghadapi West Ham, Ole bicara soal Jones. Yang paling utama adalah ia mengonfirmasi kalau bek berusia 20 tahun tersebut dibawa ke skuad United.

“Aku sungguh bahagia buat Phil. Dia telah menyelesaikan dua kali 90 menit buat tim U-23, main beberapa menit di pertandingan tertutup dan tak ada reaksi pada lututnya. Dia telah bekerja dengan sangat keras,” kata Solskjaer.

Selain secara fisik, Solskjaer juga memerhatikan kondisi mental Jones. Cedera lutut akan membuatnya berpikir negatif: apakah ia bisa bermain sepakbola lagi, atau bahkan apakah ia masih sanggup untuk bermain dengan anak-anaknya di taman.

“Dia sangat rajin dan sangat profesional; tanpa embel-embel, tidak ada media sosial. Aku suka pemain seperti itu. Dia hanya fokus pada satu hal dan mengatasi tantangan dan dia kembali. Dia akan berada di skuat. Ini hari yang baik untuknya dan bagi kami, dan itu adalah sesuatu yang dia dapatkan,” tutup Solskjaer.

Sumber: Manutd.com

Comments

Loading...