OUR NETWORK

West Ham United vs Man United: Tiga Poin Pengikis Krisis

Tidak ada kata istirahat dalam kamus Manchester United. Tiga hari setelah melawan Astana, United langsung dihadapkan dengan West Ham United pada lanjutan Premier League pekan keenam, Minggu (22/09). Pertandingan ini menjadi tugas berat bagi anak asuh Solskjaer yang harus terus mendulang poin jika ingin membuka kesempatan bersaing di papan atas.

The Hammers menjadi satu dari empat laga berat yang akan dihadapi United di Premier League. Setelah kunjungan ke Olympic Stadium, mereka akan dihadapkan dengan Arsenal, Newcastle United, dan Liverpool. United harus menghadapi empat laga ini dengan penuh percaya diri dan salah satunya adalah dengan menang pada malam ini.

Namun mencari tiga poin di markas skuad asuhan Manuel Pellegrini jelas bukan pekerjaan mudah. Hal ini dikarenakan United datang dengan situasi yang kurang ideal alias mendapat krisis dari beberapa sisi. Krisis ini yang ditakutkan bisa mempengaruhi penampilan mereka di stadion yang menjadi markas baru mereka sejak musim 2016/17 tersebut.

Ole Gunnar Solskjaer memastikan kalau tiga penggawanya masih absen karena cedera yaitu Paul Pogba, Luke Shaw, dan Anthony Martial. Kabar ini sudah pasti menjadi kabar buruk bagi United mengingat Pogba dan Shaw sebelumnya sudah bisa kembali pada laga hari ini. Top skor mereka, Daniel James, juga masih diragukan. “Saya tidak tahu apa dia bisa fit atau tidak. Selama beberapa hari terakhir, James tidak ikut latihan. Semoga saja dia bisa pulih meski kami tidak yakin,” tuturnya setelah kemenangan melawan Astana.

Meski begitu, kehilangan empat pemain ini tidak menjadi masalah bagi Solskjaer karena mereka memiliki pelapis yang cukup baik. Kebetulan, beberapa pemain seperti Fred dan Ashley Young bisa mengisi posisi yang ditinggalkan Pogba dan Shaw. Namun hilangnya Martial dan James membuat Solskjaer harus putar otak mengingat tidak banyak pemain yang bisa mengisi kekosongan yang ditinggalkan.

Penampilan United juga masih menjadi sorotan terutama di lini depan. Setelah kemenangan telak 4-0 melawan Chelsea, mereka hanya mencetak satu gol dalam lima pertandingan selanjutnya. Banyak yang menganggap kalau catatan ini tidak menunjukkan Setan Merah sebagai tim dengan naluri pembunuh yang tajam meski posisi mereka jauh lebih baik dibanding tuan rumah.

Anggapan ini tidak salah karena sejauh ini United dikenal sebagai tim yang boros peluang. Dari empat laga terakhir yang dimainkan, United hanya mencetak empat gol meski membuat 23 tembakan tepat sasaran. Akurasi mereka hanya 17% di depan gawang lawan. Bahkan 23 tembakan sasaran ini datang setelah mereka melepas 73 sepakan.

Satu masalah lain adalah penampilan United yang tidak menjanjikan setiap menghadapi West Ham di kandang. Dari 21 pertemuan terakhir kedua kesebelasan di Premier League, United sebenarnya memenangi 14 laga dan lima kali meraih hasil imbang. Selain itu, West Ham juga menjadi tim yang paling dibobol oleh United sepanjang sejarah Premier League yaitu 94 kali.

Namun sejak 2014, United tidak pernah lagi bisa menang di kandang West Ham. Hanya satu kali mereka bisa meraih kemenangan yaitu pada musim 2016/17. Sisanya, mereka menderita dua hasil imbang dan dua kali kekalahan. Satu dari dua kekalahan tersebut terjadi pada musim lalu saat United takluk 3-1.

Lagipula, penampilan tandang Setan Merah juga sangat mengecewakan. Terakhir kali mereka meraih kemenangan di kandang lawan terjadi pada 7 Maret 2019 saat penalti Marcus Rashford dengan dramatis menyingkirkan Paris Saint Germain. Namun untuk kemenangan away di Premier league, 28 Februari menjadi tanggal terakhir United meraih kemenangan setelah mengalahkan Crystal Palace.

United jelas harus berhati-hati pada laga kali ini. Penampilan West Ham langsung membaik setelah dibantai 0-5 City pada pekan pertama dengan meraih dua kemenangan dan dua hasil imbang. Kualitas lini belakang United diharapkan bisa menghentikan laju gol Sebastian Haller yang menjadi tumpuan mereka mencetak gol setelah melepas Javier Hernandez dan Marko Arnautovic.

Perkiraan Pemain

West Ham United:

Lukasz Fabianski, Ryan Fredericks, Issa Diop, Angelo Ogbonna, Pablo Zabaleta, Declan Rice, Mark Noble, Robert Snodgrass, Andiy Yarmolenko, Felipe Anderson, Sebastien Haller

Manchester United:

David de Gea, Aaron Wan-Bissaka, Victor Lindelof, Harry Maguire, Ashley Young, Scott McTominay, Fred, Juan Mata, Jesse Lingard, Andreas Pereira, Marcus Rashford

Comments

Loading...