OUR NETWORK

Yang Harus Diketahui dari Derby Manchester Musim Ini

Pertandingan terakhir Manchester United sebelum jeda internasional November adalah pertandingan krusial. Karena lawan yang mereka hadapi adalah Manchester City, yang merupakan rival sekota sekaligus juara bertahan Premier League.

Pertandingan yang digelar pada Sabtu (5/11) malam esok, akan menjadi Derby Manchester pertama yang digelar di depan penonton sejak Maret 2020. Kala itu, gol dari Anthony Martial dan Scott McTominay mengunci kemenangan United sebelum pandemi Covid-19 menyerang.

Setiap pertandingan di antara kedua kesebelasan biasanya berjalan ketat dan ada banyak hal yang dipertaruhkan. Di musim ini, United berusaha untuk menekan City yang cuma berjarak tiga poin di atas United.

Kondisi United dan City

Paul Pogba jelas tak akan bermain, karena suspensi akibat kartu merah saat United kalah dari Liverpool. Laga ini menjadi laga kedua larangan bertanding bagi Pogba dari total tiga pertandingan domestik.

Raphael Varane juga tak akan dimainkan karena cedera hamstring dengan masa penyembuhan selama sebulan lamanya. Sementara Victor Lindelof diragukan karena ia cedera saat latihan, bahkan tak dibawa ke Bergamo kala United menghadapi Atalanta tengah pekan lalu.

Sejumlah pemain City juga tak bisa tampil. Aymeric Laporte mendapat larangan bertanding satu pertandingan karena profesional foul kepada Wilfried Zaha pekan lalu. John Stones, yang mencetak gol bunuh diri kala City mengalahkan Club Brugge 4-1 di Liga Champions tengah pekan lalu, kemungkinan akan mengganti Laporte. Ia akan berduet dengan Ruben Dias di pos bek tengah.

Pemain muda City, Ferran Torres, juga kemungkinan tak bisa main bahkan hingga akhir tahun ini. Ia mengalami cedera metatarsal saat membela timnas Spanyol bulan lalu.

Penampilan di Liga

United akhirnya kembali meraih kemenangan di Premier League usai mengalahkan Tottenham Hotspur 3-0 pekan lalu. Gol dari Cristiano Ronaldo, Edinson Cavani, dan Marcus Rashford, sekaligus menyelamatkan karier kepelatihan Solskjaer.

Sebelumnya, dalam empat pertandingan terakhir, United tak pernah menang dengan hanya meraih satu poin. Kemenangan atas City juga akan menjadi kemenangan pertama United di Old Trafford di Premier League.

United saat ini ada di peringkat kelima dengan 17 poin, sementara City di peringkat ketiga dengan 20 poin. City sendiri meraih dua kekalahan saat menghadapi Spurs di pekan pertama, dan kalah 0-2 dari Crystal Palace pekan lalu. Akan tetapi, mental mereka kembali terangkat karena tengah pekan lalu menang besar 4-1 atas Club Brugge.

Pertemuan Terakhir

United tak pernah kalah dari City di Premier League sejak 2019. Musim lalu, United menahan imbang City tanpa gol di Old Trafford. Pada paruh musim kedua, United menang 2-0 di Etihad.

Dari enam pertandingan terakhir di semua kompetisi, MU menang tiga kali, sementara City dua kali. Uniknya, City cuma bisa mencetak dua gol dari enam pertandingan terakhir melawan MU, sementara United berhasil mencetak lima gol.

Statistik Kunci

Solskjaer telah memenangi empat dari delapan pertemuannya dengan Guardiola di semua kompetisi. Ini merupakan rataan kemenangan tertinggi dibandingkan manajer manapun yang menghadapi Pep setidaknya lima kali.

Ronaldo telah mencetak tiga gol di lima Derby Manchester di Premier League. Gol terakhirnya dicetak pada Mei 2009.

Kalau diturunkan, Shaw akan memainkan pertandingannya yang ke-200 buat United sejak bergabung dari Southampton pada 2014.

Ofisial Pertandingan

Wasit: Michael Oliver, Asisten Wasit: Stuart Burt, Simon Bennett, Ofisial Keempat: Robert Jones, VAR: Darren England, Asisten VAR: Dan Robarthan.

Sumber: Manutd.com

Comments

Loading...